space
ROG STRIX SCAR 18 (G834JYR), LAPTOP GAMING PALING POWERFUL DI TAHUN 2024
PC
Rabu, 17 Jul 2024

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Laptop biasanya diasosiasikan sebagai komputer pribadi (PC) yang tampil dengan performa standar dan lebih mengedepankan mobilitas. Namun tahukah Anda kalau ada beberapa laptop yang justru dirancang dengan mengedepankan performa? Laptop yang biasanya juga disebut sebagai desktop replacement ini mampu menghasilkan performa setara dengan PC desktop kelas atas.

Salah satu dari laptop super powerful tersebut adalah ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) yang juga merupakan laptop paling powerful yang bisa didapatkan di Indonesia saat ini. Selain dibekali dengan hardware paling powerful di kelasnya, ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) juga hadir dengan serangkaian fitur eksklusif untuk meningkatkan pengalaman bermain game serta melakukan berbagai tugas komputasi berat.


Layar Besar dengan Teknologi Eksklusif

Salah satu perbedaan paling mencolok dari ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) adalah layarnya yang besar. Laptop gaming ini memang mengusung layar 18-inci, paling besar di antara laptop gaming ROG yang pernah ada. Layar besar tersebut membuat pengalaman bermain game menjadi lebih immersive layaknya bermain menggunakan PC desktop yang monitornya juga berukuran besar.

Layar ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) juga bukan layar "kaleng-kaleng". Layar tersebut sudah menggunakan teknologi ROG Nebula HDR yang menggunakan Mini LED sebagai panel layarnya. Berbeda dengan layar laptop gaming pada umumnya, panel Mini LED menawarkan rasio kontras dan tingkat kecerahan yang jauh lebih baik. Tidak hanya itu, panel Minbi LED juga membuat laptop gaming ini mendapatkan sertifikasi HDR.

Teknologi layar ROG Nebula HDR juga memastikan kualitas visual yang ditampilkan di ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) merupakan yang terbaik. Berkat standarisasi yang tinggi, mulai dari tingkat reproduksi warna yang kaya dan akurat dengan color gamut 100% DCI-P3 dan sertifikasi PANTONE Validated Display, memiliki tingkat kecerahan tinggi hingga 1100 nits, serta memiliki rasio kontras hingga 500.000:1.

Tidak hanya itu, layar ROG Nebula HDR juga dirancang sebagai layar paling ideal untuk gaming. Untuk itulah layar ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) sendiri dibekali dengan panel beresolusi QHD, memiliki refresh rate 240Hz, dan response time 3ms. Layar tersebut juga dibekali teknologi NVIDIA G-Sync untuk mengeliminasi efek tearing dan stuttering saat bermain game.

Singkatnya, ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) memiliki layar berukuran besar, beresolusi tinggi, dengan tingkat reproduksi warna kelas profesional, namun tetap kencang dan sangat ideal untuk gaming. Jarang sekali laptop yang memiliki spesifikasi layar seperti yang ditawarkan oleh ROG Strix SCAR 18 (G834JYR).


Sistem Pendingin dengan Teknologi Eksklusif

ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) merupakan laptop kelas atas yang tentu saja dibekali dengan berbagai fitur dan teknologi eksklusif. Selain ROG Nebula HDR, laptop gaming ini juga dibekali dengan sistem pendingin dengan teknologi eksklusif bernama ROG Intelligent Cooling.

ROG Intelligent Cooling hadir dengan berbagai fitur, mulai dari kipas dan heatsink yang didesain khusus untuk memaksimalkan proses pelepasan panas tanpa harus bergantung banyak pada tingkat aliran udara, hingga desain sistem pendingin yang dihadirkan secara khusus untuk ROG Strix SCAR 18 (G834JYR).

Berbicara mengenai desain sistem pendingin, ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) mengadopsi sistem pendingin Tri Fan, atau menggunakan tiga kipas untuk mendinginkan seluruh komponen penting di dalam laptop ini. Keberadaan tiga kipas tersebut sangat krusial bagi laptop gaming ini, karena berpengaruh langsung pada performa yang dihasilkan. Tiga kipas tersebut memastikan ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) dapat memiliki sustain boost performance yang lebih panjang sehingga laptop gaming ini dapat berjalan lebih kencang dari kompetitornya.

Selain dibekali tiga kipas, sistem pendingin di ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) juga menggunakan thermal compound khusus. Jika laptop gaming pada umumnya masih menggunakan thermal compound berbahan silikon, ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) menggunakan liquid metal. Berbeda dengan thermal compound berbahan silikon, liquid metal memiliki tingkat konduktivitas yang jauh lebih baik sehingga panas bisa dihantarkan secara lebih baik dari hardware ke sistem pendingin. Pada akhirnya, penggunaan liquid metal membantu pelepasan panas di ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) semakin efisien.

Mengapa tidak semua laptop gaming menggunakan liquid metal? Jawabannya adalah karena pengaplikasiannya tidak mudah. ROG sendiri memiliki mesin khusus yang telah dipatenkan untuk mengaplikasikan liquid metal secara otomatis tanpa bantuan tangan manusia. Bagian yang diaplikasikan liquid metal juga dikelilingi oleh bracket khusus sehingga thermal compound tersebut tidak bocor dan menyentuh komponen lainnya.

