space
RESIDENT EVIL VILLAGE
xboxone
Jumat, 14 May 2021

Mengambil Inspirasi dari Seri Ke-4




Semenjak trailer perdana Resident Evil Village ditampilkan, tidak sedikit fans yang langsung menganggap bahwa game ini mengingatkan mereka akan Resident Evil 4. Kami pun juga berpikir demikian. Jika dari segi gameplay dan combat memang tidak jauh berbeda dengan seri ketujuh, namun konsep yang diusung justru hampir mendekati serupa dengan seri keempat. Hal ini juga pernah diakui oleh Produser dari game itu sendiri.

Baca ini juga :
» EA Sports FC 24
» Bisa Minum Lewat Headset hingga Cukuran RGB, Deretan Joke Brand Gaming di April Mop!
» Resesi Is Real? Game-Game Besar ini Harus Tutup di Tahun 2023!
» Tahun 2023 Penuh Game Keren! Ini Dia List Game Yang Dinantikan Rilisnya di Tahun Ini!
» Apakah Favoritmu Menang? Pengumuman Pemenang Penghargaan KotakGame Awards 2022
» Awal Tahun 2023 di Rumah Tapi Bingung Mau Ngapain Aja? Saatnya Mainkan 7 Game Ini!
» Akhir Tahun Banyak Cuan! 7 Game Dengan Diskon Terbesar SEGA Steam Sale 2022!
» 7 Game Terbaik yang Pantas Masuk dalam Kategori Game of the Year 2022!
Sang sutradara Resident Evil Village, Tsuyoshi Kanda sempat mengatakan dalam wawancaranya dengan IGN, bahwa mereka telah merancang game dan strukturnya dengan mempertimbangkan esensi dari Resident Evil 4. Menurut Kanda, fans setia Resident Evil tentu akan menemukan banyak elemen di dalam game, yang mengingatkan mereka pada seri keempatnya itu.




Masih ingatkan ketika Resident Evil 4 dibandingkan dengan seri-seri Resident Evil sebelumnya? Saat itu, seri keempat dianggap lebih menekankan aksi Leon dibandingkan unsur horor layaknya seri pertama hingga ketiga. Serupa dengan Village, Ethan tidak lagi diperlihatkan seperti karakter yang mudah kabur alias pengecut layaknya di seri ketujuh, melainkan lebih berani dan melakukan banyak aksi. Tidak heran jika game terbarunya ini lebih menekankan elemen survival dan aksi.




Seperti yang pemain ketahui, Resident Evil Village dan Resident Evil 4 sama-sama mengusung setting tempat di sebuah desa terpencil, di mana para penduduknya sudah terinfeksi virus. Jika seri keempat menggunakan lokasi di sebuah rural di Spanyol, Village justru berlokasi di pedesaan di Rumania yang diselimuti salju. Selain itu, keduanya juga menampilkan sebuah kastil, yang terhubung dengan pedesaan. Meskipun sama-sama menghadirkan lokasi berupa desa dan istana, penghuni dan antagonis yang dihadapi justru berbeda dan tidak saling berkaitan antar dua game tersebut.




Persamaan lainnya adalah kehadiran seorang merchant. Resident Evil Village nampaknya benar-benar mengambil inspirasi dari Resident Evil 4. Capcom ingin membangkitkan momen nostalgia fans dengan adanya merchant, yang sangat membantu protagonis dalam memenuhi kebutuhannya. Akan tetapi, sosok merchant yang ditampilkan di Village berbeda dengan seri keempatnya. Kali ini dinamai The Duke dan memiliki ukuran badan yang lebih besar. Di sinilah, pemain dapat menjual harta karun, membeli, menjual, hingga melakukan upgrade senjata.

Dilengkapi Fitur Tambahan Baru




Kami mengakui bahwa fitur baru yang ditampilkan di Resident Evil Village tidaklah terlalu banyak. Salah satunya yang mencolok adalah masak. Di sepanjang permainan, pemain dapat mengumpulkan sumber dari hewan-hewan yang telah dibunuh. Setelah itu, material yang telah terkumpul diberikan kepada Duke dan memintanya untuk memasak makanan dari bahan-bahan tersebut. Menariknya, makanan ini dapat menghasilkan buff untuk Ethan secara permanen. Kebanyakan hewan-hewan untuk bahan masakan tersedia di desa. Sehingga pemain perlu menyempatkan waktu untuk kembali ke desa jika ingin mencari bahan dan memasak.




Fitur berikutnya adalah Photo Mode, yang hanya tersedia di platform konsol seperti PS4, PS5, hingga Xbox. Bagi pemain yang berburu momen foto menarik di dalam Resident Evil Village, tentu bisa memanfaatkan fitur ini. Entah itu saat cutscene atau ingin mendapatkan visual lanskap yang keren, seperti lobi istana yang memperlihatkan kemegahannya atau kastil yang diselimuti kabut, dan lainnya. Opsi lain, tidak salah lagi pemain bisa menangkap gambar Lady Dimitrescu yang sedang berdiri di hadapan Ethan. Fitur ini belakangan diterapkan di konsol next-gen, yang memanfaatkan kualitas grafis 4K yang menawan.

BACA JUGA BERITA INI
close