space
7 PROMOSI PENJUALAN KONSOL DAN GAME PALING ANEH DI DUNIA
-
Selasa, 31 Dec 2019
4. Aplikasi sewa pembunuh bayaran untuk promosi game Hitman


Sumber: Rockpapershotgun

Square Enix pada tahun 2009 mengakuisisi Eidos sebagai pembuat game aksi terkenal, Hitman. Square Enix pun banyak membawa ide segar untuk game ini serta dalam hal promosi. Merekapun berencana menggunakan media sosial untuk memasarkan game tersebut.

Sebuah aplikasi atau software pun dibuat untuk membantu promosi game Hitman. Software ini adalah simulasi untuk menyewa pembunuh bayaran alias Hitman untuk melakukan pembunuhan terhadap teman sosial media orang yang menggunakannya. Setelah diluncurkan, meski hanya untuk bermain-main, software ini dinilai negatif oleh para netizen dan segera ditarik dari peredaran.

Baca ini juga :
» Rekomendasi Build Baizhu di Genshin Impact versi 3.6
» Gak Nyangka Demen Ngegame! 7 Game Favorit Raditya Dika!
» Indopride! Ini Dia 7 Game Yang Berhasil Membanggakan Indonesia!
» Tahun 2023 Penuh Game Keren! Ini Dia List Game Yang Dinantikan Rilisnya di Tahun Ini!
» Awal Tahun 2023 di Rumah Tapi Bingung Mau Ngapain Aja? Saatnya Mainkan 7 Game Ini!
» Rekomendasi Build Nahida di Genshin Impact versi 3.2
» Sambut Sumpah Pemuda, Inilah Game Pemersatu Bangsa Indonesia!
» Rekomendasi Build Collei di Genshin Impact versi 3.0!
5. Iklan di batu nisan kuburan untuk game Shadow Man 2


Sumber: Whatculture

Game Shadow Man pada versi pertama adalah game petualangan yang cukup seru, hanya saja pada sekuel ke dua, game ini tampak kurang memiliki perbedaan dibanding versi pertamanya, karena itu perusahaan perlu membangun hype.

Acclaim, selaku perusahaan pembuat pun melakukan pengumuman untuk membayar siapapun yang mau memasang iklan di batu nisan dari kuburan orang tersayang mereka. Hal, ini sesuai dengan tema game Shadow Man 2 yang bertema tentang akhirat dan kematian. Namun, justru penjualan game mengalami kontroversi karena kualitas game yang dianggap menurun. Sementara pengumuman iklan tersebut nyatanya hanyalah lelucon untuk membangun hype.

6. Iklan rasis dari PSP


Sumber: CNN

Kita tentu bahwa Sony adalah salah satu perusahaan game yang cukup di hormati selama beberapa dekade. Tapi, hal itu bukan berarti Sony tak pernah melakukan sesuatu yang kontroversial dan memancing kemarahan. Hal ini dimulai saat penjualan Nintendo DS begitu menggeliat dibanding konsol handheld buatan Sony, PSP.

Saat itu, PSP akan mengeluarkan versi warna putih, merekapun butuh iklan yang cukup menunjukkan bahwa variasi tersebut sangat gahar dan keren. Muncullah iklan reklame untuk pasar Belanda, di mana terlihat seorang wanita dengan tubuh dan pakaian warna putih mencengkeram pria berkulit hitam serta pakaian serba hitam. Namun, hal ini pun ditanggapi sebagai kampanye rasis yang menyangkut tentang isu serius mengenai ras kulit putih dan hitam. Setelah menjadi kontroversi, iklan tersebut pun segera ditarik dari peredaran.

7. Memberi nama bayi yang baru lahir dengan nama game Turok: Evolution


Sumber: Nintendo

Lagi-lagi perusahaan Acclaim menjadi biang keladi terjadinya promosi aneh dan kontroversial untuk produk game mereka. Kali ini mereka melakukan promosi iklan dengan menawarkan 100 juta Rupiah untuk setiap orang tua yang mau menamai bayi mereka yang baru lahir dengan nama Turok.

Saat itu pada tahun 2002, Acclaim memang tengah mempromosikan Turok: Evolution untuk konsol baru setelah sukses di konsol Nintendo 64. Namun, tentu saja tak ada orang tua yang cukup gila pada saat itu untuk menerima tawaran tersebut.

Itulah 7 promosi penjualan game dan konsol paling aneh di dunia. Promosi dengan cara yang unik memang menjadi strategi yang baik, khususnya di era milenial sekarang ini. Namun, jika promosi tersebut menjadi berlebihan, pada akhirnya akan menjadi kontroversial dan membuat nama baik produk tersebut menjadi kurang baik.

KotakGame

BACA JUGA BERITA INI
close