REVIEW FINAL FANTASY VII REBIRTH - MASTERPIECE JRPG KEMBALI, NOSTALGIA PERTEMANAN CLOUD & SEPHIROTH
PS5
Kamis, 22 Feb 2024
prev
1 dari 4
next
Final Fantasy VII Rebirth bisa dibilang menjadi salah satu game JRPG yang ditunggu kehadirannya sejak beberapa tahun terakhir dan telah dikonfirmasi perilisannya pada 29 Februari mendatang. KotakGame berkesempatan untuk cobain duluan Final Fantasy VII Rebirth dan melakukan review nih. Dari seluruh chapter yang disediakan, kami hanya diperbolehkan untuk cover Chapter 1 - 7 dan awal dari Chapter 9. Untuk para penikmat story, tenang saja, kami akan membuat review ini dengan spoiler seminimal mungkin. Penasaran sama reviewnya? Yuk kita gas!
Dunia Masif yang Indah dan Penuh Aktivitas
Final Fantasy VII Rebirth kembali menghadirkan fitur open world dimana kita bisa bebas menjelajahi dunia yang cukup luas dengan berbagai aktivitas di dalamnya seperti random encounter monster, melakukan side quest, hingga beragam mini-game yang berasal dari World Intel milik Chadley.
Tidak perlu khawatir tentang lamanya waktu yang akan kamu habiskan dalam melakukan eksplorasi, Final Fantasy VII Rebirth memiliki opsi untuk mengendarai chocobo ataupun melakukan fast travel. Fitur fast travel FFVII Rebirth juga sangat membantu karena setiap point of interest yang kita temukan dapat menjadi poin fast travel sehingga semakin banyak aktivitas yang kita kerjakan, akan semakin banyak tempat fast travel yang terbuka untuk kita.
[BACAJUGA] Disini kita akan menjelajah beberapa region dimana setiap region akan berisi 2-4 chapter dari main story dan saat baru awal menjejakkan kaki di region baru, kita tidak bisa pindah ke region sebelumnya sampai menyelesaikan seluruh chapter di region tersebut. Setiap region juga memiliki Chocobo yang berbeda dengan skill unik mereka sendiri. Meskipun terdengar merepotkan bagaimana kita harus mencari chocobo baru di setiap region terutama untuk player yang tidak ingin terlalu bereksplorasi, namun, menurut kami ini adalah salah satu cara untuk sedikit merasakan indahnya dunia FFVII Rebirth.
Dunia Masif yang Indah dan Penuh Aktivitas
Final Fantasy VII Rebirth kembali menghadirkan fitur open world dimana kita bisa bebas menjelajahi dunia yang cukup luas dengan berbagai aktivitas di dalamnya seperti random encounter monster, melakukan side quest, hingga beragam mini-game yang berasal dari World Intel milik Chadley.
Tidak perlu khawatir tentang lamanya waktu yang akan kamu habiskan dalam melakukan eksplorasi, Final Fantasy VII Rebirth memiliki opsi untuk mengendarai chocobo ataupun melakukan fast travel. Fitur fast travel FFVII Rebirth juga sangat membantu karena setiap point of interest yang kita temukan dapat menjadi poin fast travel sehingga semakin banyak aktivitas yang kita kerjakan, akan semakin banyak tempat fast travel yang terbuka untuk kita.
[BACAJUGA] Disini kita akan menjelajah beberapa region dimana setiap region akan berisi 2-4 chapter dari main story dan saat baru awal menjejakkan kaki di region baru, kita tidak bisa pindah ke region sebelumnya sampai menyelesaikan seluruh chapter di region tersebut. Setiap region juga memiliki Chocobo yang berbeda dengan skill unik mereka sendiri. Meskipun terdengar merepotkan bagaimana kita harus mencari chocobo baru di setiap region terutama untuk player yang tidak ingin terlalu bereksplorasi, namun, menurut kami ini adalah salah satu cara untuk sedikit merasakan indahnya dunia FFVII Rebirth.
