space
STAR WARS JEDI: FALLEN ORDER
PS4
Kamis, 28 Nov 2019

Jedi, Force dan BD-1

"Become a Jedi" adalah slogan utama yang digunakan EA dalam mempromosikan game ini, dan untuk sesekali mereka tidak salah, karena rasanya memang tidak ada kalimat yang lebih tepat dalam menggambarkan pengalaman yang Kru KotGa rasakan selama memainkan gamenya selain ini. Selama jalannya permainan kamu akan diberi kesempatan untuk beraksi sebagai seorang Jedi muda yang terus memperlihatkan perkembangan karakteristik dan kemampuan bertarung dengan dramatis. Cal sebagai karakter utama sudah dibekali dengan lightsaber peninggalan masternya serta kemampuan dasar yang harus dikuasai Jedi, namun seiring berjalannya waktu kamu dapat memperkuatnya sebelum menjadi salah satu sosok Jedi paling overpowered yang pernah kamu lihat.

Semua kemampuan ini kemudian terikat dalam sistem combatnya yang dikemas layaknya game Soulsborne atau Sekiro, dimana kamu dapat mengunci target, melancarkan atau menangkis serangan di momen yang tepat, melakukan penetrasi dengan cara mengindari serangan berbahaya dan tentu saja terus memperhatikan bar HP yang rentan apalagi saat memainkan gamenya di tingkat kesulitan tertinggi. Selain digunakan untuk bertarung, lightsaber yang kamu miliki juga dapat digunakan untuk beragam aplikasi berbeda seperti objek penerangan saat menjelajahi tempat gelap misalnya atau membalikkan serangan proyektil dari Stormtrooper.

Baca ini juga :
» Review: Dragon Raja SEA
» BenQ ZOWIE XL2746S
» Review: Kartrider Rush+
» Blade and Soul Revolution
» ASUS VivoBook S14 (S433)
» Streets of Rage 4
» BenQ EX2780Q
» Final Fantasy VII Remake

Combat menggunakan lightsaber juga didukung dengan variasi gaya bertarung yang dapat terus dikembangkan lewat skill tree. Kamu dapat mengakses skill tree ini dengan melakukan meditasi di beberapa spot tertentu. Spot-spot ini berfungsi layaknya Bonfire di seri Dark Souls dimana kamu dapat beristirahat dan mengisi kembali Health Stim (Estus Flask dalam game ini). Melalui jadi kamu bisa mempelajari lebih banyak moveset keren dan lebih efektif dalam menundukkan musuh dengan cepat. Nantinya kamu bahkan juga bisa menggunakan lightsaber dalam mode double-bladed. Mode ini sangat berguna untuk meningkatkan kecepatan serta jangkauan serangan saat melawan musuh dalam kelompok. Kekalahan dalam pertempuran membuat kamu kehilangan poin EXP untuk mendapat skill point, namun untungnya kamu bisa merebut kembali semua poin tersebut hanya dengan menyerang musuh yang telah membunuhmu dengan satu serangan saja.

Bukan seorang Jedi namanya jika tidak dibekali dengan kekuatan Force. Kekuatan berelemen metafisikal dan paling ikonik dari universe Star Wars ini memungkinkan penggunannya untuk melakukan berbagai aksi diluar nalar manusia. Jadi nantinya kamu bisa memperlambat gerakan musuh sebesar apapun seperti menahannya dengan medan gravitasi tinggi, melancarkan gelombang dorongan dengan kekuatan penuh, dan masih banyak lagi. Selain berguna dalam pertempuran, Force juga termasuk kemampuan yang krusial saat kamu melakukan platforming di medan yang sulit. Contohnya seperti menahan baling-baling kipas raksasa yang berputar dengan sangat cepat sehingga kamu bisa mengakses area di baliknya, hingga mendorong pintu baja atau tembok rapuh yang menghalangi akses ke area lain juga.

Untungnya Cal tidak sendirian dalam menempuh petualangannya, karena dia juga ditemani dengan rekan setia berupa droid bernama BD-1. Walaupun terlihat seperti pushover, BD-1 adalah karakter support yang sangat membantu. Dia dapat melakukan banyak sekali tugas penting seperti mengakses terminal yang dikunci, memberikan tenaga pada mekanisme platforming yang membutuhkan listrik, melakukan scan untuk melihat informasi musuh serta point of interest yang penting, hacking untuk membuat security droid musuh berpihak padamu, dan tentunya menyediakan Health Stim di saat kamu membutuhkannya untuk mengisi HP. Secara keseluruhan BD-1 adalah karakter support yang sangat berguna dan bahkan memiliki porsi peran pentingnya sendiri dalam petualangan membangkitkan Jedi Order. Tanpanya, Cal mungkin juga sudah kehilangan nyawanya di banyak momen.

BACA JUGA BERITA INI
close