space
DEFINISI JOMBLO LEBIH ASIK, 53% DARI 9.000 GAMERS LEBIH SUKA MAIN SINGLE PLAYER DIBANDINGKAN CO-OP
xboxone
Minggu, 06 Oct 2024

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Menurut laporan dari Midia Research yang dilakukan pada tahun 2023 hingga 2024, sekitar 53% dari 9000 gamers dari berbagai negara dan rentang usia lebih prefer untuk bermain game single player ketimbangan game live service yang bersifat online maupun co-op.


Source: Midia Research

Di kalangan gamer berusia di atas 25 tahun, single-player menjadi pilihan utama. Bahkan, 74% dari mereka yang berusia di atas 55 tahun lebih memilih petualangan solo dibandingkan bermain dengan orang lain secara online. Sebaliknya, hanya 30% dari pemain di bawah usia 19 tahun yang lebih memilih bermain sendiri, menunjukkan bahwa gamer muda lebih tertarik pada pengalaman multiplayer.

Fakta menarik lainnya adalah 58% pemain game mobile ternyata juga lebih suka bermain game single-player, meskipun banyak game di platform mobile yang menawarkan fitur multiplayer dan koneksi sosial.


Source: Elden Ring

Belakangan ini game singel player memang sedang naik daun dengan berbagai kesuksesan yang telah didapatkan. Sebut saja Elden Ring yang dinobatkan sebagai Game of the Year tahun 2022 lalu atau yang baru-baru ini Black Myth Wukong yang sukses meraih banyak pemain walaupun lahir dari developer baru.


Source: Concord

Sementara itu hal ini berbanding terbalik dengan game-game bertipe live service yang justru sedang mengalami kemunduran. Seperti yang kita ketahui baru-baru ini game besutan Sony yaitu Concord terpaksa harus tutup bahkan kurang dari 1 bulan setelah perilisannya, atau Suicide Squad: Kill The Justice League yang tak kunjung mendapatkan pemain setelah merilis Season ke-3 nya.

Baca ini juga :
» Masih Dapat Update, Sony Dirumorkan Coba Buat Selamatin Concord! Ada Kemungkinan Jadi Free To Play!
» Buff Untuk Para Pegawai, FromSoftware Tingkatkan Gaji Karyawan
» Diprediksi Jadi Barang Langka, Game Fisik Concord PS5 Dijual Dengan Harga Fantastis!
» Baru Berjalan Dua Minggu, Concord Akan Tutup Usia
» Game Terbaru Sony “Concord” Menurut Laporan Hanya Terjual 25000 Copy!
» Black Myth: Wukong Pecahkan Banyak Rekor Dalam Dua Hari!
» Adaptasi Manga Elden Ring, Wholesome Dan Asik Bawakan Suasana Baru
» George RR Martin, Salah Satu Penulis Game Elden Ring Bocorin Bakal Ada Adaptasi Film Elden Ring

Gagal nya game live service yang gagal belakangan ini juga disebabkan karena beberapa faktor, seperti perihal harga, gameplay dan mechanics yang biasa saja sampai ke masalah mikro transaksi pada beberapa game yang tidak seimbang.

TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close