space
KITA COBAIN STARFIELD, JELAJAHI LUAR ANGKASA SESERU ITU?
xboxone
Selasa, 12 Sep 2023
Petualangan Seru yang Melelahkan



Starfield bukan full game open-world dimana kita bisa menjelajahi tata surya tanpa batas. Disini kita akan menggunakan warp yang membuat kita bisa berpindah planet dengan cepat. Tentunya kami berpikir kalau Starfield akan menyediakan kendaraan untuk kita berkeliling dengan cepat di setiap planet (dengan adanya pesawat luar angkasa, tentunya tidak aneh jika kita punya mobil untuk jalan-jalan di planet kan?). Namun sayangnya kita tidak bisa mengendarai apa-apa dan seperti game Bethesda lainnya (Elder Scroll, Fallout), kita harus mengandalkan fast-travel jika ingin berpindah dengan cepat dan seperti game lainnya juga, kita tidak bisa fast-travel saat di dekat musuh atau saat memiliki beban yang lebih dari beban maksimal yang bisa kita bawa.




Ngomong-ngomong soal beban dan petualangan, Starfield memiliki sistem stamina unik dimana kita akan kehabisan oksigen jika melakukan berbagai aksi seperti berlari, melompat dan serangan melee. Jika oksigen kita habis, maka karbon dioksida di tubuh akan meningkat dan akan menyebabkan hp kita berkurang dengan cepat. Meskipun dengan diam sejenak kita akan kembali mendapatkan oksigen, jika beban kita berlebih maka hanya berjalan saja kita akan kehabisan oksigen dengan cepat. Untungnya Starfield memberikan beberapa cara untuk mengurangi beban bawaan kita mulai dari langsung membuangnya, meletakan barang di kapal hingga membagi beban dengan companion yang menemani kita.

Baca ini juga :
» Star Ocean: The Second Story r Review
» Review: Sea of Stars
» Crisis Core: Final Fantasy VII Reunion
» Ini Dia Daftar Game Seru Yang Diumumkan Pada Xbox & Bethesda Games Showcase 2022
» Bosan Dengan Game Futuristik? Deretan Game Era Medieval Ksatria Yang Hadir Di 2022!
» Tahun Baru, Tantangan Baru! 7 Boss Super Susah Dalam Game-Game Modern!
» Banyak Yang Mesti Dipantau! 7 RPG Yang Wajib Masuk Wishlist Kamu Di 2022
» Bosen Main Game Casual? Ini Dia 7 Game Dengan Dunia Yang Berbahaya!
Pertarungan di Darat Biasa Saja, Tapi Pertarungan Antar Pesawat?



Sebagai orang yang pernah bermain Fallout, sistem pertarungan di Starfield kami rasa cukup mirip dengan game tersebut meskipun kita tidak akan mendapat bantuan V.A.T.S yang bisa melambatkan waktu (tapi ada skill serupa walaupun untuk pertarungan di pesawat), namun sensasi menembak, serangan melee, hingga keadaan ragdoll saat musuh kehabisan HP terasa sangat mirip. Tidak banyak yang bisa dikomentari dari sistem pertarungan selain Bethesda yang terasa bermain aman menggunakan sistem yang sudah biasa mereka pakai.

Namun, sebuah pengalaman baru saat kami mencoba pertarungan antar pesawat luar angkasa. Bukan hanya sekedar menembak dan bergerak, mengendarai pesawat luar angkasa di Starfield membutuhkan manajemen energi yang perlu dibagikan ke beberapa aspek seperti senjata, mesin, perisai, dan kemampuan grav-jump. Energi yang diberikan ke senjata tentu akan membuat senjatamu semakin kuat begitu juga dengan perisai dan saat pertarungan kamu tidak perlu energi di Grav karena kamu tidak akan melakukan grav-jump saat pertarungan kan?

Pertarungan di Darat Biasa Saja, Tapi Pertarungan Antar Pesawat?



Sayangnya, kami rasa potensi maksimal dari pesawat luar angkasa di Starfield tidak terlalu terpakai mengingat kita akan lebih sering melakukan grav-jump untuk berpindah antar planet dan juga langsung landing di planet tujuan.

BACA JUGA BERITA INI
close