space
PREVIEW SWORD ART ONLINE FRACTURED DAYDREAM - RUSUH TAPI FUN, PARTY 20 ORANG RAID 1 BOSS!
Switch
Kamis, 26 Sep 2024

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Pas main ke booth Bandai Namco Entertainment di TGS 2024, KotakGame berkesempatan buat cobain salah satu game mereka yang akan rilis sebentar lagi yaitu SWORD ART ONLINE Fractured Daydream, game action RPG yang mengedepankan fitur co-op dari anime ternama Sword Art Online. Pada demo ini, kami hanya diberikan kesempatan untuk mainin 1 battle melawan boss naga tengkorak raksasa. Walaupun cuma 1 battle, kami main sama 19 orang lainnya, ya 20 orang lawan 1 boss!

Baca ini juga :
» Interview Producer Dragon Ball: Sparking! Zero - Ingin Membuat Pemain Merasakan Jadi Karakter Dragon Ball!
» Final Preview DRAGON BALL: Sparking! Zero - Memuaskan Inner Child Pecinta DRAGON BALL
» Akhirnya Rockstar Perbaharui Sistem Anti-cheat GTA V Pakai BattleEye!
» Kembalinya Kejayaan Seri Breaker, Semakin Bebas Rakit Gunpla Impianmu - Review GUNDAM BREAKER 4
» Wawancara Producer Gundam Breaker 4, Masanori Tanaka, Diorama Mode Akan Jadi Mode Paling Dinanti!
» Ada Indikasi Dukungan Transaksi Jud0l, 42 Platform Pembayaran Terancam Diblokir Kominfo
» Heavenly Sword Online Segera Hadir di Indonesia! Closed Beta Kedua Siap Dimulai
» Sebanyak 19 Ribu Website Pemerintah Disusupi Judi Online, Kominfo: "Tanggung Jawab Masing-Masing!"
Meskipun sudah ada banyak game Sword Art Online yang ga kalah kerennya sebelum ini, namun, kami merasakan esensi sebenarnya dari SAO di SWORD ART ONLINE Fractured Daydream. Meskpun cuma 1 battle, kami sudah melihat banyak fitur dari anime-nya yang dimasukan secara flawless disini seperti fitur Switch dan fitur last-hit ke boss.

Awal permainan dimulai dari sebuah lobi dimana banyak fitur yang belum bisa diakses disini, kami hanya bisa membuka menu lobi utama dan player card yang sayangnya semua masih dalam bahasa Jepang. Kami diminta langsung melakukan matching karena hanya ada 1 stage yang bisa dipilih.

Ketika selesai matching, kita akan langsung masuk ke pemilihan karakter, sejauh ini terdapat 6 class pada game ini, Fighters yang berisi karakter dengan stat seimbang seperti Kirito, Asuna, dan Klein, Tank yang bisa menahan serangan boss seperti Agil, dan Alice, Rogue seperti LLENN dan Argo yang cepat, Mage seperti Oberon yang memiliki banyak skill untuk mengganggu musuh, Ranger yang bisa menyerang dari jauh seperti Sinon dan Fukaziroh, Serta Support yang punya skill heal serta buff seperti Leafa.

Kalian cuma bisa pilih karakter yang belum dipilih oleh teman satu party kalian, ya, meskipun raid party-nya terdiri dari 20 orang, namun akan dipecah menjadi 5 party kecil yang berisi 4 orang setiap party, jadi mungkin karakter yang kalian pilih masih bisa sama dengan pemain dari party lain. Sayangnya, kita tidak bisa membatalkan pilihan karakter, setidaknya saat demo ini. Setelah memilih karakter, kita akan masuk ke menu kustomisasi untuk merubah skin seperti senjata, baju, bahkan aksesoris. Pemilihan karakter + skin ini dibatasi waktunya untuk menjaga pengalaman bermain semua orang.

Langsung ke battle, kami disini memakai Fukaziroh sebagai Ranger. Kontrol yang dipakai oleh Ranger berbeda dengan kontrol default. Contohnya class lain seperti Fighter dan Tank menyerang dengan tombol kotak dan segitiga, sementara Ranger menyerang dengan R2, dan segitiga dipakai untuk melee. Untuk tombol kotak sendiri digunakan untuk reload. Sayangnya, dengan menggunakan Ranger, khususnya Fukaziroh, akses kombo kami terbatas.

Ranger dengan HP-nya yang tipis harus menjaga jarak terlebih karena Ranger tidak bisa melakukan blok karena tombol blok (R2) dipakai untuk menyerang. Fukaziroh dengan grenade launcher-nya juga merupakan karakter yang tidak mudah dimainkan mengingat jarak serang yang tidak begitu jauh dan berbentuk melengkung sehingga jika tidak terbiasa akan ada banyak serangan yang tidak kena (setidaknya dalam kasus kami). Namun Ranger juga memiliki kelebihan selain menyerang dari jauh, Ranger bisa mengganti elemen peluru untuk disesuaikan dengan musuh yang dilawan, kami belum mengkonfirmasi hal ini apakah hanya untuk Fukarizoh atau semua Ranger karena belum mencoba karakter lain.

Selanjutnya dari segi skill, setiap karakter memiliki 4 skill + 1 ultimate, namun semuanya akan terbuka seiring berjalanannya battle. Ketika awal bermain kita hanya memiliki 2 skill, dari Fukaziroh sendiri adalah skill menembak lurus dan skill untuk mengisi HP secara instant (yang hanya bisa dipakai 3x). Selain itu, stat kita khususnya attack dan max HP bisa bertambah karena akan ada drop dari boss yag bisa diambil setelah drop dari kondisi tertentu. Kerja sama juga merupakan hal yang penting disini khususnya ketika salah satu karakter ada yang kehabisan HP, maka karakter lain harus membantunya bangkit lagi sebelum waktu habis.

Pertarungan melawan boss juga terdiri dari beberapa fase, dan ketika masuk kita bisa melihat barisan HP boss ala-ala SAO. Setiap kehabisan beberapa persen HP, maka boss akan berganti fase atau melakukan serangan ultimate, atau memanggil mob. Satu lagi hal yang diambil dari SAO, highlight dari player yang melakuan last attack, pada kesempatan ini kebetulan kami yang mendapatkannya. Kembali lagi karena hanya bermain 1x, kami tidak bisa membandingkan hadiah antara medapatkan last attack dan ketika tidak. Selain itu semua karakter juga akan mendapatkan ranking dan akan ada MVP yang berisi dari 1 party.

Preview berakhir dengan halaman hadiah dimana kita akan mendapatkan material dan senjata, senjata yang didapatkan juga tidak eksklusif dari karakter yang kita pakai, contohnya kami mendapatkan dagger untuk Silica ketika memakai Fukaziroh.

Tidak banyak yang kami bisa bahas karena kembali lagi hanya bermain 1 game. Namun, kami rasa pertarungan 20 orang dalam waktu yang bersamaan benar-benar sangat seru, melihat skill dan karakter berterbangan juga terasa sangat keren! Kami masih menunggu bagaimana pengalaman bermain solo atau story mode dari game ini untuk memberikan penilaian lebih akurat, namun dari 20 menit permainan yang kami rasakan, kami rasa akan ada banyak orang yang memberikan penilaian positif untuk game ini ketika rilis nanti selama tidak ada hal diluar gameplay yang terjadi (ehm, micro-transaction berlebihan contohnya).

SWORD ART ONLINE Fractured Daydream akan hadir untuk PS5, Xbox S|X, Nintendo Switch, dan PC Via Steam pada 4 Oktober 2024.

TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close