space
INTERVIEW HIRONOBU SAKAGUCHI DAN NAOKI YOSHIDA, FANTASIAN NEO DIMENSION - DIORAMA 4K SANGAT SEMPURNA
-
Kamis, 26 Sep 2024
KotakGame dan media Asia lainnya punya kesempatan untuk mampir ke Square Enix untuk interview bersama Hironobu Sakaguchi dan Naoki Yoshida. Bagi kalian yang penasaran langsung saja cek dibawah ini!

Baca ini juga :
» Review Final Fantasy VII Rebirth - Masterpiece JRPG Kembali, Nostalgia Pertemanan Cloud & Sephiroth
» Star Ocean: The Second Story r Review
» Final Fantasy XVI
» Forspoken
» Crisis Core: Final Fantasy VII Reunion
» Bersiaplah! Ini DIa 7 Upcoming Game Dari Square Enix Yang Bakalan Mantep!
» Neo: The World Ends with You
» Legend of Mana Remastered
Q:Kepada Sakaguchi-san menjelaskan bahwa Fantasian NEO Dimension adalah kembalinya RPG di masa lalu. Sebagai bapak Final Fantasy, dan sekarang lebih condong sebagai konsumen daripada kreator, bagaimana pengalaman anda di franchise (FF) membangun dunia yang baru.

Sakaguchi: Seperti yang ada bilang, saya konsumen besar dalam game RPG dan saya mainkan FF14 tiap hari. Saya baru sampai disini kemarin, tapi sudah menghabiskan waktu di beberapa raid.

Dan untuk Fantasian, saya terbantu oleh pengalaman bermain Final Fantasy 6 lagi beberapa tahun lalu. Pembuat platform membangun versi miniatur konsol mereka dan itu adalah SNES yang termasuk salah satu ROM pertama di platform tersebut. Bermain FF6 untuk Famitsu livestream membuat diriku sadar bahwa ini adalah sebuah awal atau sebuah bentuk kreatif dalam JRPG. Sudah lebih dari 20 tahun agak jauh dari hal itu, membuat diriku sadar ini adalah sebuah bentuk pengalaman yang ingin saya munculkan di Fantasian.

Q:Sakaguchi-san dikenal sebagai bapak dari Final Fantasy dan Yoshida-san sebagai generasi baru dari kreator Final Fantasy. Ketika kalian bekerja sama di Fantasian apakah ada momen lucu atau berkesan. Misalnya ketika kalian punya direksi atau ide yang berbeda, dan bagaimana kalian melewati hal tersebut.

Sakaguchi: Untuk diri saya sendiri, saya tidak begitu memberatkan game untuk wajib punya voiceover atau voice acting. Tapi hal ini berbeda dengan Yoshida ketika kami ada meeting di Square Enix dan dirinya mengatakan bahwa VO dan VA hal yang sangat penting.

Yoshida: Saya pikir Sakaguchi-san membuat game di era yang banyak text menjadi medium utama untuk ide dan emosi tersampaikan. Juga, masing-masing individu punya waktu dan kecepatan masing-masing untuk memproses text tersebut, seperti melebarkan imajinasi dengan cara mereka sendiri. Jadi memang bisa dibilang voiceover adalah cara untuk menyempitkan visi dan pengalaman.

Saya tahu Fantasian punya banyak karakter yang menarik dengan karakter desain yang punya pengaruh dekat dengan Sakaguchi-san karena dirinya yang memantau proses tersebut dan saya ingin semua gamers di dunia merasakan hal ini. Ya walau VO dan VA membuat pengalaman lebih sempit, tapi hal ini juga mengimprove pengalaman bermain karena akting dan performa bisa menambahkan layer yang kalian tidak bisa rasakan dari text sendiri. Jadi saya bersikeras memasukkan VO di versi ini agar lebih menarik kepada banyak gamers dan rasanya saya tidak main-main ketika diskusi hal tersebut.

Sakaguchi: Ya walau saya yang bilang bahwa tidak perlu ada VO, tetapi ketika bermain dengan VA rasanya ada perbedaan di pengalaman emosional, lebih banyak nuance yang kalian rasakan di karakter. Terima kasih Yoshida-san untuk itu. Dari casting, rekording, saya tahu Square Enix bawa banyak hal dari sisi tersebut

BACA JUGA BERITA INI
close