space
REVIEW ASUS VIVOBOOK PRO 14X OLED
xboxone
Selasa, 28 Dec 2021

DESAIN







Garis desain VivoBook kini makin unik, meskipun masih dalam nuansa elegan dan simpel. Aksen-aksen desain yang mirip dengan salah satu produk hypebeast, makin menjadikan laptop ini semakin tampil cantik dan stylish. Warna Cool Silver yang kami review ini juga terlihat manis, dan untuk kamu yang suka dengan warna gelap masih ada satu varian warna lagi yaitu Comet Grey.




Logo VivoBook kini juga kini memiliki frame yang rada menonjol, dan disertai dengan beberapa tulisan dan hashtag, mungkin ini adalah sesuatu yang mungkin tidak semua orang suka, tapi menurut KotakGame ini adalah hal yang cukup unik dan mempermanis bagian belakang laptop ini.

Material yang digunakan adalah metal, dengan plastik yang diiklankan sebagai plastik daur ulang, karena produk ini adalah bagian dari campaign Go Green-nya Asus, hingga kardus packagingnya juga adalah hasil daur ulang.




Laptop ini punya berat yang terbilang normal untuk laptop di kelas produktifitas, yaitu 1,45 kg, dengan ketebalan 1,79 cm. Dengan bodynya yang sangat tipis, portabilitas pada laptop ini juga semakin tinggi.





Pada bagian keyboard, desain keycapsnya terlihat sangat fresh dengan dual-tone dengan tambahan aksen orange pada tombol escape, dan tombol Power Button yang memiliki material berbeda berfungsi juga sebagai fingerprint sensor.

Baca ini juga :
» Review ROG Strix SCAR 17 2023 G733
» Review ROG Strix Scar 16 G634JZ
» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» ASUS ROG G22CH G22CH-7K3114700WSO
» Review ASUS ROG Zephyrus G14 2023 GA402XV
» ASUS SmartO Mouse MD200
» OMEN by HP 16 WF0031TX
» REVIEW ROG FLOW Z13-ACRNM RMT02





Keyboardnya cukup clicky dan nyaman dipakai mengetik, ukuran tutsnya sudah cukup besar kecuali pada bagian arrow keys yang lumayan kecil.




Backlight-nya memiliki tiga tingkat kecerahan, dan hanya memiliki satu warna yaitu putih.




Sedikit drawback pada backlight-nya yang tidak meng-cover semua bagian transparan teriluminasi, contohnya pada enter key yang terasa kurang sedap dipandang. Meskipun ini adalah hal yang minor, tapi detil ini tampaknya luput oleh perhatian Asus.





Ukuran touchpad laptop ini diperbesar dari model sebelumnya, dan ini beneran besar banget. Untuk akurasinya sudah cukup untuk penggunaan sehari-hari, lebih dari cukup untuk menggantikan fungsi mouse.





Asus memang selalu memodifikasi touchpad-nya di beberapa laptop mereka dalam beberapa tahun terakhir, dan yang spesial kali ini ada pada area kiri touchpadnya yang terdapat fitur Dial Pad, yang dapat diaktifkan dan nonaktifkan dengan cara slide pada sisi kanan atas touchpad.

Ketika aktif akan ada backlight berbentuk lingkaran yang menyala untuk area Dial Padnya, kita akan bahas pengalaman menggunakan Dial Pad ini nanti di bagian performa.

PORTS


Nah, selanjutnya kita akan bahas tentang port-nya.





Di sisi kiri hanya ada 2x USB 2.0.





Sedangkan di sebelah kanan ada port 3.5mm Audio Jack, Micro SD card reader, 1x USB 3.2 Gen 1, 1x USB Type C Support Thunderbolt 4 supports display / power delivery, 1x Dc-in dan 1x HDMI 1.4.

asih jadi misteri mengapa di laptop ini masih disertakan 2 buah USB 2.0 mengingat rendahnya transfer rate pada serial bus ini, mungkin disertakan oleh Asus sebagai port untuk mouse eksternal maupun aksesoris dongle yang tidak membutuhkan transfer rate tinggi.

BACA JUGA BERITA INI
close