space
INILAH PERBEDAAN SPESIFIKASI PLAYSTATION 5 DAN XBOX SERIES X, MANA YANG TERBAIK?
-
Kamis, 19 Mar 2020
Minggu ini kita telah mengetahui bagaimana spesifikasi dari dua konsol yang sudah menjadi rival sejak dahulu. Xbox Series X dan PlayStation 5, setelah mengungkapkan spesifikasinya masing-masing, kelihatannya keduanya memiliki perbedaan yang tidak terlalu signifikan.

Lantas apa saja spesifikasi yang disematkan ke dalam kedua konsol yang disebut-sebut sebagai Next-gen Console ini? Jadi langsung saja kru Kotga akan membahas komparasi dari kedua spesifikasi konsol PlayStation 5 dan Xbox Series X.

Baca ini juga :
» 7 Alasan Wajib Main Rise of the Ronin! Game Open World Rasa Souls Eksklusif Paling Dinanti
» 8 Tips Menjadi Ronin Terbaik di Game Open World Terbaru, Rise of the Ronin
» Rise of the Ronin - Review
» The Last of Us Part II Remastered
» Spider-Man: Across the Spider-verse
» PlayStation VR2
» The Last of Us Part 1 Remake
» Rayakan Hari Game Indonesia! Inilah 7 Game Lokal yang Mengguncang Dunia!
1. CPU

Pada bagian CPU keduanya menggunakan CPU khusus yang dibuat menggunakan mikroarsitektur AMD Zen 2, mikroarsitektur yang sama dengan generasi ketiga CPU Ryzen PC. Perbedaan terdapat pada clock speed, di mana PlayStation 5 menggunakan Custom Zen 2 CPU dengan delapan core pada 3.5 GHz, sedangkan Xbox Series X menggunakan Custom Zen 2 CPU dengan delapan core pada 3.8 GHz.


Sumber: PCGamesN

Xbox menjelaskan bahwa CPU mereka ditetapkan pada frekuensi 3,8 GHz untuk game yang bergantung pada single core, sedangkan untuk yang memanfaatkan banyak core, akan turun menjadi 3,66 GHz. Sedangkan PlayStation 5, Sony menjelaskan bahwa CPU dan GPU konsol tersebut sebenarnya akan berjalan pada frekuensi bervariasi. Jadi, PS5 akan menyesuaikan frekuensi sesuai yang dibutuhkan untuk menjalankan satu game.

2. GPU

Sama seperti CPU, pada bagian GPU kedua konsol ini juga menggunakan buatan AMD, di mana PlayStation 5 dengan Custom RDNA 2 10.28 TFLOPS, 36 CUs di 2.23 GHz, sedangkan rivalnya Xbox Series X menggunakan Custom RDNA 2 12 TFLOPS, 52 CUs di 1.825 GHz. Seperti yang dilihat, Xbox Series X punya keunggulan 52 unit komputasi dibanding PS5 yang hanya punya 36.


Sumber: AMD

TFLOPS atau Teraflop adalah ukuran kecakapan matematis prosesor. Untuk setiap Teraflop, prosesor dapat menghitung satu triliun perhitungan floating-point per detik. Semakin banyak Teraflops, semakin banyak kekuatan komputasi. Semakin banyak daya komputasi, semakin baik prosesor untuk melakukan proses mengubah matematis kompleks menjadi visual yang bagus.

Dilansir dari Kotaku, perbandingan GPU kedua konsol ini seperti, membandingkan GPU PC Radeon RX 5700 untuk PlayStation 5 dengan Radeon RX Vega 56 untuk Xbox series X. Namun, bukan berarti keduanya sama persis.

BACA JUGA BERITA INI
close