space
REVIEW ASUS TUF GAMING A16 FA608WV
PC
3 Hari yang lalu

Spesifikasi

SKU laptop yang kita review ini pake prosesor pake AMD Ryzen™ AI 9 HX 370 Processor 2.0GHz (36MB Cache, up to 5.1GHz, 12 cores, 24 Threads), untuk kebutuhan AI ada NPU AMD XDNA™ NPU up to 50 TOPS. Ada juga integrated grafis AMD Radeon™ 890M.

Buat grafis utamanya pake GPU NVIDIA® GeForce RTX™ 4060 Laptop GPU (233 AI TOPs), 2420MHz* at 140W (2370MHz Boost Clock+50MHz OC, 115W+25W Dynamic Boost), 8GB GDDR6.

RAM 32GB LPDDR5X 7500Mhz on board dan penyimpanan 1TB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 SSD, masih ada 1x slot SSD NVMe™ kalau kamu mau nambah storage di laptop ini.

Yang bikin laptop jadi spesial adalah 170W total thermal capacity jadi laptop ini bakal punya performa yang oke banget buat kebutuhan daily kamu.

Terus buat Sistem Operasinya ini pake Windows 11 Home yang mantep banget buat gaming.

Benchmark

Buat benchmark sintetis kita pake CrystalDiskMark buat storage sisanya pake 3DMark, PCMark 10, Cinebench R23 dan Geekbench 6. Kita tes di mode power paling mentok yaitu turbo mode dan satu lagi di Windows Mode.

Kita lihat dulu speed SSD-nya. Hasil dari CrystalDiskMark ngasih lihat kalo SSD-nya ini punya kecepatan Sequential Read sampe 5041 MB/s dan Write-nya sampe 3634 MB/s. Ini udah kenceng dan bisa ngecover semuanya.

Buat detail hasil benchmark sintetisnya bisa kamu lihat di tabel berikut:

Bisa kebayang ya seberapa keceng laptop ini, skor Cinebench R23 Multi-core-nya tembus 24rb.Terus skor 3DMark Fire Strike-nya tembus 24rb juga.

Gaming Experience

Karen laptop ini dateng dengan gratis PC Game Pass, jadi kita pake aja game-game yang ada di PC Game Pass plus game-game yang biasa kita pake buat benchmark. Buat settingannya kita pake settingan paling tinggi ditambah ray tracing dan DLSS on jika ada, terus buat resolusinya kita set di 1200p, ini hasilnya:

Cyberpunk 2077 setting Ray Traced Ultra, ray tracing on, DLSS on di Turbo Mode dapet average 52 FPS.

Shadow of the Tomb Raider setting Ultra, ray tracing dan DLSS on di Turbo Mode bisa nyampe average 145 FPS.

Black Myth: WuKong pake setting Highest, DLSS dan ray tracing on di Turbo Mode dapet average 92 FPS.

Forza Horizon 5 setting Highest, ray tracing dan DLSS on di Turbo Mode kita bisa dapet average 83 FPS.

Jelas banget ya laptop ini punya performa gaming yang mantep banget, terbukti dari game AAA tadi bisa jalan mulus di settingan yang tinggi bahkan rata-kanan.

Lanjut ke game eSports, ini kita pake approach yang agak sedikit beda dari game AAA. Buat settingannya kita pake set kompetitif atau bisa dibilang rata kiri, gamenya kita pake DoTA 2 dan Valorant, ini hasilnya:

DOTA 2 setting fastest bisa dapet max 193.5 FPS dan Valorant setting low bisa nyampe max 557.8 FPS. Pokoknya game eSports super lancar, layar 165Hz beneran kepake maksimal banget.

Produktivitas

Game udah jelas ngebut gimana sama produktivitas?

Buat ngetes seberapa powerfull laptop buat produktivitas, langsung aja kita coba render video 4K berdurasi 5 menit di Adobe Premiere Pro dan render 3D di Blender pake file BMW test, kita run di mode performance paling tinggi atau Turbo Mode, ini hasilnya:

Dari chart di atas kita bisa melihat dengan jelas bukti laptop ini punya performa kenceng buat produktivitas, render video 4K durasi 5 menit di Adobe Premiere Pro pake CUDA cuma butuh waktu 1 Menit 46 Detik aja, terus render 3D di Blender pake GPU cuma makan waktu 23 detik aja, sengebut itu.

Performa AI

Terus gimana AI nya?

Kita coba running AMUSE AI buat generate gambar lalu upscale si gambarnya ke resolusi yang lebih tinggi, nah proses upscale ini manfaatin AMD Ryzen AI yang ada di laptop ini. Masih banyak banget diluar sana software yang bisa memanfaatkan NPU yang ada di laptop ini, kalau kamu beli laptop ini kamu bisa langsung eksplore aja.

Temperatur

Saat pengujian game AAA suhu tertinggi cuma sampai 77°C terus buat suhu idle-nya ada di angka 45°C, sistem pendinginnya beneran berfungsi dengan baik.



Baca ini juga :

» Review realme 13+ 5G
» Review Lenovo Legion Go
» Review HP Spectre x360 14
» Review MSI Thin A15
» Review ASUS TUF Gaming F16 2024
» Review ASUS Zenfone 11 Ultra
» Review ASUS TUF Gaming A15
» Peripheral Cooler Master SF6 Chun-Li Edition

BACA JUGA BERITA INI
close