space
BIAR NGGAK SALAH MILIH, GAMER PERLU TAHU BERBAGAI GENERASI MONITOR
-
Selasa, 25 Jun 2019
Jenis Panel (VA, TN, dan IPS)

Nah, setelah kamu mengetahui berbagai generasi monitor di atas, setidaknya pikiran kamu sudah mulai terbuka dan mengerti apa saja generasi monitor yang tersebar saat ini. Namun dalam sebuah monitor, pastinya kamu masih cukup asing dengan istilah jenis panel seperti VA, TN dan IPS yang umumnya dipilih oleh para gamer? Nah, kru KotGa juga akan jelaskan pada artikel ini!

1. IPS (In-Plane Switching)

IPS (In-Plane Switching) mungkin adalah monitor favoritnya para gamer yang tidak terlalu hardcore. Maksudnya bagi mereka yang ingin memainkan game dengan performa yang maksimal namun tetap ingin menggunakannya untuk aktivitas lain seperti menonton film ataupun editing foto dan video.

Pasalnya, panel IPS menawarkan sanggup menghasilkan warna yang jauh lebih baik dibanding panel bertipe VA maupun TN. Dengan sudut pandang yang sangat luas hingga 178 derajat. Namun sebagai kekurangannya, panel IPS biasanya memiliki kecepatan refresh rate hingga response times yang lebih rendah.

2. VA (Vertical Alignment)

VA (Vertical Alignment) bisa dibilang adalah panel dengan spesifikasi ditengah-tengah IPS dan juga TN. Memiliki sudut pandang dan reproduksi warna yang bagus, tapi tidak sebagus IPS dengan response time yang kencang, tapi tidak sekencang TN. Kelebihan monitor VA pada bagian contrast ratio yang sangat baik yang mampu menghasilkan warna hitam sesungguhnya.

3. TN (Twisted Nematic)

TN (Twisted Nematic) merupakan panel yang paling sering digunakan pada monitor gaming. Alasannya karena memang panel TN tidak punya kemampuan yang terlalu menonjol dalam hal akurasi warna atau contrast ratio, tetapi memiliki response time dan juga refresh rate yang sangat tinggi. Hal tersebut berguna untuk menurunkan efek ghosting atau bayangan gambar yang mengganggu kenyamanan bermain game. Tapi seperti yang kru KotGa bilang sebelumnya, banyak kelebihan yang dimilikinya seperti sudut pandang, akurasi warna, hingga contrast ratio yang dimiliki tidak begitu bagus jika dibandingkan dengan panel VA ataupun TN.

Jenis/Model Layar (Flat, Curved, Ultra Wide)

1. Flat

Selain teknologi dan juga jenis panel yang digunakannya, monitor juga memiliki berbagai jenis/model layar yang digunakannya. Model paling umum saat ini yang memiliki bentuk flat alias lurus dengan aspect ratio 16:9 yang banyak beredar sekarang. Tidak ada kelebihannya, karena memang monitor flat ini sudah sangatlah umum dan cocok untuk digunakan di segala kebutuhan.

2. Curved

Ya, layar lengkung memang sangat ini sedang populer-populernya dikalangan para gamer. Layar lengkung sendiri menawarkan pengalaman gaming yang imersif karena menawarkan viewing angle yang sangat nyaman untuk mata tanpa perlu bergerak terlalu jauh dan juga tingkat distorsi yang lebih rendah dan perubahan warna yang sangat smooth.

3. Ultrawide

Selain monitor dengan model layar lengkung, terdapat juga monitor dengan model ultrawide. Biasanya monitor layar lebar menawarkan aspect ratio 32:9. Monitor lebar memiliki kegunaan untuk multitasking dimana kamu bisa melakukan live stream bermain game sambil memantau komentar dan chat misalnya. Ditambah lagi saat ini, sudah banyak game juga yang mendukung aspect ratio untuk monitor super lebar. Monitor super lebar + layar lengkung, bakal benar-benar memanjakan pengalaman bermain para gamer.

Baca ini juga :
» Review Cooler Master GM27-FFS
» BenQ ZOWIE XL2566K
» Monitor Gaming Imersif? Kita Test Beneran Apa Ngga! Review BenQ EX3210U
» BenQ MOBIUZ EX3415R Ultrawide Curved Gaming
» BenQ Mobiuz EX2701S
» Biar Gaming Lancar, Inilah 10 Software yang Wajib Para Gamer PC Install!
» Review Monitor ASUS TUF VG27AQL1A
» Biar Gak Kentang Banget, Inilah 7 Tips Untuk Meningkatkan Performa PC Kamu!
TUF GAMING VG27AQ, IPS gaming monitor berukuran 27 inci dari ASUS dengan resolusi 2K ini memiliki fitur unggulan berupa HDR, refresh rate hingga 155 Hz, response time 1ms, lengkap dengan G-Sync dan Free-Sync. Detailnya bisa kamu ketahui DI SINI.

Nah, itulah berbagai teknologi, jenis panel, dan model layar yang mesti kamu ketahui sebelum memilih monitor. Setidaknya saat ini kamu sudah paham betul dasar-dasar mengenai jenis monitor. Tentu saja, semuanya bisa disesuaikan dengan kantong dan kebutuhan kamu ya.

(KotakGame)

BACA JUGA BERITA INI
close