Notice: Undefined variable: key in /var/www/m/detailreview.php on line 53 Review: Secret of Mana HD Remake | KotakGame
space
SECRET OF MANA HD REMAKE
Senin, 26 Feb 2018

Sistem Gameplay Terasa Lebih Sederhana dan Seru

Saat menghadapi pertarungan melawan monster dan grinding untuk membuat tiap karakter menjadi lebih kuat, kamu tidak perlu mengkhawatirkan sistem atribut skill yang terlalu mengikat. Sederhananya, kamu hanya perlu berfokus untuk mengumpulkan senjata terkuat dari sembilan jenis yang tersedia. Untuk memperkuat senjata yang digunakan, kamu bisa menggunakan collectible orbs yang tersebar di beberapa area dan melakukan upgrade di blacksmith.

Tidak hanya bertarung sendirian, kamu nantinya akan ditemani oleh dua karakter utama lainnya yang bernama Primm dan Popoi. Primm memiliki kemampuan bertarung jarak dekat yang sangat kuat lewat skill kung-fu miliknya, sementara Popoi mengandalkan serangan dengan jarak jauh dengan kekuatan sihir dan senjata boomerang. Setiap karakter ini memiliki peran yang sangat krusial dalam pertempuran, jadi kamu juga harus bisa bertindak sebagai support dengan menambah HP dan MP agar mereka tetap hidup.

Dengan akses menu radial yang dapat menghentikan jalannya permainan, kesempatan untuk merencanakan strategi maupun mengganti equipment terasa jauh lebih mudah. Dibandingkan sistem gameplay turn-based klasik, Kru KotGa merasa kalau real-time action battle dalam Secret of Mana terasa sangat repetitif dan cukup membosankan. Keseruan sesungguhnya hanya bisa kamu rasakan saat berhadapan dengan boss yang lebih menantang dan memiliki variasi serangan berbeda.

Baca ini juga :
» Review Final Fantasy VII Rebirth - Masterpiece JRPG Kembali, Nostalgia Pertemanan Cloud & Sephiroth
» Star Ocean: The Second Story r Review
» Review: Sea of Stars
» Final Fantasy XVI
» Forspoken
» Crisis Core: Final Fantasy VII Reunion
» Bersiaplah! Ini DIa 7 Upcoming Game Dari Square Enix Yang Bakalan Mantep!
» Review Jade Dynasty: New Fantasy

Segudang Tambahan Fitur Baru yang Sempurna

Perubahan kualitas grafis dari 2D retro menjadi 3D dengan model pholy berkualitas HD bukan satu-satunya fitur unggulan dalam versi remake ini. Ada juga tambahan fitur lain seperti tampilan UI yang lebih sederhana hingga dukungan voicework penuh untuk tiap karakter dalam bahasa Jepang.

Diluar tambahan fitur yang lebih spesifik untuk memperkuat pengalaman bermain, sayangnya versi remake ini tidak menawarkan banyak perubahan dari variasi dunia dan musuhnya. Bahkan posisi setiap musuh hingga semua objek dari versi originalnya masih tetap sama dalam game ini. Bukan masalah sama sekali tentunya bagi gamer pendatang baru, tapi bagi gamer veteran yang ingin kembali bernostalgia, hal ini bisa membuat pengalaman bermain yang terasa monoton.


Kesimpulan

JRPG klasik memang dikenal akan kualitasnya yang fenomenal dan sulit tergantikan hingga sekarang, tidak terkecuali dengan Secret of Mana. Kembali dirilis dalam versi HD Remake, game ini memang menawarkan banyak perubahan signifikan yang lebih superior dibandingkan versi originalnya. Walaupun ada beberapa asset menjanjikan yang tidak dimanfaatkan dengan baik oleh Square Enix, setidaknya kualitas yang ditawarkan masih cukup solid.

Tidak peduli apakah kamu gamer pendatang baru maupun veteran yang ingin kembali bernostalgia, Secret of Mana HD Remake adalah pilihan terbaik untuk menikmati JRPG klasik dengan konsep gameplay dan kualitas yang lebih modern.

Kesimpulan Review: Secret of Mana HD Remake

75KotakGame.com RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Jalan cerita solid dan menarik untuk diikuti
  • Karakter utama yang memorable
  • Sistem RPG klasik yang sederhana
  • Ragam variasi quest yang seru
  • (-) KEKURANGAN
  • Sistem combat yang repetitif dan membosankan
  • Banyak masalah teknis yang mengganggu pengalaman bermain
  • Eksplorasi dunia yang kurang rewarding

(KotakGame)

BACA JUGA BERITA INI
close