space
UJI COBA 6G BERHASIL! INTERNET 50 KALI LEBIH CEPAT DARI 5G, BIKIN SHOCK!
PC
1 Hari yang lalu

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Para ilmuwan dari University College London (UCL), Inggris, baru-baru ini melakukan uji coba teknologi jaringan seluler generasi berikutnya, yaitu 6G, yang diproyeksikan menjadi penerus 5G. Dalam uji coba tersebut, mereka berhasil membuktikan bahwa teknologi 6G mampu mencapai kecepatan unduh hingga 938 gigabit per detik (Gbps). Kecepatan ini hampir 50 kali lipat lebih cepat dari kecepatan 5G, yang mencapai sekitar 20 Gbps, dan bahkan hampir 5.000 kali lipat lebih cepat dibandingkan kecepatan unduh 5G pada ponsel saat ini, yang berkisar di 200 Mbps.

Jika dikonversi, kecepatan 938 Gbps setara dengan 117,25 GB per detik. Artinya, pengguna bisa mengunduh file sebesar 100 GB hanya dalam satu detik. UCL, yang dipimpin oleh Profesor Zhixin Liu, berhasil mencapai kecepatan ini dengan memanfaatkan frekuensi gabungan pada spektrum 5-150 GHz.

Dalam uji coba tersebut, sinyal digital ditransmisikan melalui frekuensi 5-75 GHz, kemudian sinyal dengan bandwidth yang lebih besar, seperti W-Band (75-110 GHz) dan D-Band (110-150 GHz), digunakan untuk mempercepat transmisi data. Menurut Liu, semakin besar bandwidth yang digunakan, semakin banyak data yang bisa ditransmisikan, mirip dengan jalan raya yang lebih lebar memungkinkan lebih banyak mobil untuk melintas dengan cepat.

Meskipun hasil uji coba ini menunjukkan potensi besar teknologi 6G, masyarakat umum belum dapat menikmati kecepatan ini karena pengembangan standar 6G masih berlangsung dan diperkirakan baru akan siap secara komersial pada tahun 2030. Namun, ketika teknologi ini tersedia, kecepatan internet yang lebih tinggi akan memberikan dampak besar pada berbagai sektor, baik bagi perusahaan maupun masyarakat umum.

Baca ini juga :

» Menyusul God of War: Ragnarok, Game Marvel Spider-Man 2 Bakal Masuk ke PC 30 Januari 2025!
» Gameplay dari Until Dawn Remake untuk PlayStation 5 dan PC telah ditayangkan pada platform Twitch.
» Handheld Gaming Banyak Fitur, Playstyle Kamu yang Atur! Review Lenovo Legion Go
» [TGS 2024] Gamirror Games Perkenakan Banyak Game di Tokyo Game Show 2024! Dari Game Grafis AAA Sampe Game Puzz
» Produser Final Fantasy 16 Minta Agar Fans Ga Bikin Mod Nakal dan Tidak Pantas!
» Nyobain Kendaraan “TukTuk” Asal Thailand, iShowSpeed Langsung Nabrak Kuil Suci!
» Waifu Kuda Kesayangan Sekarang Gak Cuma Balap Lari! Preview Umamusume: Pretty Derby - Party Dash
» Buka Store Virtual di Roblox, IKEA Cari Karyawan dengan Gaji 274 Ribu Rupiah per Jam!

Selain UCL, konsorsium telekomunikasi Jepang yang terdiri dari Docomo, NTT Corporation, NEC Corporation, dan Fujitsu juga telah melakukan uji coba 6G. Pada April lalu, mereka berhasil mencapai kecepatan transmisi data hingga 100 Gbps dengan perangkat prototipe 6G pertama di dunia dalam jarak 100 meter.

Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close