space
LEGEND OF MANA REMASTERED
Switch
Rabu, 07 Jul 2021

Fitur Baru




Seperti kebanyakan game remaster pada umumnya, Legend of Mana Remastered menghadirkan berbagai fitur baru. Salah satunya yang jelas adalah peningkatan kualitas grafis. Ada dua mode resolusi yang ditampilkan di versi Remastered, yaitu 1080p dan 4K. Memang dari segi grafis tidak banyak berubah (berbeda jika pemain membandingkannya dengan Final Fantasy VII Remake, yang mengalami perombakan grafis dan visual). Visual tetap terlihat indah dan cantik, apalagi mengingat lanskap di dalam game banyak terdapat unsur-unsur alam.

Baca ini juga :
» Review Final Fantasy VII Rebirth - Masterpiece JRPG Kembali, Nostalgia Pertemanan Cloud & Sephiroth
» Star Ocean: The Second Story r Review
» EA Sports FC 24
» Final Fantasy XVI
» Bisa Minum Lewat Headset hingga Cukuran RGB, Deretan Joke Brand Gaming di April Mop!
» Resesi Is Real? Game-Game Besar ini Harus Tutup di Tahun 2023!
» Forspoken
» Tahun 2023 Penuh Game Keren! Ini Dia List Game Yang Dinantikan Rilisnya di Tahun Ini!



Selain visual atau grafis, Legend of Mana Remastered menambahkan fitur Music Mode. Melalui fitur ini, pemain dapat mendengarkan musik-musik khas Legend of Mana yang digubah oleh Yoko Shimomura. Beliau merupakan komposer terkenal, yang seringkali menggarap musik untuk game-game JRPG seperti Kingdom Hearts, Final Fantasy XV, Radiant Historia, hingga Xenoblade. Menariknya dari Music Mode adalah pemain juga dapat memilih dari dua jenis musik yang ditawarkan, yaitu versi orisinal dan versi aransemen ulang.




Kemudian fitur baru lainnya yang disuntikkan ke dalam versi Remastered adalah Quick Save. Sesuai dengan namanya, pemain tidak perlu khawatir apabila belum menyimpan progress dari game. Pasalnya, versi Remastered telah menyuguhkan Autosave di setiap progress permainan. Akan tetapi, mengingat plot dan karakter yang dipilih menentukan plot yang berbeda, fitur save manual juga tetap ada di sini. Selama berada di dungeon, pemain tetap bisa menyimpan progress permainan di mana saja dan kapan saja. Sehingga tidak perlu kerepotan mencari save point.




Agar pemain tidak ingin diganggu musuh di sepanjang dungeon, Legend of Mana Remastered menghadirkan fitur Encounters. Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan pemain untuk memilih opsi mode dalam melawan musuh. Pemain dapat menonaktifkan Encounters, apabila merasa risih dengan kehadiran musuh. Fitur ini cocok untuk pemain yang hanya ingin menikmati jalan cerita Legend of Mana dan mempercepat progress permainan.

Kesimpulan

Legend of Mana menjadi salah satu game layak dimainkan untuk pemain yang ingin membangkitkan nostalgia akan JRPG old school. Visual tidak berubah, begitupun juga dengan plot dan gameplay klasik. Eksistensinya masih abadi, dengan peningkatan grafis yang menjadikan visual lanskap dan environment Legend of Mana Remastered tampak lebih indah, mendetail, dan cantik.




Tidak sedikit pemain yang mengharapkan adanya perubahan mayor dari versi Remastered ini. Namun menurut kami, perubahan yang ditampilkan hanyalah bersifat minor. Seperti dari segi combat, kami tidak menemukan perubahan mencolok. Baik mekanisme dan tingkat kesulitan saat battle juga sama dengan versi orisinalnya. Meskipun demikian, Legend of Mana Remastered patut diacungi jempol, karena masih mempertahankan nilai-nilai positifnya seperti plot, karakter, dan tentunya sistem Land Make.

Kesimpulan Review: Legend of Mana Remastered

82KotakGame.com RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Penuh nostalgia
  • Grafis dan visual lebih mendetail
  • Fitur Land Make yang unik
  • Soundtrack keren
  • Adanya fitur Quick Save yang memudahkan
  • (-) KEKURANGAN
  • Perubahan terlalu minor
  • Combat tetap sama dan tidak ada inovasi
  • AI tidak diperbarui

BACA JUGA BERITA INI
close