space
SALAH SATU SERI TERBAIK? INILAH ROUNDUP REVIEW UNTUK MORTAL KOMBAT 11
-
Rabu, 24 Apr 2019

Setelah penantian yang cukup panjang sejak perilisan seri terakhirnya pada tahun 2015 lalu, akhirnya Mortal Kombat 11 sudah resmi dirilis hari ini. Berkat pembukaan masa closed-beta hingga diumumkannya para karakter ikonik yang akan kembali ditambahkan ke roster, game ini telah berhasil menarik antusiasme tinggi di seluruh penjuru dunia. Jika kamu mengikuti perkembangan berita soal gamenya selama beberapa waktu terakhir, mungkin sebagian besar dari kamu sudah mendengar kalau Mortal Kombat 11 ditarik pemasarannya di Indonesia.

Spekulasi menyebut jika alasan penarikan gamenya sendiri karena unsur gamenya yang sangat brutal hingga kostum berbau komunis yang dimiliki karakter Skarlet, namun sumber permasalahan ternyata berada di cuplikan cutscene yang memperlihatkan karakter dengan topi prajurit Russia yang memiliki logo berbau "komunis." Walaupun terkesan sepele, namun pihak Warner Bros tidak ingin mengambil resiko untuk merilis gamenya di negara yang cukup anti dengan semua hal berbau komunis, khususnya di Indonesia sendiri. Tidak hanya itu, game ini kabarnya juga harus diblokir di Jepang karena unsur kekerasannya yang dinilai terlalu brutal.

Terlepas dari kontroversi yang ada, sebagian dari kamu pastinya juga lebih penasaran mengenai kualitas yang ditawarkan gamenya bukan? Kru KotGa sendiri sudah mendapatkan kesempatan untuk memainkan gamenya di Nintendo Switch hari ini, jadi sembari menunggu review resmi yang akan kami publikasikan dalam waktu dekat, berikut ini Kru KotGa sudah merangkum roundup review dari media game internasional untuk Mortal Kombat 11. Jadi daripada penasaran, yuk! simak langsung rangkumannya di bawah ini.

Baca ini juga :
» Sengoku Basara, dan Kenapa Franchisenya Jarang Keluar dari Jepang
» Have Fun Tanpa Batas, Inilah Kegiatan Paling Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Lumia Saga
» Tips Menentukan Hero Eclipse Isle yang Paling Cocok dengan Gaya Bermainmu
» Grafis Imut Hingga Gameplay Menantang, Inilah Alasan Kamu Harus Main Lumia Saga
» Downhill Domination, Game Balap Sepeda Gunung yang Tidak Ada Matinya
» The Warriors, dan Kenapa Game Beat'em Up Ini Sangat Fenomenal di Masanya
» ASUS ROG Zephyrus M GU502GU
» Black, dan Kenapa Gamenya Masih Jadi Seri FPS Terbaik di PS2

IGN (9/10)

"Sesuatu yang sangat langka untuk melihat game fighting yang berhasil mengeksekusi beberapa aspek dengan sangat kuat seperti Mortal Kombat 11. Segala sesuatunya mulai dari sistem pertarungan yang metodikal dan dalam ke konten cerita fantastis nan heboh hingga tutorial yang luar biasa. Hanya pada sistem progression saja yang membuatnya lemah: dimana kunci untuk membuka segudang konten kustomisasi dibatasi oleh Krypt dan Towers of Time yang menuntut grinding berlebihan dan membuat frustasi. Seri ini masih membuktikan kalau ada sistem pertarungan yang sangat dalam dibalik segudang adegan Fatality, khususnya untuk seri yang satu ini."

Cek review lengkapnya DI SINI.


Digital Trends (9/10)

"Mekanisme pertarungannya adalah yang paling mulus sejauh ini, dimana setiap pergerakan terasa responsif dan saling menyambung dari satu ke yang lainnya. Banyaknya opsi serangan serta gaya bermain membuatnya jadi pilihan ideal untuk pemain game fighting kelas atas, sementara sistem Fatal Blows memungkinkan pemain pendatang baru untuk beradaptasi dengan lebih mudah ke genre yang ada. Story mode juga memperkuat gameplay lewat cutscene menawan dan segudang mode permainan yang akan membuatmu sibuk selama beberapa minggu. Rasanya sudah aman untuk menyebut kalau seri ini tidak lagi terbayang oleh para kompetitornya dan Mortal Kombat 11 sukses berdiri sebagai hasil terbaik."

