space
PENELITI TEMUKAN 40 VARIAN BARU MALWARE TRICKMO, TARGETKAN PENGGUNA ANDROID
OL
2 Hari yang lalu

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Peneliti keamanan siber dari Zimperium menemukan 40 varian baru malware TrickMo yang menargetkan pengguna Android. Malware ini dilengkapi dengan fitur baru yang mampu mencuri PIN perangkat, membuatnya semakin berbahaya bagi pengguna.

TrickMo pertama kali ditemukan oleh IBM X-Force pada 2020, namun diyakini sudah menyerang pengguna Android sejak September 2019. Malware ini memiliki kemampuan untuk mencegat SMS berisi OTP, merekam layar, mencuri data, dan mengontrol perangkat dari jarak jauh. Sebagai trojan perbankan, TrickMo juga dapat menampilkan halaman login palsu untuk mencuri kredensial dan melakukan transaksi ilegal.

Penemuan terbaru Zimperium menunjukkan bahwa varian baru TrickMo kini dapat meniru layar kunci Android untuk mencuri PIN atau pola buka kunci. Dengan PIN yang dicuri, hacker bisa mengakses perangkat tanpa sepengetahuan pemiliknya. Halaman palsu ini di-hosting di website eksternal dan ditampilkan dalam mode layar penuh, sehingga tampak seperti layar kunci asli.

Baca ini juga :

» Kominfo Hadirkan Sistem Peringatan Dini Gempa Lewat TV dan Ponsel
» MediaTek Luncurkan Chip Flagship Dimensity 9400! Lebih Kencang dan Hemat Daya!
» Xiaomi Luncurkan Fitur Deteksi Kamera Tersembunyi di HyperOS 2.0
» Komunikasi Mulus dan Videografi Mutakhir dengan ASUS Zenfone 11 Ultra, Kini Mendukung Bahasa Indonesia!
» realme C61 Resmi Rilis di Indonesia, Bawa Setup Kamera Boba, Harga Cuma Sejutaan!
» Apple Uji Coba Prototipe iPhone Lipat, Tantangan Utama pada Lipatan Layar
» Vivo X200 Pro Pecahkan Rekor AnTuTu: Smartphone Pertama dengan Skor di Atas 3 Juta
» Belum Rilis, Harga Huawei Mate XT Udah Digoreng Sampe Tembus 216 Juta!

Zimperium melaporkan bahwa malware TrickMo telah menginfeksi setidaknya 13.000 korban di seluruh dunia, dengan mayoritas korban berada di Kanada. Namun, pengguna di Uni Emirat Arab, Turki, dan Jerman juga terdampak. Malware ini tidak hanya menargetkan aplikasi perbankan, tapi juga VPN, platform streaming, e-commerce, dan media sosial.

Untuk menghindari infeksi, pengguna disarankan menghindari mengunduh APK dari tautan yang dikirim melalui SMS atau pesan langsung dari sumber yang tidak dikenal. Google Play Protect juga dapat mendeteksi dan memblokir beberapa varian TrickMo, jadi pastikan fitur keamanan ini selalu aktif.

Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close