Battle Lebih Smooth, Animasi dan Synergy Ability yang Keren
FFVII Rebirth masih mengusung sistem battle yang serupa dengan FFVII Remake dimana ada penggabungan antara real time battle dengan command-base battle hal ini membuat strategi pertarungan menjadi lebih beragam dan seru karena pemain perlu memikirkan kapan harus menggunakan ability, spell, atau item.
Tentunya tidak mungkin sekelas Square Enix bikin sequel tapi gak ada perubahan di sistem combatnya. FFVII Rebirth membawa sebuah fitur baru dimana dua karakter bisa melakukan serangan bersama bernama Synergy Skill dan Synergy Ability. Synergy Skill merupakan serangan yang bisa dilakukan kapan saja dengan menekan tombol R1 + tombol yang diperlihatkan di layar. Synergy Skill tidak memerlukan ATB gauge tapi kedua karakter harus berada di dalam party.
Berbeda dengan Synergy Skill, Synergy Ability hanya bisa diaktifkan ketika kedua karakter memiliki Synergy Gauge yang dibutuhkan. Synergy Ability biasanya memiliki damage yang lebih besar serta area serangan yang lebih luas.
Selain itu, kami juga secara tidak sengaja menemukan satu mekanisme yang bisa membantu pertarungan saat genting. Mekanisme ini bernama Backline Command dimana kita akan meminta bantuan dari dua karakter di luar party kita untuk mereka melakukan Synergy Ability. Mekanisme ini sangat berguna karena kita bisa menggunakan bar ATB dari karakter yang tersisa untuk melakukan hal lain seperti melakukan revive pada karakter yang telah kalah.
[BACAJUGA] Game Baru, Playable Character Baru
Selain kembalinya Cloud, Tifa, Barret, dan Aerith dari game sebelumnya, Rebirth kedatangan beberapa playable character baru yaitu Red XIII yang sebelumnya menjadi guest di Remake, Yuffie yang hanya muncul di Episode INTERmission FFVII Remake, Cait Sith, dan seseorang yang tadinya tidak disangka akan menjadi playable character, Sephiroth.
Meskipun hanya menjadi playable character sementara di Chapter 1, Sephiroth menjadi seorang sosok yang tidak terlupakan oleh kami. Dengan beragam ability dan spell yang OP, dan kombo yang menarik serta satisfying, kami sempat lupa untuk mengganti karakter kami kembali menjadi Cloud selama Chapter 1.
Red XIII di sisi lain merupakan karakter dengan attack speed yang cepat dan memiliki pasif unik dimana dia akan mengisi Vengeance Gauge setiap berhasil menahan serangan musuh. Ketika Vengeance Mode diaktifkan, Red XIII akan memiliki serangan yang lebih luas dan damage yang lebih besar.
Tidak banyak yang kami bisa katakan mengenai Cait Sith selain dia memberikan angin segar dalam battle di FFVII Rebirth. Dengan beragam skill yang berlandaskan Luck dan bantuan dari robot Moogle-nya, serta tampilan mereka yang lucu, Cait Sith mungkin bisa menjadi party permanen untuk beberapa pemain.
FFVII Rebirth masih mengusung sistem battle yang serupa dengan FFVII Remake dimana ada penggabungan antara real time battle dengan command-base battle hal ini membuat strategi pertarungan menjadi lebih beragam dan seru karena pemain perlu memikirkan kapan harus menggunakan ability, spell, atau item.
Tentunya tidak mungkin sekelas Square Enix bikin sequel tapi gak ada perubahan di sistem combatnya. FFVII Rebirth membawa sebuah fitur baru dimana dua karakter bisa melakukan serangan bersama bernama Synergy Skill dan Synergy Ability. Synergy Skill merupakan serangan yang bisa dilakukan kapan saja dengan menekan tombol R1 + tombol yang diperlihatkan di layar. Synergy Skill tidak memerlukan ATB gauge tapi kedua karakter harus berada di dalam party.
