space
REVIEW ELDEN RING
xboxone
Rabu, 23 Feb 2022

Visual Memukau dan Performa yang Lebih Halus




Tampaknya belakangan ini ada beberapa game yang menghadirkan dua mode pengaturan, baik itu berfokus pada performa atau grafis. Elden Ring pun juga demikian. Seperti kabar yang pernah beredar sebelumnya, pada bagian sistem di Game Options, ada dua mode yang bisa dipilih pemain. Mode ini adalah Prioritize Framerate dan Prioritize Quality. Untuk Prioritize Framerate berfokus dalam menampilkan setting game dengan 60FPS, khususnya di PS5. Sementara Prioritize Quality lebih meningkatkan kualitas visual menjadi 4K, yang mampu menampilkan grafis lebih tajam, detail, dan memukau. Mode ini kami rasa tidak ada masalah, karena menurut kami kembali pada selera masing-masing pemain. Apakah cenderung menyukai game dengan kualitas grafisnya atau performanya.

Baca ini juga :
» EA Sports FC 24
» Final Fantasy XVI
» Street Fighter 6
» Etrian Odyssey Origins Collection
» Bisa Minum Lewat Headset hingga Cukuran RGB, Deretan Joke Brand Gaming di April Mop!
» Troublemaker
» PlayStation VR2
» Resesi Is Real? Game-Game Besar ini Harus Tutup di Tahun 2023!
Adapun opsi HUD untuk pengaturan interface di sepanjang permainan. Apabila menginginkan interface yang tidak mengganggu eksplorasi, pemain bisa mengubahnya ke opsi Auto. Dengan pilihan ini, HUD akan disembunyikan secara otomatis, kecuali compass yang tetap tampil. Jika ingin menampilkan HUD kembali, untuk versi PS5 cukup tekan segitiga atau Y untuk versi Xbox. Setidaknya pemain bisa memanfaatkan keberadaan opsi sistem ini untuk mengambil cuplikan gambar layaknya Photo Mode ketika berada di tengah eksplorasi atau melakukan Super Jump dengan Torrent.




Agak sedikit disayangkan jika Elden Ring tidak menghadirkan 3D audio, yang sebenarnya bisa memberikan pengalaman bermain lebih imersif, seolah-olah terdengar dan berada di dunia di dalamnya. Selain tidak adanya 3D audio, sebelumnya developer pernah bilang bahwa mereka berencana untuk mengimplementasikan pemanfaatan DualSense seperti Haptic Feedback maupun Adaptive Trigger ke dalam Elden Ring. Namun, yang kami rasakan sepertinya hanya sekadar getaran biasa dan tidak terlalu berpengaruh. Mengesampingkan hal itu, setidaknya load times yang diberikan di versi PS5 tergolong cepat. Apalagi ketika peralihan saat dari karakter tewas dan kembali ke Sites of Grace.

Kesimpulan

Elden Ring sendiri terasa menantang, dan developer tidak melepaskan identitas elemen dan interface souls-nya ke dalam game ini. Mekanismenya membangkitkan nostalgia fans setia terhadap seri-seri Dark Souls, namun dengan sistem combat yang bisa dibilang lebih ringan dari sebelumnya. Meski menurut kami masih tidak meninggalkan ciri khas sulitnya Dark Souls. Menilai dari segi visual, tidak perlu diragukan lagi. Karena Elden Ring sendiri berfokus pada peningkatan visual yang sungguh memukau dengan resolusi 4K, dibaluti dengan grafis lebih tajam dan performa yang smooth. Kami dimanjakan dengan lanskap yang sungguh cantik, terutama ketika berada di luar dungeon. Ditambah lagi dengan berbagai fitur menarik yang mempermudah eksplorasi, termasuk Torrent dan Traversal.




Yang menurut kami disayangkan adalah tidak adanya dukungan 3D audio, yang justru bikin pengalaman gaming makin terdengar nyata atau imersif. Selain itu, pemanfaatan fitur pada DualSense untuk versi PS5 cenderung minim dan kami merasa itu sekadar getaran biasa. Misalnya ketika kami terkena serangan musuh bertubi-tubi. Atau tidak ada semacam efek getaran Adaptive Trigger atau Haptic Feedback untuk mendeteksi musuh di sekitar karakter. Namun, secara keseluruhan, Elden Ring kami nilai bagus dan sesuai ekspektasi dan ambisinya FromSoftware dalam mengembangkan game ini, sampai bisa menjadi game dengan antusias tertinggi sejak tahun kemarin. Kerja yang baik untuk Miyazaki dan Bandai Namco!

Kesimpulan Review: Elden Ring

90KotakGame.com RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Open world luas
  • Grafis mendetail dan tajam di resolusi 4K
  • Performa lebih smooth
  • Tidak menghilangkan ciri khas game souls
  • Load times lebih cepat
  • Adanya Traversal dan mounting
  • Melina!, the new waifu
  • (-) KEKURANGAN
  • Tidak ada 3D audio
  • Pemanfaatan DualSense di PS5 terasa kurang
  • Masih bisa diserang musuh ketika membuka menu

BACA JUGA BERITA INI
close