space
ASUS ROG STRIX B550-A GAMING
PC
Jumat, 02 Oct 2020

Tampilan BIOS & Utility yang Gamer Banget


Salah satu yang menjadi ciri khas dari motherboard ROG dari ASUS yaitu tampilan BIOS-nya yang terlihat “gaming” banget dengan khas merah hitam miliknya. Pada pengaturan utama motherboard ASUS terdapat beberapa bagian penting seperti Main, Ai Tweaker, Advanced, Monitor, Boot, Tool, dan Exit.

Pada bagian AI Tweaker ini memiliki berbagai opsi untuk meningkatkan berbagai performa untuk komponen yang kamu miliki seperti prosesor dengan mengatur berbagai voltage hingga kecepatan clock. Begitu pula dengan RAM, untuk mengaktifkan fitur XMP bisa melalui bagian ini.

Kecepatan overclock tersebut tentunya bakal disesuaikan dengan komponen yang digunakan. Komponen pendukung seperti CPU cooler sangat menentukan hasil prediksi. Selain berguna bagi pengguna yang awam soal overclocking, fitur ini juga menghemat waktu untuk mendapatkan performa overclock yang stabil daripada mengetes berbagai simulasi.

Baca ini juga :
» Review ROG Strix SCAR 17 2023 G733
» Review ROG Strix Scar 16 G634JZ
» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» Review Steam Deck OLED
» ASUS ROG G22CH G22CH-7K3114700WSO
» Review ASUS ROG Zephyrus G14 2023 GA402XV
» ASUS SmartO Mouse MD200
» REVIEW ROG FLOW Z13-ACRNM RMT02
Pada bagian Advanced terdapat berbagai opsi untuk pengaturan komponen yang digunakan pada motherboard. Seperti konfigurasi fitur pada CPU, atau mungkin konfigurasi Slot PCIe M.2 yang digunakan.

Pada bagian Monitor terdapat informasi yang berkaitan dengan suhu. Tidak hanya suhu saja, kecepatan pengaturan kipas juga bisa kamu lihat melalui bagian ini.

Pada bagian Boot kebanyakan orang pastinya sudah tidak asing. Hal utama yang ada di bagian ini adalah mengatur opsi bootable mana yang ingin digunakan.

Tidak hanya itu. Terdapat opsi lain seperti EZ Flash 3 yang digunakan untuk update BIOS menggunakan USB, atau ASUS User Profile, dimana ketika sudah melakukan berbagai “tweak” disini bisa menyimpannya dan menggunakan berbagai profile sesuai penggunaan tanpa perlu mengaturnya lagi.

Namun, jika memang kamu hanya pengguna yang tidak begitu mengerti mengenai bagian rumit di BIOS pada motherboard ini, ASUS juga menyediakan tampilan EZ Mode.

Secara garis besar, EZ Mode hanya menampilkan beberapa kesimpulan opsi dan dan komponen yang digunakan. Misalnya, hanya terdapat pengaturan untuk Boot Priority dan penggunaan XMP, serta beberapa opsi lainnya seperti Intel Rapid Storage Technology serta pengaturan kecepatan kipas. Melalui EZ Mode juga masih bisa langsung mengakses menu EZ Tuning Wizard.

Salah satu kelebihan lagi pada motherboard ini adalah fitur utility yang dimilikinya, yaitu AI Suite 3. Melalui utility tersebut, para pengguna bisa mengatur berbagai hal yang cukup krusial langsung melalui sistem operasi seperti pengaturan dan pemantauan hasil overclocking, pengaturan kecepatan kipas, hingga PC Cleaner dan juga update BIOS motherboard.
BACA JUGA BERITA INI
close