space
RESIDENT EVIL VS SILENT HILL, MANA FRANCHISE SURVIVAL HORROR TERBAIK?
-
Rabu, 28 Nov 2018

Di tengah persaingan industri game yang semakin sengit, bisa dibilang kebanyakan developer sudah beralih haluan dan mengikuti sistem kerja yang lebih mementingkan keuntungan. Terlepas dari arus industri game yang sudah berubah drastis, buktinya hingga sekarang masih banyak developer yang tetap setia menawarkan game berkualitas yang diinginkan oleh para fans. Seperti dari genre horror misalnya, dimana Resident Evil dan Silent Hill bisa dibilang adalah dua franchise terpopuler yang masih memiliki basis fans terbesar.

Sama-sama mengusung konsep survival-horror yang mencekam, kedua game ini memiliki daya tarik kuatnya sendiri. Jika Resident Evil dikenal luas dari karakter memorable dan pertaurngan hidup mati melawan virus zombie, Silent Hill lebih dikenal dari beragam makhluk halus serta elemen supernatural yang sangat dalam dan misterius. Kedua franchise ini memang sulit dibandingkan, namun pastinya setiap gamer memiliki pendapat sendiri mengenai mana yang terbaik dari keduanya.

Untuk itu, pada artikel special kali ini Kru KotGa akan coba membandingkan Resident Evil dan Silent Hill. Perbandingan ini dibagi menjadi tiga poin yaitu jalan cerita, gameplay serta pengalaman horror yang ditawarkannya. Jadi daripada penasaran, yuk! simak rangkuman lengkapnya dibawah ini.

Baca ini juga :
» Banjir Konten, Inilah Detail Lengkap Update Christmas & New Year di Crossfire Next Gen
» Siapkan Tabungan, Inilah 10 Game Raksasa yang Wajib Kamu Nantikan di 2019
» Bikin Jatuh Hati, Inilah 10 Karakter Video Game Wanita Paling Seksi
» Auto Rusuh, Inilah Karakter Anime Shonen yang Wajib Masuk ke Jump Force
» Melihat Sejarah Perkembangan Fighting Game dari Street Fighter II
» Jangan Tertipu Penampilan, Inilah Game Imut yang Ternyata Horror
» Kaya Potensi, Inilah Film Indonesia yang Cocok Jika Dijadikan Game
» Indonesia Patut Bangga, Inilah Game Lokal yang Sukses Go Internasional

Jalan cerita

Pertama, mari membahas soal jalan cerita yang disuguhkan oleh kedua franchise ini. Diawali dengan Resident Evil, yang menitikberatkan ceritanya pada konsep bertahan hidup dari sebuah wabah virus yang semakin mengancam dunia. Diawali dengan operasi dimana Chris Redfield dan Jill Valentine di sebuah wilayah terpencil dekat kota Raccoon. Setelah menyaksikan pengaruh dari virus berbahaya yang mengubah penduduknya menjadi monster, kota Raccoon serta beragam wilayah di seluruh dunia mulai terancam dengan virus senjata biologis dari perusahaan Umbrella.

Setiap seri gamenya menceritakan beragam operasi berbeda yang harus ditempuh beberapa karakter utama mulai dari Chris, Leon, Jill, Claire dan masih banyak karakter lainnya. Setiap wilayah di seluruh dunia memiliki wabah virus berbeda dan otak jahat dibaliknya, dan sudah tugas pemain untuk mengungkap rahasia yang ada dan mencegah penyebaran beragam virus berbahaya tersebut. Garis besar cerita dalam Resident Evil memang tidak sulit untuk dipahami, namun Capcom tetap berhasil membuat setiap gamenya terasa misterius dengan menyertakan misteri dan teori yang harus diselami oleh pemain.

Sementara untuk Silent Hill, keseluruhan franchise ini berpusat pada misteri besar yang menyelimuti sebuah tempat bernama Silent Hill. Digambarkan sebagai sebuah kota sunyi yang diselimuti kabut, disini pemain akan dibawa ke dalam beberapa kisah karakter utama biasa tanpa motif yang muluk, namun secara perlahan mereka mulai ditarik dalam sebuah lingkaran misteri mengerikan yang bisa mengancam nyawa. Kita ambil contoh dari game Silent Hill 4: The Room, dimana seorang pria biasa bernama Henry Townshend pada suatu hari ditarik dalam sebuah dunia misterius yang mengubah apartemennya menjadi tempat mengerikan.

Misteri berkepanjangan yang seolah tidak ada celah, bisa dibilang inilah kekuatan utama dalam Silent Hill. Tidak hanya menawarkan kesan horror yang lebih mencekam, setiap serinya juga memiliki banyak plot twist dan kejutan yang akan membuat pemain semakin penasaran dengan konklusi akhirnya. Sebagian gamer mungkin tidak akan merasakan kesan action yang dominan, namun fakta kalau karakter utama yang dimainkan tidak lebih dari orang biasa seperti kita sudah cukup untuk memberikan kesan bertahan hidup yang lebih terasa. Jadi untuk kategori jalan cerita, bisa dibilang Silent Hill lebih superior disini.

BACA JUGA BERITA INI
close