space
ELON MUSK MULAI LATIH XAI PAKAI 100.000 VGA NVIDIA H100, JADI TRAINING AI PALING POWERFUL DI DUNIA!
Pop
Rabu, 24 Jul 2024

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Elon Musk baru saja mengumumkan bahwa xAI, salah satu usaha teknologi terpopuler yang ia pimpin, telah memulai pelatihan GROK 3 menggunakan GPU NVIDIA H100 generasi terbaru di Memphis. Pengumuman ini dilakukan melalui X, di mana Musk menyebut klaster pelatihan AI ini sebagai "klaster pelatihan AI paling kuat di dunia!" Dalam postingan tersebut, Musk menjelaskan bahwa supercluster ini akan dilatih menggunakan 100.000 GPU H100 dengan liquid cooling yang dihubungkan melalui satu fabric RDMA. Ia juga menyampaikan selamat kepada tim xAI, X, dan Nvidia yang telah memulai pelatihan ini di Memphis.

Pelatihan ini dimulai tepat pada pukul 4:20 pagi waktu Memphis. Elon Musk dalam postingan lanjutannya mengklaim bahwa AI paling kuat di dunia ini akan siap digunakan pada bulan Desember tahun ini. Menurut laporan, GROK 2 dijadwalkan untuk dirilis bulan depan, sementara GROK 3 akan siap pada akhir tahun. Pengumuman ini datang sekitar dua minggu setelah xAI dan Oracle membatalkan kesepakatan server senilai $10 miliar.

Sebelumnya, xAI menyewa chip AI Nvidia dari Oracle. Namun, mereka memutuskan untuk membangun server mereka sendiri, mengakhiri kesepakatan yang sudah berjalan dan seharusnya berlangsung beberapa tahun lagi. Kini, proyek ini bertujuan untuk membangun superkomputer sendiri yang lebih unggul dari yang dimiliki Oracle, dengan menggunakan seratus ribu GPU H100 berkinerja tinggi. Setiap GPU H100 ini dihargai sekitar $30.000. GROK 2 menggunakan 20.000 GPU H100, namun GROK 3 membutuhkan daya lima kali lipat untuk mengembangkan chatbot AI-nya.

Keputusan ini terbilang mengejutkan mengingat Nvidia akan mengirimkan GPU H200 yang lebih baru pada kuartal ketiga tahun ini. GPU H200 yang mulai diproduksi massal pada kuartal kedua menggunakan arsitektur Hopper yang canggih, menawarkan konfigurasi memori yang lebih baik dan menghasilkan waktu respons yang lebih cepat hingga 45% untuk output AI generatif. Menyusul H200, Nvidia juga berencana meluncurkan GPU B100 dan B200 berbasis arsitektur Blackwell pada akhir tahun 2024.

Baca ini juga :
» Elon Musk Berencana Gratiskan Starlink Ke Seluruh Dunia, Kominfo: Perlu Evaluasi!
» Pasien Ke-dua Neuralink Bisa Main Counter Strike 2 Dengan Bantuan Chip di Dalam Otak!
» Elon Musk Siap Adu Jotos Di Atas Ring Melawan Mark Zuckerberg!
» Masih Mau Tarung, Elon Musk Sebut Dirinya Siap Kapan Saja Untuk Baku Hantam dengan Mark Zuckerberg!
» Apple Dituduh Curi Video dari Youtuber MrBeast dan MKBHD Buat Ngelatih AI!
» Performa Puncak Laptop Gaming AI, Teknologi Pendingin Terbaik! Review Acer Predator Helios 18
» Elon Musk Ingin Manusia Punya Kekuatan Super Lewat Neuralink, Chip yang Ditanam Dalam Otak!
» Starlink Mini Resmi Dirilis, Cuma Segede Laptop dan Bisa Colok Powerbank!

xAI merencanakan Gigafactory of Compute akan siap beroperasi sebelum musim gugur tahun 2025. Namun, operasional Gigafactory ini dimulai lebih cepat dari rencana semula. Menurut Elon Musk, model bahasa besar yang canggih ini akan sepenuhnya dilatih pada akhir tahun 2024, dan akan menjadi AI tercepat yang pernah ada di dunia hingga saat ini.

Pelatihan AI skala besar seperti ini menunjukkan ambisi besar xAI dalam mendominasi industri teknologi AI. Dengan memanfaatkan GPU H100 dari Nvidia yang sangat canggih, xAI bertujuan untuk menciptakan chatbot AI yang mampu menawarkan performa luar biasa dan responsivitas tinggi. Keberhasilan pelatihan ini tidak hanya akan menempatkan xAI di garis depan teknologi AI, tetapi juga memberikan dampak signifikan pada berbagai sektor industri yang bergantung pada AI untuk inovasi dan efisiensi operasional.



Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close