space
REVIEW - SWORD ART ONLINE: FRACTURED DAYDREAM
xboxone
Jumat, 11 Oct 2024

Hidangan Sedap Berupa Varian Class Dan Karakter Untuk Fans SWORD ART ONLINE (Varian Karakter Dan Class)


Source: Kotakgame

Untuk orang yang tidak mengikuti manga maupun anime dari SWORD ART ONLINE, saya cukup terpukau dengan karakter-karakter yang dihadirkan pada game ini. Apalagi untuk beberapa karakter wanita yang bisa dibilang cukup memikat hati para kaum pria. Selain itu setiap karakter di game SWORD ART ONLINE Fractured Daydream memiliki move set dan serangan yang berbeda-beda sesuai dengan playstyle kalian, selain itu setiap karakter akan memiliki skill unik nya sendiri, yang menambah varian dari segi gameplay untuk game yang satu ini. Beberapa karakter yang tersaji pada game SWORD ART ONLINE: Fractured Daydream adalah sebagai berikut:

  • Kirito
  • Asuna
  • Lisbeth
  • Klein
  • Agil
  • Heathcliff
  • Alice
  • Argo
  • Llenn
  • Eiji
  • Yuuki
  • Sinon
  • Fukaziro
  • Sterben
  • Administrator
  • Eugeo
  • Uberon
  • Leafa
  • Silica
  • Yuna
  • Yui

Tak hanya itu, adanya kostum di game ini kian membuat mata makin terpukau karena bisa melihat Kirito dan kawan-kawan bertarung menggunakan pakaian outfit yang berbeda. Walaupun kostum-kostum tersebut tidak memberikan efek apapun, akan tetapi hadirnya kostum di game ini memberikan kesan fresh terhadap penapilan karakter pada game ini.


Source: Kotakgame

Selain varian karakter, bermacam-macam tipe Class juga hadir untuk melengkapi elemen pada game ini. Terdapat enam varian Class yang dapat kalian gunakan untuk menyusun party yang seimbang yaitu Fighter yang memiliki damage besar, Tank yang berguna untuk defense, Rogue yang memiliki agility tinggi, Ranger yang mampu memberikan serangan range, Mage yang kaya akan serangan elemental dan terakhir ada Support yang akan memberikan buff kepada segala party. Class di sini bisa kalian kombinasikan tergantung kebutuhan party kalian.

Menurut saya SWORD ART ONLINE: Fractured Daydream sudah sangat berhasil membuat game yang tidak hanya diperuntukan bagi fans SWORD ART ONLINE secara keseluruhan saja, saya pun yang tidak memiliki ikatan kuat dengan animenya dapat terbenam hanya dengan menyaksikan skill-skill dan model yang diimplementasikan pada setiap karakter di game ini. Selain itu hadirnya sistem Class pada game ini juga menambah varian sistem mechanics sebagai salah satu elemen yang harus ada untuk setiap game Action RPG.

Combat Mechanics Simple Tapi Asik (Combat Mechanics)


Source: Kotakgame

Sebagai game Action RPG, Combat Mechanics tentu saja menjadi elemen penting sebagai pondasi action game. Element ini kerap kali menjadi yang terdepan untuk sebuah game karena sangat berpengaruh dalam gameplay keseluruhan. Dalam meracik Combat Mechanics untuk diterapkan pada game SWORD ART ONLINE: Fractured Daydream, Drimps Corporation menurut saya cukup berhasil untuk menerapkan elemen tersebut dengan seimbang, karena mereka berhasil membuat Combat Mechanic yang simpel namun tetap asik untuk dimainkan.

Dari Segi Combat Mechanics Drimps Corporation memberikan dua pilihan antara basic attack dan heavy attack, serangan ini juga bisa dikombinasikan untuk menciptakan beberapa combo, pemain juga dapat menahan tombol bassic attack maupun heavy attack untuk meluncurkan serangan yang berbeda. Selain itu kita juga dapat melakukan jump attack dan dash attack untuk melawan musuh. Combat ini memang terasa sangat basic, bahkan telah menjadi tamplate untuk beberapa game Action RPG yang lainnya. Namun, masih ada pembahasan lain yang membuat Combat Mechanic pada game ini menjadi menarik.


