space
[DIARY KRU KOTGA] TRAILS SERIES, FRANCHISE JRPG FENOMENAL YANG DIACUHKAN BANYAK ORANG
-
Jumat, 05 Jan 2018

Mungkin sebagaian besar gamer di Indonesia maupun manca negara hanya tertarik mengikuti perkembangan dari seri game yang sudah populer saja. Walaupun sangat wajar, tapi beberapa franchise game yang namanya jarang terdengar sebenarnya menawarkan sebuah kualitas fantastis dan tidak bisa ditemui dalam seri game manapun. Salah satu contoh terbaik disini adalah franchise JRPG The Legend of Heroes atau yang biasa dikenal dengan Trails of series.

Memulai debutnya pertama kali pada tahun 2004 lalu lewat seri Trails in the Sky, Falcom mendapatkan banyak pujian dari kalangan gamer yang terkejut akan kualitas dari seri pertamanya ini. Dengan memadukan konsep JRPG klasik dan modern, game ini juga menawarkan jalan cerita penuh dengan emosi yang kuat. Bagi Kotakers yang masih asing dengan seri ini, Trails series adalah franchise JRPG besutan Nihon Falcom yang saat ini sudah menghadirkan delapan seri game selama lebih dari satu dekade.

Perbedaan terbesar dari Trails dibandingkan franchise JRPG lainnya adalah fakta kalau setiap gamenya memiliki latar dunia yang sama dan saling terikat satu sama lain. Tidak hanya itu saja, tapi seri Trails in the Sky hadir dalam format trilogi yang lebih mirip dengan game episodik. Jadi memainkan game ini dari seri pertama, adalah suatu keharusan. Untuk seri pertama Trails in the Sky mengambil latar negara Liberl, dimana jalan ceritanya berfokus pada sosok gadis ceria bernama Estelle dalam ambisinya untuk menjadi anggota Bracer Guild.

Sebagai sosok karakter utama, Kru KotGa tidak ragu untuk menyebut Estelle sebagai salah satu karakter wanita terbaik dalam sejarah video game. Karena tidak hanya penuh dengan kepribadian dan emosi yang menarik, tapi Estelle berhasil memberikan pengaruh besar yang membuat jalan cerita secara keseluruhan menjadi semakin menarik untuk diikuti. Merangkum kisah perjalanannya dalam bentuk trilogi, adalah langkah paling tepat yang diambil oleh Falcom.

Baca ini juga :
» 5 Franchise Game Legendaris yang Wajib Dibangkitkan
» Dragon Quest XI: Echoes of an Elusive Age
» 7 Karakter Pengguna Tonfa Terkeren di Video Game
» 7 Rekomendasi Game PC Terbaik Minggu Ini
» Octopath Traveler
» 7 Rekomendasi Game PC Terbaik Minggu Ini
» Shining Resonance Refrain
» Prediksi, Seperti Apakah Masa Depan Franchise Final Fantasy?

Setelah selesai dengan Liberl Arc, Falcom akhirnya merilis dua seri terbaru yang merangkum kisah dari negara Crossbell. Kedua seri ini berjudul Zero no Kiseki dan Ao no Kiseki, yang sayangnya sampai hari ini masih belum dirilis untuk wilayah barat. Untuk menutupi kekurangan ini dan memberikan kesempatan bagi gamer manca negara untuk mencoba sekuel dari Trails in The Sky, Falcom akhirnya merilis seri JRPG paling ambisius mereka yang berjudul Trails of Cold Steel. Dengan berakhirnya kisah Liberl dan Crossbell, Trails of Cold Steel kembali menghadirkan cerita dari negara industri besar Erebonia dimana fokus cerita beralih pada sosok murid sekolah militer bernama Rean Schwarzer.

Ok jadi sekarang Kotakers sudah mendapatkan gambaran dari franchise ini, tapi bagaimana dengan keseluruhan konten yang ditawarkan setiap serinya? Jawabannya sendiri adalah FENOMENAL, mulai dari sistem battle yang memadukan unsur klasik Final Fantasy dan Chrono Trigger, hingga jalan ceritanya yang solid dirangkum dengan sangat rapi. Di akhir, kamu bahkan akan mengganggap kalau karakter dan semua peristiwa yang berlalu dari setiap serinya adalah bagian dari hidupmu. Yup, keterikatan itulah yang membuat franchise ini sangat spesial.

Lalu bagaimana dengan sistem gameplaynya? Walaupun menghadirkan mekanisme turn-based klasik, tapi Falcom berhasil mengimplementasikan sistem yang jauh lebih kompleks, menantang ,keren, dan seru disaat yang bersamaan. Setiap karakter tidak hanya dibekali dengan stat dan teknik bertarung yang unik, tapi skill Craft dan kemampuan khusus seperti S-Break dari tiap karakternya juga dipresentasikan layaknya sebuah game fighting kelas atas, dimana jurus ultimate dan skill memegang peranan utama.

Latar dunia yang dipresentasikannya juga penuh dengan rahasia dan latar belakang sejarah dari tiap negara. Sekarang kita ambil contoh dari beberapa seri Final Fantasy, sebagian besar gamer pasti hanya menyukai jalan cerita dan konsepnya yang luar biasa saja. Tapi tidak dengan seri Trails, dimana setiap lokasi dan wilayah yang ada dalam setiap gamenya memiliki kesan kuat dan pastinya akan membekas kuat dalam ingatan para gamer.

Sebenarnya ada banyak sekali hal yang bisa dibicarakan dari franchise Trails, tapi setidaknya Kru KotGa sudah bisa memberikan sedikit gambaran kepada para Kotakers yang masih penasaran. Terlepas dari kualitas grafis dan tingkat popularitasnya yang rendah, Kru KotGa SANGAT merekomendasikan kamu untuk memulai petualangan epik dalam franchise ini. Hingga pada akhirnya, semoga pengalaman yang didapat setelah memainkannya bisa menjadi kenangan berharga dan sulit untuk dilupakan.

(KotakGame)

BACA JUGA BERITA INI
close