space
SONY TAKEDOWN VIDEO BOCORAN PS5 PRO DARI YOUTUBER MOORE'S LAW IS DEAD! APAKAH BOCORANNYA BENERAN?
PS5
Rabu, 17 Apr 2024

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Sebulan yang lalu, seorang YouTuber terkenal di bidang teknologi merilis sebuah video yang cukup menggemparkan. Dalam video tersebut, YouTuber tersebut membagikan sebuah dokumen terperinci mengenai versi terbaru dari konsol game PS5 dari Sony yang telah di-upgrade.

Dokumen tersebut membawa informasi yang menarik, seperti peningkatan signifikan dalam hal rendering yang lebih cepat, peningkatan performa ray tracing hingga tiga kali lipat dari versi sebelumnya, dan hadirnya teknologi terbaru dari Sony yang disebut PlayStation Spectral Super Resolution (PSSR).

Menariknya, menurut laporan dari Digital Foundry milik Eurogamer, teknologi baru ini diklaim mampu meningkatkan kualitas gambar dari permainan-permainan yang ada di PS5.

Baca ini juga :

» Stellar Blade Kena Sensor Setelah Rilis, Beberapa Fans Langsung Marah
» Pemburu Cantik Yang Berdansa Dengan Pedangnya - Stellar Blade Review
» Bentar Lagi Rilis di PC! Ini dia Spesifikasi PC Buat Mainin Ghost of Tsushima: Director's Cut!
» Founder T-Series Mendorong Persatuan India agar Tidak Tersalip dengan MrBeast dalam Subscriber YouTube
» Youtube Makin Tegas! Aplikasi Pihak Ketiga yang Ada Adblock Bakal Buffering atau Dapat Pesan Error!
» Live Action One Punch Man Akan Dikerjakan Oleh Penulis Rick and Morty
» PS5 Pro is Real! Sony Minta Developer Siapin Game Mereka Termasuk Support Peningkatan Ray-Tracing!
» iShowSpeed Rayakan 24 juta Subscriber YouTube dengan Loncat ke Setup Streamingnya!

Selain itu, ada juga kabar bahwa model PS5 Pro akan dilengkapi dengan tambahan RAM sebesar 1,2GB untuk mendukung pengalaman bermain game yang lebih baik. Namun, informasi ini harus diambil dengan hati-hati karena video yang berisi dokumen tersebut telah dihapus dari YouTube atas klaim hak cipta yang diajukan oleh Sony Interactive Entertainment. Meskipun demikian, banyak laporan dan rumor baru-baru ini yang menunjukkan bahwa informasi yang bocor tersebut mungkin benar adanya.

Pada akhir pekan yang lalu, Tom Warren dari The Verge memberikan tambahan informasi yang menarik, yaitu bahwa PS5 Pro memang ada, dan Sony dikabarkan telah meminta para pengembang untuk menyiapkan game mereka untuk peluncuran musim panas. Di bawah ini rangkuman spesifikasi yang diduga bocor dari dokumen yang diberikan oleh 'Moore's Law is Dead':

  • Larger GPU with faster memory, providing 45% improved performance in rasterized rendering;
  • Massively improved ray tracing architecture that should deliver 2-3x speedup over the regular PS5, with peaks of 4x;
  • Custom machine learning architecture that supports 300 TOPS (Trillions of Operations Per Second) at 8-bit;
  • The ML architecture was built to enable the so-called PlayStation Spectral Super Resolution (PSSR) upscaling technique. The leaked document describes it as Sony's version of Multi Frame Super Resolution based on the PlayStation Machine Learning (PSML) algorithm. According to the leaked info, PSSR currently supports up to 4K, but there are plans to add 8K support;
  • PSSR is an ML-enhanced version of Temporal Anti-aliasing Upscaling (TAAU) that requires similar inputs to NVIDIA DLSS or AMD FSR and fully supports High Dynamic Range (HDR) pipelines. Moreover, no per-game training is required, just like with the latest version of DLSS. The document goes on to say PSSR requires just 250MB of the PS5 Pro's memory, with a current rendering cost of 2 milliseconds to upscale from Full HD to 4K, although optimization is still ongoing;
  • The document also includes an image comparison with TAAU and AMD FSR 2, reportedly showing that PSSR offers superior image quality.



Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close