Berbeda dengan Synergy Skill, Synergy Ability hanya bisa diaktifkan ketika kedua karakter memiliki Synergy Gauge yang dibutuhkan. Synergy Ability biasanya memiliki damage yang lebih besar serta area serangan yang lebih luas.
Selain itu, kami juga secara tidak sengaja menemukan satu mekanisme yang bisa membantu pertarungan saat genting. Mekanisme ini bernama Backline Command dimana kita akan meminta bantuan dari dua karakter di luar party kita untuk mereka melakukan Synergy Ability. Mekanisme ini sangat berguna karena kita bisa menggunakan bar ATB dari karakter yang tersisa untuk melakukan hal lain seperti melakukan revive pada karakter yang telah kalah.
[BACAJUGA] Game Baru, Playable Character Baru
Selain kembalinya Cloud, Tifa, Barret, dan Aerith dari game sebelumnya, Rebirth kedatangan beberapa playable character baru yaitu Red XIII yang sebelumnya menjadi guest di Remake, Yuffie yang hanya muncul di Episode INTERmission FFVII Remake, Cait Sith, dan seseorang yang tadinya tidak disangka akan menjadi playable character, Sephiroth.
Meskipun hanya menjadi playable character sementara di Chapter 1, Sephiroth menjadi seorang sosok yang tidak terlupakan oleh kami. Dengan beragam ability dan spell yang OP, dan kombo yang menarik serta satisfying, kami sempat lupa untuk mengganti karakter kami kembali menjadi Cloud selama Chapter 1.
Red XIII di sisi lain merupakan karakter dengan attack speed yang cepat dan memiliki pasif unik dimana dia akan mengisi Vengeance Gauge setiap berhasil menahan serangan musuh. Ketika Vengeance Mode diaktifkan, Red XIII akan memiliki serangan yang lebih luas dan damage yang lebih besar.
Tidak banyak yang kami bisa katakan mengenai Cait Sith selain dia memberikan angin segar dalam battle di FFVII Rebirth. Dengan beragam skill yang berlandaskan Luck dan bantuan dari robot Moogle-nya, serta tampilan mereka yang lucu, Cait Sith mungkin bisa menjadi party permanen untuk beberapa pemain.
Queen’s Blood, Game Kartu yang Bikin Ketagihan
Rebirth memberikan tambahan board game baru, sebuah game kartu dengan cara bermain unik dimana gamenya mudah dipahami namun sulit dikuasai. Rebirth juga memiliki banyak pilihan kartu dan kita bisa membuat deck sesuai dengan cara bermain kita.
Queen’s Blood tidak hanya berdiri sendiri sebagai sebuah mini game, ada beberapa side quest yang berhubungan dengan Queen’s Blood. Selain itu, Queen’s Blood juga membawa pengaruh di beberapa part di main story.
Queen’s Blood bisa menjadi tempat istirahat sejenak supaya kita ga cuma gelut dan gelut aja!
[BACAJUGA] World Intel, Fitur Eksplorasi yang Buat Dunia Gak Kerasa Kosong
Permasalahan beberapa game open-world dengan dunia yang luas adalah kurangnya interaksi dan hal yang bisa dilakukan di sepanjang perjalanan sehingga dunianya terasa kosong dan malah menjadi nilai minus untuk gamenya. Namun, Rebirth berhasil “mengisi” dunia mereka dengan berbagai aktivitas yang tidak membosankan.
Waktu bermain pemain Rebirth kemungkinan besar akan habis untuk melengkapi World Intel dari Chadley. Fitur ini adalah peningkatan besar dari Battle Intel Chadley di Remake. World Intel memiliki beberapa kegiatan utama seperti mengaktifkan tower untuk melacak poin aktivitas sekitar, membantu para Moogle untuk membuka Moogle Store, sampai melawan varian musuh yang lebih kuat dengan side quest yang berbeda di setiap pertarungan. Dengan melengkapi World Intel, kita bisa mendapatkan poin untuk ditukar menjadi Materia yang bisa didapatkan dari Battle Simulator.
