space
THE LEGEND OF HEROES: TRAILS OF COLD STEEL III
PS4
Jumat, 15 Nov 2019

Gameplay Turn-Based yang Lebih Sempurna

Selain jalan cerita yang sangat ambisius dan aspek world building terbesar dibanding game manapun, kelebihan lain dari seri Trails juga terletak pada gameplay turn-based yang solid, dan Kru KotGa dengan penuh rasa puas akhirnya bisa mengakui kalau Trails of Cold Steel III dengan gameplay paling sempurna dibanding semua seri sebelumnya. Sebenarnya tidak ada perombakan yang benar-benar signifikan dari Trails of Cold Steel II, hanya saja ada beberapa fitur baru seperti layout UI yang kali ini dikaitkan dengan semua tombol utama DualShock serta kemampuan untuk menggunakan Brave Order. Brave Order sendiri adalah fitur pengganti sistem Overdrive di game sebelumnya, namun kali ini kamu dapat menggunakan Brave Point untuk menggunakan semacam perintah yang dapat memberikan buff dan bonus stats. Setiap karakter memiliki order yang berbeda dan semakin efektif efek dari order yang diberikan, maka semakin banyak juga Brave Point yang perlu digunakan.

Untuk gameplay umumnya sendiri, kamu akan disuguhkan dengan sistem battle turn-based yang responsif dan memiliki tempo permainan cepat. Selama pertarungan kamu dapat mengakses berbagai aksi mulai dari serangan normal, arts untuk mengaktifkan sihir yang dikeluarkan dari Arcus Device, Craft yang merupakan skill bertarung khusus dari setiap karakter, hingga S-Craft yang merupakan teknik pamungkas yang memberikan damage tinggi serta dapat diaktifkan dengan mendahului giliran musuh. Art sendiri ditandai dengan bar EP berwarna biru sementara Craft ditandai dengan bar kuning di bagian bawah. Berbeda dari Art yang dapat dipulihkan dengan mudah, Craft biasanya hanya dapat dipulihkan perlahan-lahan setelah menyerang musuh, mengalahkannya atau menggunakan bantuan support.

Perbedaan gaya bertarung serta Order yang dimiliki setiap karakter membuat gameplay selalu berjalan dengan dinamis, apalagi jika kamu sudah mencapai bagian dimana beberapa karakter penting di luar Class VII bergabung dalam party. Dengan adanya empat karakter dalam party, kamu dapat menghubungkan dua karakter dengan Combat Link dan memaksimalkan kemampuan support mereka. Semakin tinggi Link Lv. yang mereka miliki, maka kamu akan mendapat akses ke skill support yang lebih efektif. Contohnya jika kamu berhasil melancarkan serangan kritikal, maka karakter yang terhubung dengan Combat Link dapat memberikan serangan follow-up.

Berbeda dari kebanyakan game turn-based lainnya dimana kamu hanya berfokus pada mengeksekusi skill mana yang harus dipilih, Trails of Cold Steel III juga menekankan elemen strategi pada pengaturan posisi karakter dalam arena pertarungan, giliran yang dapat dimanipulasi serta momen paling tepat dalam melancarkan skill pamungkas. Semua ini menjadi pertimbangan yang sangat penting, karena selama memainkan gamenya, Kru KotGa sering membuat kesalahan kecil yang berakhir dengan kekalahan telak.

Baca ini juga :
» Review Jade Dynasty: New Fantasy
» Review Elden Ring
» Review Horizon Forbidden West
» Review Vivobook pro 14x OLED M7400Q
» Review Uncharted: Legacy of Thieves Collection
» The Dark Pictures: House of Ashes
» Far Cry 6
» Ghost of Tsushima: Director's Cut

Terlepas dari kesan super positif yang Kru KotGa dapat dari gameplaynya, Trails of Cold Steel III memiliki balancing tingkat kesulitan yang cukup buruk, khususnya saat kamu harus berhadapan dengan boss tipe Cryptid atau monster besar. Alasannya sendiri karena sebagian besar boss ini sering menggunakan skill untuk meningkatkan stats dan HP mereka secara konsisten. Jadi walaupun kamu bermain dengan baik sekalipun, kamu pada akhirnya harus menunggu momen paling pas untuk menggunakan semua serangan S-Craft sebelum boss tersebut mendapat giliran. Hal ini tentunya membuat alur pertarungan menjadi terasa tidak menyenangkan, apalagi jika kamu tidak memiliki level yang cukup tinggi. Untuk memaksimalkan statistik karakter dan skill Art yang dimiliki, kamu bisa menanamkan berbagai macam Quartz khusus dalam Arcus II sekaligus Master Quartz yang sekarang memiliki sub-slot untuk dibagi dengan lebih dari satu karakter.

Selain pertarungan standar, Trails of Cold Steel III juga masih menghadirkan sesi pertarungan antar Divine Knight yang super keren. Jadi dalam beberapa momen di game ini, kamu akan dihadapkan pada pertempuran mecha yang masih dikemas dalam gameplay turn-based. Sebagai salah satu Divine Knight Awakener, Rean selalu dibantu oleh mecha legendaris bernama Valimar - The Ashen Knight yang juga dipersenjatai dengan Tachi raksasa berbahan Zemurian Ore. Konsep battlenya sendiri tidak berbeda jauh, namun kamu bisa mengakses serangkaian aksi berbeda seperti Defend (meminimalisir damage musuh), Charge (mengisi EP) dan Spirit (memulihkan HP dan Craft).

Perbedaan lainnya juga terletak dari titik serangan yang dapat kamu lancarkan ke mecha musuh yang meliputi lengan, kepala dan badan. Bergantung dari perubahan posisi musuh dan kelemahan mereka, kamu akan mendapatkan efektivitas serangan yang berbeda pula. Tidak hanya karakter yang mengendalikan mecha saja, kamu juga bisa mengajak party di luar pertarungan untuk menjadi karakter support dan memberikan skill sesuai elemen spesial mereka masing-masing. Karena tidak memiliki level dan sistem progression sendiri, kamu hanya bisa memperkuat Valimar dengan menanamkan Orb khusus untuk meningkatkan statistik HP, Strength, Defense, dan Speed.

BACA JUGA BERITA INI
close