Source: Kotakgame

SWORD ART ONLINE: Fractured Daydream juga menawarkan 3 skill aktif yang dimiliki oleh setiap karakter, sebagai contoh Kirito memiliki Horizontal Square yang digunakan untuk serangan area, Vorpal Strike sebagai serangan yang difokuskan untuk target tertentu dan juga Nightmare Rain sebagai kombinasi serangan yang terdiri dari elemen api dan elemen angin. Mungkin dari kalian banyak yang berfikir kalau tiga skill tersebut masih kurang untuk memuaskan hasrat dalam mengalahkan musuh, tapi hal itu ga berhenti sampai disitu aja, karena Drimps Corporation juga menambahkan skill ultimate pada game ini yang tentu saja memiliki impact paling besar pada setiap pertarungan. Selain skill ultimate, juga tedapat secondary skill yang dinamakan Awakening. Skill Awakening ini bisa dibilang berbeda dengan skill ultimate, karena selain menghasilkan damage, skill ini juga memberikan buff dan beberapa keuntungan untuk karakter kita. Contohnya adalah skill Awakening dari Argo, karakter ini memiki skill bernama Risky Stealth dimana ia akan kebal dari serangan lawan dan dapat menghilang dari jangkauan lawan.

Selain skill active yang dimiliki oleh setiap character, terdapat juga skill pasive yang berguna untuk meningkatkan attack, HP, defense, elemental dan lain sebagainya. Namun skill ini bersifat sementara dan selalu acak, karena skill pasive ini hanya bisa kalian dapatkan melalui chest yang tersebar pada map, jadi kalian harus sering-sering melakukan eksplorasi untuk mendapatkan buff-buff tertentu sesuai kebutuhan kalian.

Untuk penerapan combatnya sendiri, game game ini memberikan gameplay yang cukup fluid namun tetap diperlukan strategi dalam mengalahkan setiap musuh pada game ini. Memang benar jika SWORD ART ONLINE: Fractured Daydream merupakan game buttom smashing, tapi seperti yang sudah saya bilang, penempatan serangan, kombinasi skill dan taktik tetap wajib kalian kuasai, karena setiap monster dan boss pada game ini terdapat weakness yang bisa kalain targetkan untuk memberikan damage yang besar. Tak hanya itu, pada saat boss fight kita juga akan diberikan presentase Break Gauge berupa indikator bar yang jika bar tersebut penuh musuh akan knock down, jadi kita bisa melakukan free hit.


Source: Kotakgame

Bisa dibilang Combat Mechanics di game ini merupakan elemen yang paling saya suka selain fitur co-op nya. Karena dengan menerapkan Combat Mechanics yang simpel sangat memudahkan para player baru yang mungkin kurang familiar dengan game RPG. Namun untuk para veteran game RPG khususnya Action RPG jangan dulu berburuk sangka, karena pada kenyataannya game ini tetap asik dan satisfying dalam setiap combatnya.

Baca ini juga :
» Rise of the Ronin - Review
» Grafis Cantik Bukan Jaminan! 7 Game Dengan Grafis Extra Ciamik, Namun Gagal di Pasaran!
» Jadi Petualang Tak Pernah Salah! 7 Game Eksplorasi Baru Yang Akan Rilis di 2022!
» Main Ulang Justru Berbeda! 7 Game Yang New Game+ Nya Membuat Perubahan!
» Elden Ring Penuh Misteri, Tapi 7 Senjata Paling Absurd Ini Akan Bikin Kamu Geleng-Geleng!
» Apakah Kamu Completionist? Apakah Kamu Punya 7 Tropi Platinum Tersulit Untuk Didapatkan?
» Perjalanan Elden Ring Kamu Berat? Pungut 7 Senjata Awal Ini Agar Gamenya Lebih Mudah!
» Pusing Nge-Game Tapi Keuangan Lagi Ketat? Cek Dulu 7 Game Gratis Yang Akan Datang 2022!

Setelah pembahasan mengenai point plus dari game SWORD ART ONLINE: Fractured Daydream, kali ini kita masuk ke dalam point minus yang menurut saya cukup mengganggu selama saya memainkan game ini. Oleh karena itu langsung aja kita masuk ke pembahasan nya. menambah varian sistem mechanics sebagai salah satu elemen yang harus ada untuk setiap game Action

BACA JUGA BERITA INI
close