space
REVIEW ASUS TUF GAMING A15
PC
Kamis, 13 Jun 2024

Performance Benchmark

Laptop yang kami review ini dibekali dengan prosesor AMD Ryzen™ 5 7535HS 3.3GHz 6 cores, 12 Threads, pastinya ini prosesor kelas mid-range yang cocok banget buat dipakai main game.

Terus buat urusan grafisnya pakai NVIDIA® GeForce RTX™ 2050 Laptop GPU 4GB GDDR6 dengan TGP yang lebih tinggi dari pada laptop gaming pada umumnya yaitu 70W. TGP yang tinggi ini bikin laptop jadi bisa maksimalin penggunaan GPU apalagi buat multitasking. Misalnya main game sambil streaming. Terus juga laptop ini punya fitur MUX Switch, yaitu fitur yang ngarahin daya langsung ke GPU diskrit tanpa melewati integrated GPU lagi. Hal ini bisa meningkatkan performa rata-rata 5-10%.

RAM-nya 16GB DDR5-5600 single channel dan disediain satu slot lagi kalau mau upgrade RAM sampai dengan 32GB.

Storage-nya pake 512GB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 SSD yang udah jadi standar ya kalau mau main game loading cepet.


Kita langsung aja tes kecepatan storage-nya pake CrystalDiskMark, dan ini hasilnya.

Kecepatan read-nya mencapai 5GBps dan kecepatan write di 3.4GBps, buat mindahin file atau loading game udah sat-set ini.


Kita lanjut ke sesi benchmark, ada dua mode power yang bakal kita pake, ada Windows Mode dan Turbo Mode, ini bisa kamu atur di Armoury Crate.

Seperti biasa untuk benchmark sintetis kita bakal pake 3DMark, Cinebench R24, PCMark 10, dan Geekbench 6 , berikut adalah hasilnya.

Skor benchmark sintetisnya lumayan ya di kelasnya. Tapi apakah laptop gaming ini bisa dipakai buat kegiatan produktif? Kita langsung aja test render video 4K di adobe Premiere Pro dan render 3D di Blender, berikut adalah hasilnya.

Render video 4K berdurasi 5 menit di Turbo Mode dengan Software Only butuh waktu 8 menit 6 detik, tapi kalau pake CUDA cuma butuh waktu 3 menit 34 detik.


Lanjut render BMW di Blender pake CPU butuh waktu 4 menit 9 detik dan pake GPU 1 menit 5 detik aja.

Dari hasil ini kita bisa liat kalau laptop gaming ini tetap bisa diandelin buat kebutuhan produktivitas kamu.


Nah sekarang kita test performa gamingnya. Untuk game AAA kita bakal pake Shadow of the Tomb Raider dan Cyberpunk 2077 dengan setting 1080p Medium dan DLSS performance, berikut adalah hasilnya:

SOTR kita bisa dapat rata-rata 93 FPS dan Cyberpunk 2077 di rata-rata 69 FPS.


Lanjut ke benchmark game eSports, kita pake Dota 2, CS2 dan Valorant dengan setting kompetitif di resolusi 1200p, berikut adalah hasilnya.

Dota 2 dengan setting competitive bisa mendapat rata-rata 101 FPS di Turbo Mode.

CS2 setting kompetitif rata-rata di 147 FPS di Turbo Mode.

Terakhir ada Valorant dengan setting kompetitif di Turbo Mode mendapat rata-rata 150 FPS.

Dari hasil benchmark terbukti kalau laptop ini memang didesain buat memenuhi kebutuhan main game. Apalagi layarnya yang 144hz bikin kita makin unggul di game FPS.


Kita juga coba benchmark buat nge-test fitur Freedom to Unplug, yaitu performa laptop bakal tetap maksimal walau kita udah lepas chargernya. Berikut adalah hasilnya.

Dengan settingan yang sama, game SOTR bisa pertahanin rata-rata 69 FPS dan game Cyberpunk 2077 di 53 FPS. Hasil ini buktiin kalo laptop ini masih bisa pertahanin game AAA dengan FPS tinggi walau udah dicabut chargernya.


Temperatur

Temperatur laptop ini di windows mode pada saat idle berada di 44°C dan full load mencapai 83°C. Lalu di turbo mode saat idle suhunya di 48°C dan full load mencapai 86°C.



Baca ini juga :

» Review realme 13+ 5G
» Review ASUS TUF Gaming A16 FA608WV
» Review Lenovo Legion Go
» Review HP Spectre x360 14
» Review MSI Thin A15
» Review ASUS TUF Gaming F16 2024
» Review ASUS Zenfone 11 Ultra
» Peripheral Cooler Master SF6 Chun-Li Edition

BACA JUGA BERITA INI
close