Tidak sampai di situ, ROG menggunakan liquid metal dari Thermal Grizzly, yaitu Condectonaut Extreme yang telah dikenal sebagai liquid metal terbaik di antara para overclocker. Kombinasi semua fitur tersebut, membuat sistem pendingin di ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) dapat bekerja secara lebih efisien, memiliki performa pendinginan lebih baik, dan tingkat kebisingan yang lebih rendah.

Baca ini juga :
» Ramaikan Market Gaming Handheld! Acer Umumkan Nitro Blaze 7! Ada Ryzen AI-nya!
» Performa PS5 Pro Bakal Setara Radeon RX 7700XT! Ray Tracing Lebih Ngebut!
» Desain PS5 Pro Bocor Di Internet, Rumornya Bakal Diumumin September 2024!
» Laptop Gaming Kenceng Tapi Enteng, Kok Bisa? Review MSI Thin A15
» Handheld Gaming paling SIGMA 2024! Review ROG Ally X
» Realme Note 60 Siap Meluncur, Hadir dengan Teknologi ArmorShell Protection untuk Tahan Banting
» Populer di Pasaran! Next-Level Gaming ROG & TUF Sudah Hadir di Indonesia
» Layanan Internet Elon Musk Starlink Banting Harga Lagi! Sekarang Jadi 3,9 Juta

Spesifikasi Paling Tinggi dan Performa Terbaik

ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) merupakan laptop gaming "mentok kanan", atau hadir dengan spesifikasi paling tinggi. Dimulai dari CPU, laptop gaming ini dibekali Intel Core i9-14900HX yang merupakan CPU laptop paling powerful dari Intel saat ini. CPU tersebut memiliki 24 core (8 P-core dan 16 E-core) dengan total 32 thread. Tidak hanya itu, CPU ini juga bisa berjalan di frekuensi hingga 5,8GHz.

Selain CPU yang paling powerful, ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) juga ditenagai oleh GPU yang tidak kalah kencang yaitu NVIDIA GeForce RTX 4090. GPU laptop paling kencang tersebut tidak hanya dibekali 16GB VRAM, tetapi juga mendukung berbagai teknologi grafis modern mulai dari DLSS 3.0 hingga RTX Real-Time Ray-Tracing. GPU ini juga merupakan tulang belakang performa grafis di ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) dan mampu menghasilkan kinerja kencang untuk semua aktivitas, mulai dari gaming, content creation, hingga eksperimen dengan AI.

ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) juga telah dibekali dengan memori DDR5 berkapasitas 32GB. Tentu saja kapasitasnya masih bisa di-upgrade hingga 64GB jika penggunanya membutuhkan lebih banyak memori. Selain itu, laptop gaming ini juga telah dibekali dnegan NVMe PCIe 4.0 SSD berkapasitas 2TB untuk menampung semua aplikasi dan game. Sekali lagi tentu saja penyimpanan di laptop ini masih bisa di-upgrade karena masih tersedia slot M.2 NVMe PCIe SSD kosong yang siap digunakan.

Berikut adalah hasil pengujian menggunakan berbagai aplikasi benchmark sintesis:


Bagaimana dengan performa gaming-nya? Dengan spesifikasi dan fitur yang ditawarkan, ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) tentu saja dapat melibas semua game dengan setting paling tinggi di resolusi native-nya yaitu QHD. Bahkan saat diuji di 10 game populer menggunakan pengaturan grafis "High" di resolusi native-nya, tidak ada game yang berjalan dengan rata-rata framerate di bawah 100fps. Pengguna laptop gaming ini memang telah dijamin dapat memainkan semua game dengan kualitas grafis terbaik tanpa masalah.


Laptop Gaming dengan Performa Sempurna

ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) merupakan laptop gaming dengan performa yang sempurna. Laptop gaming ini sama sekali tidak memiliki celah performa sedikitpun dari segi performa, baik itu gaming, content creation, hingga pemrosesan AI. Laptop gaming ini benar-benar dirancang khusus untuk mereka yang mencari performa terbaik dari sebuah laptop.


Main Spec. ROG Strix SCAR 18 (G834JYR)
CPU Intel® Core™ i9 Processor 14900HX 2.2 GHz (36MB Cache, up to 5.8 GHz, 24 cores, 32 Threads)
Operating System Windows 11 Home
Memory 32GB DDR5 5600MHz
Storage 2TB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 Performance SSD
Display 18-inch, QHD+ 16:10 (2560 x 1600), Mini LED, 240Hz, 3ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, IPS -Level, 1.100nits, ROG Nebula HDR, G-Sync, MUX Switch supported
Graphics NVIDIA® GeForce RTX™ 4090 Laptop GPU
Input/Output 1x 2.5G LAN port, 1x Thunderbolt™ 4 support DisplayPort™ / G-SYNC, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ / power delivery / G-SYNC, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x HDMI 2.1 FRL, 1x 3.5mm Combo Audio Jack
Connectivity Wi-Fi 6E(802.11ax) (Triple band) 2*2 + Bluetooth® 5.2
Camera 720p HD Camera
Audio AI noise-canceling technology, Dolby Atmos, Hi-Res certification, Smart Amp Technology, Support Microsoft Cortana near field/Far field
Battery 90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 39.9 x 29.4 x 2.31 ~ 3.08 cm
Weight 3.1 Kg
Color Off Black
Price Rp79.999.000
Warranty 2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS Perfect Warranty




Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close