Cek review lengkapnya DI SINI.


Twinfinite (9/10)

"Baik bagi kamu yang hanya ingin mengikuti ceritanya dan sesekali bertanding melawan teman, atau berkompetisi dengan mode online yang hardcore, ada banyak hal yang seru yang bisa kamu lakukan sampai game Mortal Kombat terbaru tiba di generasi selanjutnya"

Cek review lengkapnya DI SINI.


Trusted Reviews (4/5)

"Mortal Kombat 11 sekali lagi hadir sebagai seri luar biasa dalam seri game fighting dari NetherRealm. Story mode yang ditawarkan terasa singkat, namun menawarkan segudang adegan penuh aksi dan fanservice. Meningkatnya fokus untuk konten kosmetik dan kustomisasi karakter untungnya tidak berpengaruh besar pada mekanisme pertarungannya yang luar biasa, dimana sensasinya terasa lebih ketat dan rewarding berkat serangkaian perubahan yang disukai fans."

Cek review lengkapnya DI SINI.


GameSpot (8/10)

"Mortal Kombat 11 tidak hanya sekedar sekuel untuk seri yang didedikasikan oleh para fans dan NetherRealm, ini adalah gerbang menuju dunia game fighting bagi mereka yang ingin melihat para ksatria bertarung dengan brutalnya. Mekanisme streamline yang ditawarkannya membuat aksi untuk bertarung secara brutal masih terasa menggugah tidak peduli seberapa tinggi tingkat skill yang dimiliki, dan tutorial yang komprehensif memotivasimu untuk mendalami mekanismenya lebih serius. Ada banyak roster karakter unik dengan gaya bermain yang bervariasi, dan story mode yang ditawarkan juga cukup menghibur. Konten single player yang dinamis dan progressnya memang terasa kurang memuaskan (setidaknya di awal), namun Mortal Kombat 11 setidaknya masih tepat sasaran."

Cek review lengkapnya DI SINI.

Baca ini juga :
» Sengoku Basara, dan Kenapa Franchisenya Jarang Keluar dari Jepang
» Have Fun Tanpa Batas, Inilah Kegiatan Paling Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Lumia Saga
» Tips Menentukan Hero Eclipse Isle yang Paling Cocok dengan Gaya Bermainmu
» Grafis Imut Hingga Gameplay Menantang, Inilah Alasan Kamu Harus Main Lumia Saga
» Downhill Domination, Game Balap Sepeda Gunung yang Tidak Ada Matinya
» The Warriors, dan Kenapa Game Beat'em Up Ini Sangat Fenomenal di Masanya
» ASUS ROG Zephyrus M GU502GU
» Black, dan Kenapa Gamenya Masih Jadi Seri FPS Terbaik di PS2

Berikut ini adalah statistik skor dari beberapa media lainnya:

  • CGMagazine (9,5/10)
  • PlayStation Universe (9,5/10)
  • Gaming Age (9,1/10)
  • Power Unlimited (9,1/10)
  • Wccftech (8,5/10)
  • Vgames (8,5/10)
  • Gaming Nexus (8/10)
  • GamesRadar+ (4/5)
  • Hardcore Gamer (3,5/5)

Beragam review dari media internasional memang memberikan kesan kuat kalau Mortal Kombat 11 hadir dengan kualitas yang solid, dan bahkan layak disebut sebagai salah satu seri terbaik, namun para fans sepertinya memiliki pendapat berbeda. Hal ini diindikasikan dengan sangat jelas pada bagian user review di situs seperti Metacritic misalnya, dimana Mortal Kombat 11 mendapatkan rating 2,6 dari 508 review. Sebagian besar dari keluhan fans tertuju pada implementasi microtransaction yang terlalu berlebihan dan menahan progress permainan, hingga konten cerita yang sensitif dan mengundang kontroversi (seperti ending Jax yang dinilai mengandung unsur rasis).

Jika kamu tidak peduli dengan review yang ada dan hanya ingin memainkan gamenya, Mortal Kombat 11 bisa kamu dapatkan dengan mengunduh gamenya di platform lain seperti Nintendo Switch, membeli versi fisik gamenya untuk region lain di PlayStation 4, atau membeli gamenya lewat situs seperti G2A untuk selanjutnya di redeem ke Steam.

(KotakGame)

BACA JUGA BERITA INI
close