space
OCTOPATH TRAVELER
-
Minggu, 29 Jul 2018

Gameplay turn based klasik yang luar biasa

Beralih ke segi gameplay, Octopath Traveler disini masih mempertahankan mekanisme turn-based yang sekilas cukup serupa dengan seri Final Fantasy klasik. Mempertahankan konsep yang sama tentunya harus diikuti dengan perombakan baru, dan untuk tugas yang satu ini Square Enix berhasil mengeksekusinya dengan baik. Saat memulai pertarungan yang terpicu lewat random encounter atau boss battle saat mengikuti jalan cerita, kamu bisa memberikan command serangan dan support sesuai dengan job tiap karakter. Perbedaan yang mencolok dari sistem battlenya bisa dilihat dari indikator pertahan musuh dan elemen serangan yang bisa membuatnya lemah. Jika berhasil menghancurkan pertahanannya dengan serangan paling efektif, pertahanan musuh akan memasuki fase "BREAK" yang membuat mereka tidak dapat melancarkan serangan selama satu atau dua giliran.

Setiap anggota party juga memiliki BP point yang memberikan kemampuan untuk melancarkan dua hingga empat serangan beruntun. Jika digunakan saat menggunakan sihir atau kemampuan special, efek serangannya juga akan menjadi semakin kuat. Peran BP point sangat penting disini, tapi untungnya kamu bisa kembali mengisinya dengan item khusus atau menunggu fase giliran baru. Seiring berjalannya permainan, kamu nantinya akan berhadapan dengan beberapa skenario yang menuntut penerapan strategi baru. Misalnya saja saat berhadapan dengan monster level tinggi dan kamu kekurangan supply, peran healer seperti Alfyn pun dapat digantikan dengan kemampuannya dalam meracik ramuan yang memberikan efek boost khusus. Jadi walaupun tidak menggunakan skill penyembuhan yang memakan SP, kamu masih bisa menerapkan strategi baru yang hanya dapat dilakukan Afyn sebagai dokter.

Baca ini juga :
» Review Final Fantasy VII Rebirth - Masterpiece JRPG Kembali, Nostalgia Pertemanan Cloud & Sephiroth
» Star Ocean: The Second Story r Review
» Review: Sea of Stars
» Final Fantasy XVI
» The Super Mario Bros. Movie
» Forspoken
» Crisis Core: Final Fantasy VII Reunion
» Review Mario + Rabbids Sparks of Hope

Dengan adanya delapan karakter, kamu harus menentukan komposisi party beranggotakan empat karakter yang paling efektif. Tentu saja ada saat dimana kamu akan masuk dalam area dengan tingkatan level lebih berbahaya, jadi pastikan untuk mempelajari kelemahan musuh terlebih dahulu dan menentukan anggota terbaik yang dapat melawan mereka. Dengan mengganti job karakter, otomatis kamu juga bisa menambah subclassnya dan memberikan opsi untuk membuat strategi baru. Setiap class juga memiliki skill pasif yang berbeda mulai dari memperkecil tingkat random encounter, menambah stamina, memperkuat kesempatan untuk mendapat reward lebih dan masih banyak lainnya.

Karena Octopath Traveler mengambil inspirasi kuat dari seri JRPG klasik Square Enix, desain setiap musuhnya yang berukuran raksasa masih dipertahankan disini. Walaupun terkesan aneh khususnya saat berhadapan dengan boss berwujud manusia yang kecil, konsep desain ini justru membuat setiap pertarungan terasa memorable dan memberikan gambaran jelas dari wujud musuh yang sesungguhnya. Belum lagi, efek visual yang luar biasa saat melancarkan serangan dan menggunakan beragam skill juga semakin menyempurnakan pengalaman bermain.

BACA JUGA BERITA INI
close