Selain itu, Battle Simulator Chadley juga memiliki opsi pertarungan melawan para Summon yang nantinya bisa dijadikan Materia untuk dipanggil di pertarungan. Pertarungan dengan Summon ini cukup sulit namun, tingkat kesulitan mereka dapat diturunkan dan kekuatan dari Summon Materia mereka bisa ditingkatkan dengan menemukan kuil para Summon yang tersebar di berbagai belahan region.
Disisi lain, kita juga tidak perlu terbebani dengan World Intel ataupun side quest lainnya di Rebirth, karena main story Rebirth tetap dapat diselesaikan tanpa kita melakukan side activity apapun, terlebih jika bermain di tingkat kesulitan easy. Selain itu kita juga bisa kembali ke region sebelumnya untuk menyelesaikan side activity yang sengaja ataupun tidak terlewat.
Rebirth memberikan tambahan board game baru, sebuah game kartu dengan cara bermain unik dimana gamenya mudah dipahami namun sulit dikuasai. Rebirth juga memiliki banyak pilihan kartu dan kita bisa membuat deck sesuai dengan cara bermain kita.
Queen’s Blood tidak hanya berdiri sendiri sebagai sebuah mini game, ada beberapa side quest yang berhubungan dengan Queen’s Blood. Selain itu, Queen’s Blood juga membawa pengaruh di beberapa part di main story.
Queen’s Blood bisa menjadi tempat istirahat sejenak supaya kita ga cuma gelut dan gelut aja!
[BACAJUGA] World Intel, Fitur Eksplorasi yang Buat Dunia Gak Kerasa Kosong
Permasalahan beberapa game open-world dengan dunia yang luas adalah kurangnya interaksi dan hal yang bisa dilakukan di sepanjang perjalanan sehingga dunianya terasa kosong dan malah menjadi nilai minus untuk gamenya. Namun, Rebirth berhasil “mengisi” dunia mereka dengan berbagai aktivitas yang tidak membosankan.
Waktu bermain pemain Rebirth kemungkinan besar akan habis untuk melengkapi World Intel dari Chadley. Fitur ini adalah peningkatan besar dari Battle Intel Chadley di Remake. World Intel memiliki beberapa kegiatan utama seperti mengaktifkan tower untuk melacak poin aktivitas sekitar, membantu para Moogle untuk membuka Moogle Store, sampai melawan varian musuh yang lebih kuat dengan side quest yang berbeda di setiap pertarungan. Dengan melengkapi World Intel, kita bisa mendapatkan poin untuk ditukar menjadi Materia yang bisa didapatkan dari Battle Simulator.
Selain itu, Battle Simulator Chadley juga memiliki opsi pertarungan melawan para Summon yang nantinya bisa dijadikan Materia untuk dipanggil di pertarungan. Pertarungan dengan Summon ini cukup sulit namun, tingkat kesulitan mereka dapat diturunkan dan kekuatan dari Summon Materia mereka bisa ditingkatkan dengan menemukan kuil para Summon yang tersebar di berbagai belahan region.
Disisi lain, kita juga tidak perlu terbebani dengan World Intel ataupun side quest lainnya di Rebirth, karena main story Rebirth tetap dapat diselesaikan tanpa kita melakukan side activity apapun, terlebih jika bermain di tingkat kesulitan easy. Selain itu kita juga bisa kembali ke region sebelumnya untuk menyelesaikan side activity yang sengaja ataupun tidak terlewat.
