space
DIGIMON STORY: CYBER SLEUTH - HACKER'S MEMORY
PSP2
Minggu, 28 Jan 2018

Gameplay Dalam Dunia Nyata dan Virtual

Beralih ke gameplay, Hacker's Memory membagi siklus gameplay dalam dunia nyata dan dunia virtual bernama EDEN. Dalam dunia nyata kamu bisa mengelilingi kota, berinteraksi dengan NPC, memicu event dari sebuah kejadian, hingga membeli perlengkapan item di Nakano Broadway. Ragam aktifitas yang kamu lakukan dalam dunia virtual lebih mengarah pada penyelidikan kasus dan menjalani serangkaian misi yang berhubungan dengan organisasi hacker.

Untuk memudahkan pengaturan quest dan akses masuk dalam dunia virtual, kamu sudah difasilitasi oleh perangkat PC. Ada empat fitur utama yang bisa diakses, yaitu BBS (untuk menerima permintaan quest), EDEN (akses masuk dunia virtual), Hacker's Memory (rekaman pendek dari aktifitas anggota hacker lainnya), dan DigiLab (pusat perawatan Digimon).

Saat melakukan eksplorasi dalam EDEN, kamu akan menemui random encounter seperti kebanyakan game JRPG klasik. Mekanisme gameplay turn-based masih terhitung standar, tapi tempo permainan berlangsung dengan cukup cepat karena animasi serangan yang lebih dipersingkat. Kamu bisa menggunakan serangan dengan elemen khusus yang tentunya memakan SP, atau sekedar serangan HP standar. Saat adanya trigger giliran khusus, kamu bisa mengkombinasikan serangan dari tiga Digimon menjadi chain attack.

Baca ini juga :
» Review: Sea of Stars
» Kembali Jadi Pilot Mecha di Game Legendaris PS1!
» Review Jade Dynasty: New Fantasy
» Review Elden Ring
» Review Horizon Forbidden West
» Review Vivobook pro 14x OLED M7400Q
» Review Uncharted: Legacy of Thieves Collection
» The Dark Pictures: House of Ashes

Variasi Fitur Lengkap dan Menarik Untuk Penggemar Digimon

Semua fitur dalam game ini berpusat pada sistem PC yang dimiliki Keisuke. Salah satunya saja kamu bisa masuk dalam fasilitas DigiLab yang menawarkan banyak sarana seperti network battle yang memungkinkan kamu untuk bertanding dengan pemain lain dari seluruh dunia. Meningkatkan kekuatan Digimon tidak hanya bisa didapat dengan melakukan grinding dan level-up, tapi kamu juga bisa melatih mereka dalam DigiFarm.

Untuk membuat Digimon menjadi lebih kuat, mempelajari skill baru, dan berevolusi menjadi wujud yang lebih keren, kamu bisa melakukan semua itu dengan mengakses DigiBank. Selain fitur yang ditawarkan oleh DigiLab, kamu hanya bisa melakukan pengaturan komposisi party, skill yang digunakan, dan membalas percakapan dari pesan singkat teman hacker lainnya.


Kesimpulan

Tetap setia dengan konsep yang ditawarkan oleh seri pendahulunya, Hacker's Memory tidak hanya berhasil menggunakan asset yang sudah ada dengan maksimal, tapi justru membawanya pada tingkatan lebih unik dari sebuah game Digimon. Walaupun tidak begitu cocok dengan gamer pendatang baru yang belum memainkan seri pendahulunya, tapi game ini berhasil menutupi kekurangan tersebut dengan akses fitur yang terorganisir.

Jalan cerita yang solid, salah satu karakter protagonis paling unik dalam sebuah game JRPG, hingga mekanisme gameplay klasik yang tetap adiktif dan seru untuk dimainkan. Jika kamu penggemar seri JRPG berkualitas khususnya dari franchise Digimon, maka Digimon Story: Cyber Sleuth - Hacker's Memory adalah game yang pastinya wajib untuk kamu coba.

Kesimpulan Review: Digimon Story: Cyber Sleuth - Hacker's Memory

80KotakGame.com RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Jalan cerita solid
  • Sistem combat dengan tempo cepat yang adiktif
  • Latar dunia nyata dan virtual yang dibangun dengan sempurna
  • Banyak akses fitur yang menarik
  • (-) KEKURANGAN
  • Tidak cocok untuk pemain pendatang baru dalam seri Cyber Sleuth
  • Terlalu mengandalkan asset dari seri sebelumnya
  • Sudut pandang kamera yang tidak bisa diputar dan menyulitkan navigasi

(KotakGame)

BACA JUGA BERITA INI
close