space
ANTI EXCLUSIVE EXCLUSIVE CLUB! SETELAH SUKSESNYA HELLDIVERS 2, PLAYSTATION BAKAL FOCUS BUAT GAME MULTIPLATFORM
PS5
Kamis, 15 Feb 2024

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Sony lagi berencana nih buat bikin game PlayStation lebih banyak tersedia di berbagai platform, nih. Setelah rilis laporan keuangan triwulanan terbaru mereka, Presiden Sony, Hiroki Totoki, ngomong tentang rencana merilis PlayStation lebih luas, seperti yang di-share oleh Tom Warren dari The Verge.

Katanya, "Dulu, seperti yang kalian tahu, kita pengen ngebuat konsol jadi populer, dan tujuan utama game first-party kita adalah buat bikin hardware-nya, konsolnya, jadi populer." "Emang bener, tapi ada untungnya juga, jadi kalo kita punya konten first-party yang keren — bukan cuma di konsol kita tapi juga di platform lain kayak komputer — dan kalo first-party bisa berkembang di multi-platform, itu bisa bantu nambahin keuntungan operasional. Jadi itu satu hal lagi yang kita pengen kerjain dengan proaktif."

Sebenernya, PlayStation udah beberapa tahun terakhir ini ngeporting banyak game PS4 dan PS5-nya ke PC, termasuk The Last of Us Part I, God of War, Marvel’s Spider-Man, dan Horizon Forbidden West. Tapi, biasanya game-game ini baru muncul di PC setahun atau dua tahun setelahnya.

Tapi, sepertinya Totoki ngasih kode buat memperpendek jarak antara rilis atau mungkin bahkan bikin peluncuran lintas platform. Awal bulan ini, PlayStation menerbitkan game penembak multipemain yang mirip Starship Troopers, Helldivers 2, di PS5 dan PC, langkah yang jarang dilakukan oleh perusahaan ini. Akhirnya, game ini jadi peluncuran PC terbesar PlayStation dengan 150.000 pemain puncak yang bikin kesan banget, jadi peluncuran lintas platform ini jelas berhasil.

Tentu aja, game multipemain beda banget dengan game pemain tunggal yang jadi andalan PlayStation, jadi masih belum jelas apakah perusahaan bakal eksperimen dengan game-game semacam itu yang muncul di konsol dan PC secara bersamaan. Yang keliatan lebih mungkin adalah perusahaan bakal bawa game ke PC lebih dekat dengan waktu rilis di konsol.

Baca ini juga :

» GS SHOP dan PlayStation Rayakan Perilisan Stellar Blade, Larissa Rochefort hadir sebagai EVE!
» Beneran Worth-It! 7 Keseruan Eiyuden Chronicle yang Bikin Fans Suikoden Berlinang Air Mata
» Sah! Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Resmi Jadi Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Indonesia
» Pemburu Cantik Yang Berdansa Dengan Pedangnya - Stellar Blade Review
» Seal: WHAT the FUN - Lebih dari Sekedar Game Party Royale Biasa!
» Perilisan Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes di Asia-Pasifik Terungkap, JRPG lebih dari 100 Hero
» Terus Ekspansi! CEO Bigetron Esports Spill Mereka Akan Kembali Tambah Dua Divisi Baru!
» Bentar Lagi Rilis di PC! Ini dia Spesifikasi PC Buat Mainin Ghost of Tsushima: Director's Cut!

                        


Sementara itu, perusahaan juga ngungkapin di laporan keuangan terbaru mereka bahwa mereka ketinggalan target penjualan untuk PS5, yang nunjukin minat yang menurun pada konsol ini dibandingkan dengan permintaan yang kuat di awal kemunculannya. Selain itu, peretasan Insomniac Games tahun lalu nunjukkin bahwa Sony bayar sampai $300 juta USD untuk mengembangkan game (sekitar $406 juta CAD), jadi merilis game di lebih dari satu platform bakal bantu balikin biaya itu.

Komentar-komentar Totoki ini datang di tengah rumor-rumor panjang tentang Microsoft, yang juga bikin konsol, bakal beralih ke rilis multiplatform Xbox. Meskipun Microsoft udah beberapa tahun terakhir ini ngerilis game di kedua konsol Xbox dan PC, laporan-laporan bilang mereka bakal mulai bawa judul-judul ini ke PlayStation 5 dan Nintendo Switch.

Xbox belum konfirmasi rumor ini, tapi bilang bakal kasih informasi lebih lanjut tentang rencananya pada 15 Februari.

Masih belum jelas juga apa yang bakal dilakukan PlayStation dan Xbox, tapi kedua perusahaan ini jelas keliatan bakal semakin menjauh dari model bisnis "eksklusivitas" yang lama.


Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.



TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close