space
REVIEW ASUS ROG PHONE 6
and
Selasa, 11 Oct 2022

SPESIFIKASI




Smartphone ini menggunakan chipset terkencang dari Qualcomm untuk saat ini, yaitu Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1, yang memang masih belum ada lawannya, apalagi untuk urusan gaming. Paling kesulitannya adalah menjaga suhu dari chipset kencang ini, dimana ini memang masih menjadi masalah bagi banyak produsen smartphone, khususnya di pasar flagship.




ROG Phone 6 ini menawarkan sistem pendingin internal yang cukup kompleks, yang dinamakan GameCool 6, yang dioptimisasi untuk mendinginkan CPU dari berbagai arah yang diapit dengan teknologi vapour chamber.

Baca ini juga :
» Review ROG Strix SCAR 17 2023 G733
» Review ROG Strix Scar 16 G634JZ
» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» ASUS ROG G22CH G22CH-7K3114700WSO
» Review ASUS ROG Zephyrus G14 2023 GA402XV
» ASUS SmartO Mouse MD200
» REVIEW ROG FLOW Z13-ACRNM RMT02
» ASUS ROG Phone 7





Menurut kami, ROG Phone 6 sudah cukup baik untuk meredam panasnya, meski jika memakai hardcasenya, akan semakin nyaman akibat tangan tidak langsung menyentuh frame yang terbuat dari metal.





Layarnya menggunakan panel AMOLED dari Samsung 6,78 inci dengan Refresh rate hingga 165Hz lengkap bersama touch sampling rate hingga 720Hz. Jadi sudah minim latensi, untuk bermain game-game dengan tempo cepat yang memerlukan sentuhan tanpa delay, panelnya sudah sangat ngebut. Untuk ukuran smartphone gaming, panel layarnya sudah top notch, mulai dari kualitas warna, respons, hingga refresh rate semuanya sudah maksimal.





Smartphone gaming biasanya boros baterai, ini adalah pemikiran yang wajar, mengingat panel layar dan chipset ngebut tentu memakan daya yang boros. Baterainya memiliki total kapasitas 6000 mAh yang terpecah menjadi dua modul baterai. Ini bukanlah desain yang baru, tapi tetap efektif dalam mengurangi panas yang berlebih di area baterai dan chipset.





Pengisian dayanya sudah mendukung teknologi 65 Watt Power Delivery HyperCharge, yang menjadikan chargernya ini juga bisa digunakan ke gadget lain yang mendukung teknologi Power Delivery juga. Chargernya dapat mengisi daya dari 0% hingga 100% hanya dalam waktu 42 menit. Fitur-fitur pengisian dayanya juga sudah cukup lengkap mulai dari steady charging hingga bypass charging yang akan menghentikan charging ketika dipakai gaming juga sudah tersedia.

Untuk screen on timenya tanpa memainkan game bisa tembus hingga 17 jam-an, jadi ketahanan baterainya bisa dibilang cukup gila ya, ini bisa dua hari lebih untuk penggunaan kasual.

FITUR






ROG selalu sepaket dengan Armoury Crate, dan pada aplikasi palugada ini kita bisa melihat berbagai status smartphone, mengatur performa yang hadir dalam 3 mode performance, mulai dari X Mode, yaitu mode best performance untuk gaming, Dynamic Mode yaitu fitur tengah antara performa dan daya tahan baterai, yang terakhir ada Ultra Durable, yang sesuai dengan namanya ini adalah mode hemat baterai yang akan menurunkan performa.









Ada juga Game Genie, semacam Control Panel Tray untuk mengakses banyak fitur Gaming tambahan, seperti crosshair untuk mempermudah aim yang lebih akurat, sampai yang paling menarik adalah Scout Mode, yang bikin warna game berubah jadi lebih mudah untuk melihat musuh yang tersembunyi, fitur yang berguna banget di game-game FPS.





Pada Game Genie juga kita bisa mengakses fitur AirTrigger-nya yang kini sudah mencapai di generasi ke-6 dengan peningkatan yang semakin canggih, dengan sensor ultrasonic yang semakin responsif. Support gesturenya pun semakin lengkap dan banyak banget, yang bisa kamu pelajari di websitenya ROG.





Audionya cukup menarik karena ini dual front speaker yang bersifat symmetrical, alias kanan dan kirinya seimbang, jadi mantep banget dipake untuk nonton Netflix, suaranya seimbang, kaya di bioskop. Untuk tuningnya diserahkan kepada Dirac, yang memang mesti diakui, suaranya enak banget, ini salah satu speaker smartphone terbaik yang pernah kami cobain.





Konektivitasnya sudah lengkap mulai dari WiFi 6e, Bluetooth 5.2, dan NFC. Untuk SIM traynya sudah dual Nano SIM tanpa adanya slot untuk micro SD, mengingat storagenya sudah 256GB harusnya sih sudah cukup.

BACA JUGA BERITA INI
close