space
REVIEW HORIZON FORBIDDEN WEST
PS5
Senin, 14 Feb 2022

Visual Cantik dan Pemanfaat DualSense yang Baik




Meskipun secara visual tidak jauh berbeda dari pendahulunya, Forbidden West layak diacungi jempol untuk soal menghadirkan pemandangan yang sungguh memanjakan mata. Kami memainkannya di PS5, dan lanskap yang ditawarkan jauh lebih detail. Apalagi ketika berada di setiap bioma yang berbeda, kami akui game ini luar biasa indah dan menakjubkan. Terlebih lagi, Guerrilla menyuguhkan dua opsi pengaturan untuk visual. Di antaranya adalah Favor Resolution dan Favor Performance. Ini kembali lagi kepada selera masing-masing pemain. Lebih mengutamakan performa di game lebih baik, atau resolusi tinggi namun dengan frame rate terendah.

Baca ini juga :
» 7 Alasan Wajib Main Rise of the Ronin! Game Open World Rasa Souls Eksklusif Paling Dinanti
» 8 Tips Menjadi Ronin Terbaik di Game Open World Terbaru, Rise of the Ronin
» Rise of the Ronin - Review
» The Last of Us Part II Remastered
» Spider-Man: Across the Spider-verse
» PlayStation VR2
» The Last of Us Part 1 Remake
» Rayakan Hari Game Indonesia! Inilah 7 Game Lokal yang Mengguncang Dunia!



Tidak hanya visualnya yang indah, animasi di dalam Forbidden West juga menjadi salah satu poin keunggulan. Animasi di sekuelnya digarap lebih halus dan mulus, baik ketika eksplorasi maupun di saat pertarungan dimulai. Ketika setiap karakter memperlihatkan ekspresinya juga tidak terlihat kaku, yang mana gerakan dan wajah mereka telah dianimasikan lebih baik. Satu hal lagi yang membuat kami berkesan adalah detail tekstur pada objek seperti pakaian yang dikenakan setiap karakter, air, dan masih banyak lagi.




Layaknya game PS5 pada umumnya, Horizon Forbidden West telah memanfaatkan fitur Haptic Feedback dan Adaptive Trigger dengan baik. Kami merasakan ketegangan dengan getaran kontroler yang cukup baik, ketika hendak menarik busur panah untuk menembakkan objek maupun musuh. Fitur getaran pada DualSense juga kami rasakan saat Aloy menahan tombaknya demi melancarkan kekuatan serang yang lebih besar. Penggunaan senjata maupun alat di dalam game ini kebanyakan memanfaatkan Adaptive Trigger maupun Haptic Feedback, tanpa ada gangguan dan tidak terlalu berlebihan. Bukan hanya itu saja. DualSense juga lebih imersif setiap kali mesin-mesin berada di sekitar Aloy.




Selain visual dan grafisnya yang memukau, kami mengakui bahwa audio 3D di Horizon Forbidden West terbilang memuaskan. Audio 3D terasa imersif selama eksplorasi dan bertarung, dimana pemain bisa mendengar obrolan karakter lain, bunyi gerakan senjata atau equipment, maupun environment yang ada di sekitarnya. Sementara ketika berada dalam pertempuran, fitur audio spasial bisa membantu pemain untuk mendeteksi musuh atau mesin yang berada di dekatnya. Sehingga pemain bisa lebih waspada terhadap pergerakan musuh dan tidak merasa dikejutkan olehnya.

Kesimpulan

Horizon Forbidden West hadir sebagai sekuel Horizon yang dirancang secara apik. Guerrilla telah bekerja dengan baik untuk menghadirkan berbagai macam peningkatan, yang menjadi jawaban atas kelemahan dari seri sebelumnya. Secara gameplay memang tidak jauh berbeda, dan masih menampilkan mekanisme yang penuh aksi. Namun siapa sangka, developer tergerak untuk berinovasi dalam menggarap mekanisme aksi baru bagi Aloy, yang menjadikan gameplay Forbidden West lebih bermakna dan hidup. Salah satunya yang patut diacungi jempol tentu aksi panjat-memanjat dan alat Pullcaster, sebagai tool bermanfaat guna meruntuhkan hambatan-hambatan di sepanjang perjalanan.




Kami juga menilai baik Horizon Forbidden West dari segi visual dan performa. Dua opsi pengaturan grafis seperti Favor Performance dan Favor Resolution, yang bisa kami katakan bahwa keduanya sama-sama baik dalam menghadirkan keseimbangan antara performa dan grafis beresolusi tinggi. Animasi karakter terlihat lebih mulus dan mendetail dimana kami bisa melihat pergerakan wajah atau ekspresi karakter tidak tampak kaku. Tak hanya itu, Horizon Forbidden West memanfaatkan keuntungan fitur-fitur yang dimiliki PS5. Mulai dari penggunaan Haptic Feedback dan Adaptrive Trigger yang sesuai serta tidak mengganggu permainan, audio 3D yang membuat permainan terasa nyata, hingga load times yang sepertinya hampir tidak ada loading sama sekali ketika mengalami transisi dari scene ke gameplay maupun pertarungan.

Kesimpulan Review: Horizon Forbidden West

85KotakGame.com RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Animasi karakter mulus
  • Adanya haptic feedback dan adaptive trigger
  • Fitur 3D audio
  • Aksi panjat dan menyelam yang menantang
  • Load times lebih cepat
  • Focus telah disempurnakan
  • (-) KEKURANGAN
  • Gameplay tidak banyak berubah
  • Opsi Guide yang terkadang tidak memberikan petunjuk sepenuhnya

BACA JUGA BERITA INI
close