Mungkin beberapa dari kalian belum pernah mendengar mengenai FANTASIAN, sebuah mahakarya yang dirilis pada 2021 lalu oleh Hironobu Sakaguchi yang merupakan bapak dari Final Fantasy untuk Apple (iPhone, MacOS, tvOS). Tidak lama lagi, kita akan merasakan upgrade dari FANTASIAN yang berjudul
FANTASIAN Neo Dimension di berbagai platform. Nah, pada 24 September lalu, KotakGame diundang ke kantor Square Enix di Shinjuku, Jepang buat cobain game ini nih, penasaran sama gamenya?
Baca ini juga :
» Tembus Angka Skral!! Metaphor: ReFantasio Terjual Satu Juta Unit Di Hari pertama
» Jelajahi Kisah Terbaru Perebutan Takhta di Dunia Penuh Demon - Shin Megami Tensei V: Vengeance Review
» Shin Megami Tensei V: Vengeance Telah Tersedia di Berbagai Platform dan Penjualan Telah Mencapai 1,6 Juta Kopi
» Hidetaka Miyazaki Punya Keinginan Untuk Membuat Game JRPG
» Nyobain Shin Megami Tensei V: Vengeance - Jelajahi Cerita Baru Perebutan Takhta di Dunia Penuh Demon
» Nyobain Metaphor: ReFantazio di ATLUS Fest 2024 - Cinta Pada Pandangan Pertama
» Dragon Quest 3 HD-2D Remake Sudah Semakin Dekat
» Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes Telah Rilis!
Dunia yang Luar Biasa, Kombat yang Berbeda Pada hands-on kali ini, kami tidak memainkan
FANTASIAN Neo Dimension dari awal permainan melainkan di suatu titik dimana kami sudah mendapatkan banyak karakter level tinggi dengan senjata yang mumpuni. Sedikit disclaimer, tim Square Enix berkata bahwa seharusnya level dan senjata yang didapatkan pada titik ini tidak sekuat itu namun, untuk membantu kami mengalahkan boss dalam waktu terbatas, kami diberikan kemudahan seperti ini.
Seperti JRPG pada umumnya, eksplorasi overworld pada
FANTASIAN Neo Dimension juga menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan, dengan banyaknya cabang, harta karun, dan juga musuh yang secara random akan muncul. Sayangnya, kami mendapatkan sedikit kesulitan ketika pada beberapa titik, sudut kamera berubah yang membuat kami harus merubah juga arah joystick kami untuk mencapai titik tujuan.
Sistem kombat pada game ini juga masih tetap setia pada sistem turn-based seperti kebanyakan JRPG dimana urutan serangan dipengaruhi oleh status Speed setiap karakter. Yang berbeda adalah cara menyerangnya. Beberapa skill di
FANTASIAN Neo Dimension dapat menembus musuh sehingga bisa meyerang beberapa musuh sekaligus, untuk skill yang seperti ini, kita bisa melakukan targeting sehingga serangan karakter bisa mengenai banyak musuh sekaligus. Selain serangan lurus, ada juga serangan AOE berbentuk lingkaran yang bisa menyerang musuh yang berkumpul dan juga serangan dengan garis serang melengkung.
Serangan dengan garis serang melengkung ini sangat berguna ketika meghadapi musuh yang memiliki status Block. Karena dengan status ini, mereka akan mendapatkan peningkatan defend dan menghentikan serangan yang seharusnya bisa tembus ke musuh dibelakangnya. Pengaturan posisi karakter dan pathing serangan menjadi salah satu hal inovatif dari
FANTASIAN Neo Dimension.
Capek Sering Berhenti Buat Berantem? Dimengeon SolusinyaFitur lain yang sangat keren dari
FANTASIAN Neo Dimension adalah Dimengeon yang sepertinya diambil dari kata "Dimension" dan "Dungeon". Ketika sistem ini diaktifkan, kita bisa "menyimpan" musuh yang kita temui di dimensi yang berbeda untuk dilawan sekaligus pada waktu yang bersamaan. Dengan sistem pertarungan dimana mayoritas skill setiap karakter dapat menyerang banyak musuh sekaligus, Dimengeon sangat membantu mengurangi waktu pertarungan kita terlebih Dimengeon menghadirkan Battle Gimmick yang merupakan buff yang bisa didapatkan jika serangan karakter kita mengenainya. Buff ini juga cukup beragam mulai dari peningkatan status, menyelak antrian serangan, peningkatan status seluruh anggota tim, hingga menghidupkan anggota tim yang sedang kalah.
Namun tentu saja sistem ini bukan sebuah Deus ex Machina yang akan menyelematkan kita tanpa kekurangan. Kelemahan pertama dari Dimengeon adalah dimensi ini tidak bisa memasukkan musuh yang baru ditemui untuk pertama kali sehingga jika baru memasuki sebuah area baru, fitur ini akan sulit aktif. Kelemahan kedua adalah Dimengeon hanya bisa menyimpan 30 musuh dan kalian akan dipaksa masuk untuk menghadapi mereka ketika musuh yang ditemui sudah mencapai batas tersebut. Yang terakhir, kalian tidak bisa kabur dari Dimengeon sebelum mengalahkan semua musuh, kalian harus bertanggung jawab atas pilihan kalian "ngacangin" 30 musuh tersebut.
Titik Tengah Antara Aksesibilitas dan PassionSalah satu hal yang kami sadari dari
FANTASIAN Neo Dimension adalah mereka memiliki Normal Difficulty yang sebelumnya tidak ada di FANTASIAN. Mungkin terlihat ini adalah hal yang wajar untuk yang tidak memainkan FANTASIAN namun, untuk yang memainkannya mungkin tahu kalau FANTASIAN merupakan game JRPG dengan tingkat kesulitan sangat tinggi.
Melaui interview, Sakaguchi-san dan Yoshida-san berkata bahwa kesulitan di FANTASIAN merupakan keinginan Sakaguchi-san dan versi yang lebih mudah yang mereka rancang untuk
FANTASIAN Neo Dimension beralasan untuk menjangkau lebih banyak pemain, maka dari itu disebut "Normal Mode." Namun, untuk yang ingin tantangan lebih, kalian tetap bisa mainin dengan tingkat kesulitan asli meskipun mereka menyarankan untuk menamatkan Normal Mode terlebih dahulu.
KesimpulanFANTASIAN Neo Dimension berhasil membawa FANTASIAN ke konsol dan PC dengan hampir sempurna, perubahan dari touch control ke controller / mouse dan keyboard pastinya merupakan sesuatu yang sulit namun bisa dilakukan dengan baik. Meskipun memiliki eksplorasi yang memusingkan untuk kami, namun
FANTASIAN Neo Dimension tetap dapat kami nikmati dengan asyik terlebih sistem kombatnya yang sangat jarang kami temui.
FANTASIAN Neo Dimension akan hadir pada 5 Desember 2024 untuk Nintendo Switch, PS5, PS4, Xbox Series X|S, dan PC via Steam.