space
SAMBUT MAR10 DAY, INILAH FAKTA UNIK DARI GAME SUPER MARIO BROS KLASIK!
-
Rabu, 10 Mar 2021



Setiap 10 Maret, sudah menjadi tradisi bagi setiap fans Mario. Hal ini karena tanggal tersebut diperingati sebagai Mario Day, yang biasanya ditulis sebagai Mar10 Day. Selebrasi franchise Mario ini bukan resmi dari Nintendo, melainkan ditetapkan oleh fans dari game itu sendiri. Melihat banyaknya penggemar yang merayakannya, pada 2016 Nintendo pun ikut mematenkan setiap tanggal 10 Maret sebagai harinya Mario.

Baca ini juga :
» Pas Dengar Langsung Tau! 7 Theme Song Game Paling Ikonik Sepanjang Masa!
» Agar Tidak Salah Pilih! Inilah Tips Cermat Membeli Konsol Game di 2020!
» Biar Nggak Salah! Ini Tips Penting Bagi Kamu yang Baru Main Animal Crossing: New Horizons
» Dari Tukang Ledeng sampai Jadi Legenda, Inilah Evolusi Game Utama Super Mario!
» Mending Nggak Usah Dibuat! Ini 5 Karakter Paling Nggak Guna yang Pernah Ada Dalam Game
» Doraemon
» Rekap E3 2019, Inilah Kumpulan Game Terbaik yang Wajib Kamu Nantikan
» New Super Mario Bros. U Deluxe
Guna merayakan Mar10 Day, gamers dapat mengenang kembali salah satu game klasik utama Mario, yaitu Super Mario Bros. Buat yang telah memainkannya, cari tahu fakta-fakta Super Mario Bros yang patut kalian tahu di bawah ini.

Dikembangkan pada 1985 oleh Shigeru Miyamoto



Sumber: Yahoo News Malaysia


Super Mario Bros awalnya diciptakan oleh Shigeru Miyamoto, yang terkenal menggarap beberapa karakter dari game-game Nintendo. Dirinya mulai bekerja di perusahaan game raksasa asal Jepang tersebut pada 1977. Kemudian, pada 1985 Miyamoto sukses mengembangkan dua game, yaitu Super Mario Bros dan The Legend of Zelda untuk platform NES atau Famicom.

Terinspirasi dari Game Kung-Fu dan Aksi Jackie Chan



Sumber: Warped Factor


Kreator Mario, Shigeru Miyamoto sempat menyebutkan beberapa kali bahwa game Kung-Fu menjadi sumber inspirasi untuk game Super Mario Bros. Pihak Nintendo sendiri turun tangan dalam mengembangkan versi port NES dari game tersebut. Menampilkan scrolling yang lebih mulus dan background warna-warni, membuat Miyamoto tertarik untuk menciptakan game scrolling action dengan grafis berwarna layaknya Kung-Fu.

Sementara hubungannya dengan Jackie Chan adalah ketika game Kung-Fu versi Jepang kenyataannya memegang lisensi dari film yang dibintangi Jackie Chan, yaitu Spartan X atau dikenal di Amerika dengan judul Wheels on Meals. Tidak disangka bahwa gerakan Mario yang gesit dan lincah rupanya terinspirasi dari aksi bintang laga legendaris di film tersebut.

Mario Awalnya Bisa Menggunakan Beam Gun dan Mengendarai Roket



Sumber: Pure Nintendo


Sebelum tukang ledeng berkumis ini menghancurkan para musuhnya dengan lompatan dan aksi melemparkan bola-bola apinya yang luar biasa, konsep awal Super Mario Bros rupanya lebih dari sekadar aksi lompatan. Nintendo sempat merencanakan bahwa Mario akan tampil layaknya Megaman atau Contra, di mana ia memiliki beam gun dan senapan seperti rifle dalam menyerang para musuhnya. Tidak hanya itu, Mario awalnya juga dirancang bisa menaiki roket maupun awan.

Terjual Hingga 40 Juta Kopi



Sumber: Vgchartz


Sebagai game retro legendaris sepanjang masa, Super Mario Bros sukses terjual hingga 40,24 juta kopi. Penjualan ini sudah mencakup cartridge NES versi Amerika maupun Eropa. Dengan begitu, Super Mario Bros dinobatkan sebagai game terpopuler dengan penjualan terbesar selama lebih dari 20 tahun. Namun, setelah itu dikalahkan dengan Wii Sports, yang sukses terjual hingga 41,65 juta unit.

BACA JUGA BERITA INI
close