space
KOMINFO BANTAH SOAL CLAIM ELA ELO SEBAGAI PENGGANTI X DIBIKIN OLEH PEMERINTAH!
Pop
Rabu, 19 Jun 2024

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) secara tegas membantah klaim bahwa Elaelo, platform yang disebut-sebut sebagai pengganti X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter), adalah milik pemerintah. Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan.

"Pastinya bukan," tegas Semuel mengutip dari detikNET.

Elaelo, yang menggunakan nama domain .id, juga ditelusuri oleh detikINET melalui Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi). Sebagai informasi, Pandi adalah lembaga yang bertanggung jawab sebagai registri untuk domain tingkat atas Indonesia (.id) serta domain tingkat dua di bawahnya.

Ketua Pandi, John Sihar Simanjuntak, menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan pengecekan terhadap pendaftar domain elaelo.id. Dari hasil pengecekan tersebut, dipastikan bahwa domain tersebut bukan milik Kementerian Kominfo.

Baca ini juga :
» Kebijakan Baru X, Akun yang Kamu Blokir Masih Bisa Liat Postingan Kamu!
» Tesla Pindahkan Bitcoin Senilai Rp11,8 Triliun Ke Dompet Anonim, Saatnya Bye Bitcoin?
» Terindikasi Judol, Kominfo Beri Peringatan Keras Ke GoPay, OVO dan 3 E-wallet Lainnya!
» Republic of Gamers Hadirkan ROG Ally Holiday Deals, Tambah Keseruan Akhir Tahun Bagi Para Gamers
» Kominfo Kembali Ancam Buat Blokir X (Twitter) Kalau Ga Kunjung Punya Kantor di Indonesia!
» Elon Musk Berencana Gratiskan Starlink Ke Seluruh Dunia, Kominfo: Perlu Evaluasi!
» Pasien Ke-dua Neuralink Bisa Main Counter Strike 2 Dengan Bantuan Chip di Dalam Otak!
» Handheld Gaming paling SIGMA 2024! Review ROG Ally X

"Saya sudah cek registrant (pendaftar)-nya, dan bisa dipastikan bukan Kominfo dan registrasi dilakukan melalui registrar Qwords, namun identitas registrant tidak bisa saya disclose ya, mohon maaf," jelas John.

Elaelo sempat mengalami gangguan dan tidak bisa diakses. Namun, platform ini kini telah aktif kembali. Sebelumnya, masyarakat Indonesia sempat dihebohkan oleh kehadiran Elaelo ID yang mengklaim dirinya sebagai media sosial pengganti X/Twitter. Sejumlah netizen berperan besar dalam memviralkan platform ini melalui berbagai media sosial.

Pada Senin, 17 Juni, Elaelo terkena suspend dan malam harinya platform ini sudah tidak bisa diakses lagi. Namun, pada Selasa, 18 Juni 2024, Elaelo kembali beroperasi.

Berdasarkan pantauan pagi ini jam 10:15 WIB 19 Juni 2024 saat mengakses elaelo.id, muncul layar hitam dengan logo Garuda Pancasila. Di bawahnya terdapat tulisan "Under Construction by Kominfo" beserta timer countdown yang menunjukkan waktu tersisa 7 jam. Selain itu, terdapat pesan yang berbunyi: "Ela Elo Is Coming, Big Features Will Be Ready," dengan tambahan tulisan "Iron Dome #Hmei".

Pesan tersebut mengindikasikan bahwa Elaelo sedang dalam proses pengembangan lebih lanjut, menjanjikan fitur-fitur besar yang akan segera siap digunakan oleh pengguna.



Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close