Jalan Cerita Penuh Perubahan dan Plot Twist
Untuk yang sebelumnya memainkan Remake dan FFVII original tentunya tahu bahwa ada beberapa perubahan jalan cerita yang ditandai dengan kehadiran para Whispers. Hal ini dilanjutkan di Rebirth. Beberapa poin penting cerita original mengalami (atau hampir mengalami) perubahan. Tentunya kami tidak akan menyebutkan perubahan tersebut karena akan merusak kesenangan bermain kalian.
Kami juga dikagetkan dengan beberapa hal di Rebirth. 7 Chapter pertama saja sudah cukup memberikan beberapa hal yang membuat kami berpikir “apa yang akan terjadi di game ketiga ya?” Bagaimana dengan ending di Rebirth? Kami hanya bisa bilang, bahwa tebakan seluruh kru KotakGame salah mengenai ending Rebirth. Sebesar itulah plot twist yang terjadi.
[BACAJUGA] Kesimpulan
Kuartal pertama 2024 bisa dibilang menjadi kuartal dimana banyak game JRPG diluncurkan, namun, FFVII Rebirth memiliki tempat khusus di hati kami. Dengan sejarah yang panjang di dunia game dan perubahan alur cerita yang membuatnya menjadi fresh serta banyaknya upgrade dari grafis hingga fiturnya, Final Fantasy VII Rebirth menjadi game must have untuk pecinta Final Fantasy maupun game JRPG atau RPG secara umum. Untuk kamu yang belum pernah bermain Remake sebelumnya, meskipun kami sarankan untuk bermain terlebih dahulu namun, di Rebirth tetap ada sebuah video yang menyimpulkan jalan cerita Remake sehingga kita tidak perlu khawatir akan kebingungan dengan jalan cerita di Rebirth.
Nah, itu dia review Final Fantasy VII Rebirth dari KotakGame, siapa yang udah pre-order game ini? Final Fantasy VII Rebirth akan hadir untuk PS5 pada 29 Februari mendatang. Kamu bisa cek gamenya disini
Untuk yang sebelumnya memainkan Remake dan FFVII original tentunya tahu bahwa ada beberapa perubahan jalan cerita yang ditandai dengan kehadiran para Whispers. Hal ini dilanjutkan di Rebirth. Beberapa poin penting cerita original mengalami (atau hampir mengalami) perubahan. Tentunya kami tidak akan menyebutkan perubahan tersebut karena akan merusak kesenangan bermain kalian.
Kami juga dikagetkan dengan beberapa hal di Rebirth. 7 Chapter pertama saja sudah cukup memberikan beberapa hal yang membuat kami berpikir “apa yang akan terjadi di game ketiga ya?” Bagaimana dengan ending di Rebirth? Kami hanya bisa bilang, bahwa tebakan seluruh kru KotakGame salah mengenai ending Rebirth. Sebesar itulah plot twist yang terjadi.
[BACAJUGA] Kesimpulan
Kuartal pertama 2024 bisa dibilang menjadi kuartal dimana banyak game JRPG diluncurkan, namun, FFVII Rebirth memiliki tempat khusus di hati kami. Dengan sejarah yang panjang di dunia game dan perubahan alur cerita yang membuatnya menjadi fresh serta banyaknya upgrade dari grafis hingga fiturnya, Final Fantasy VII Rebirth menjadi game must have untuk pecinta Final Fantasy maupun game JRPG atau RPG secara umum. Untuk kamu yang belum pernah bermain Remake sebelumnya, meskipun kami sarankan untuk bermain terlebih dahulu namun, di Rebirth tetap ada sebuah video yang menyimpulkan jalan cerita Remake sehingga kita tidak perlu khawatir akan kebingungan dengan jalan cerita di Rebirth.
Nah, itu dia review Final Fantasy VII Rebirth dari KotakGame, siapa yang udah pre-order game ini? Final Fantasy VII Rebirth akan hadir untuk PS5 pada 29 Februari mendatang. Kamu bisa cek gamenya disini
prev
1 dari 4
next
BACA JUGA BERITA INI