space
[TGS 2024] PREVIEW DRAGON QUEST III HD-2D REMAKE - NOSTALGIA GAMER SENIOR, MERANGKUL GAMER JUNIOR
Switch
Jumat, 27 Sep 2024

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Ketika mendengar nama "Dragon Quest" tentunya kita akan langsung mengingat sebuah game legend yang juga melibatkan Akira Toriyama sebagai character designer-nya. Saking melegendanya, beberapa gamer yang tidak pernah bermain game ini bahkan sampai mengetahui atau pernah mendengarnya khususnya untuk pecinta JRPG. Nah, KotakGame mendapat kesempatan cobain remake dari Dragon Quest III yang dulu rilis pada 10 Februari 1988 di kantor Square Enix di Shinjuku, Tokyo pada 24 September lalu. Penasaran sama pengalaman KotakGame main Dragon Quest III HD-2D Remake?

Permainan dimulai dengan seorang pahlawan yang berdiri di atas bukit, pada titik ini, kami mendapatkan sebuah tes kepribadian yang akan menentukan kepribadian dari sang hero. Pertanyaan mengenai etika, visi misi, dan kebiasaan ini diakhiri dengan berpindahnya karakter kami ke sebuah bar dan kejujuran kami diuji, disini kami diminta membuat keputusan antara memberi tahu seorang pria bucin mengenai pacarnya yang tidak ingin menikahinya atau berbohong agar dia tidak sedih.

Setelah melakukan sedikit research, kami mengetahui bahwa kemana karakter berpindah atau scene apa yang akan terjadi semuanya tergantung pada jawaban beberapa pertanyaan sebelumnya, dan ini kami rasa sangat keren! Setelah melakukan tes, kami membuat kepribadian hero kami sebagai "Lone Wolf" yang senang melakukan apa-apa sendiri.

Setelah itu, selama sekitar setengah jam kami mulai bermain di awa permainan dimana kami diminta untuk menemukan kunci rahasia yang bisa membuka semua gembok (ini bohong karena tetap ada beberapa gembok yang tidak bisa dibuka), tentunya walau kami adalah seorang "Lone Wolf," kami tetap diminta untuk mengajak beberapa orang masuk ke party.

Sistem pencarian party di Dragon Quest III HD-2D Remake juga sangat unik, kita perlu pergi ke bar di kota pertama, Aliahan, dan melihat beberapa karakter yang bisa kita ajak bergabung, seiring berjalannya waktu, akan ada lebih banyak class yang bisa kita ajak bertualang, namun untuk di awal permainan, kita akan membentuk party paling basic di semua JRPG, Hero, Warrior, Mage, dan Priest.

Petualangan di Dragon Quest III HD-2D Remake terasa sangat menyenangkan dengan grafis "HD-2D" yang sangat indah. Setiap NPC yang ditemui juga bisa diajak bicara dan beberapa bahkan bisa memberikan kita sebuah rahasia yang bisa berakhir dengan menemukan item tidak terduga. Takut lupa dengan apa yang dibicarakan bersama NPC? Dragon Quest III HD-2D Remake memberikan fitur untuk menyimpan obrolan ke memori walaupun fitur ini tidak bisa digunakan secara terbatas.

Mengenai pertarungan, Dragon Quest III HD-2D masih mengusung sistem turn-based battle dan random encounter. Disinilah esensi grinding era keemasan JRPG sangat terasa. Setiap beberapa langkah baik di overworld maupun di dungeon, kami selalu bertemu monster, meskipun ada item seperti Holy Water dan spell yang bisa membuat musuh yang lebih lemah kabur, tetap saja mungkin ada beberapa gamer yang tidak suka dengan random encounter yang terlalu sering.

Diluar itu, animasi battle yang dihadirkan benar-benar indah, meskipun kita tidak bisa melihat sang hero dan partynya ketika pertarungan, alias cuma bisa melihat musuh, namun serangan mereka digambarkan dengan efek-efek keren. Bahkan senjata yang berbeda juga bisa menghasilkan animasi yang berbeda.

Tenang saja, kalau kalian merasa sudah terlalu kuat dan bisa mengalahkan musuh dengan mudah tanpa strategi kompleks, kalian bisa mengatur taktik setiap anggota party sehingga mereka bisa bertarung secara otomatis dan perilaku mereka tergantung dengan taktik yang dipilih seperti mereka bisa bertarung secara hati-hati, memprioritaskan keselamatan anggota party, atau menyerang secara agresif tanpa peduli MP.

Salah satu hal yang mengejutkan kami pada game ini adalah Dragon Quest III HD-2D Remake memiliki voice over, hal yang sangat jarang kita dengar di game 2D meskipun voice over sudah menjadi hal biasa. Selain obrolan, kita juga bisa mendengar erangan atau suara-suara lain yang keluar dari mulut anggota party ketika sedang bertarung, selain itu, dari awal permainan kalian pasti sudah bisa merasakan seberapa indah musik di game ini.

Pada hands-on kali ini kami diberikan kebebasan untuk bermain sejauh yang kami mau selama 2 jam, namun kami memutuskan untuk berhenti setelah menemukan Magic Key pada menit 30, bukan karena bosan tentunya tapi karena kami diberikan akses ke save file dengan progress lebih jauh.

Baca ini juga :

» [TGS 2024] Dari Persona Sampai Sonic! Meriahnya Booth Sega dan Atlus di Tokyo Game Show 2024
» [TGS 2024] HYBE Memperkenalkan Gameplay Game Terbarunya, Dungeon Stalkers, di Tokyo Game Show 2024!
» [TGS 2024] Square Enix Pamer Gameplay DRAGON QUEST III HD-2D Remake di Tokyo Game Show 2024!
» [TGS 2024]Preview Romancing SaGa 2: Revenge of the Seven - Belajar Jadi Emperor Lintas Generasi
» [TGS 2024] Aniplex dan Too Kyo Game Perlihatkan Gameplay The Hundred Line: Last Defense Academy
» [TGS 2024] CESA Laporkan Perkembangan Industri Game Jepang Tumbuh Pesat, Program Pengembang Game Baru Diluncur
» [TGS 2024] Dalam Perayaan Ulang Tahun ke-25, LEVEL-5 Memperkenalkan Tiga Game Baru di Tokyo Game Show 2024!
» [TGS 2024] Capcom Online Special Program - MH Wilds dan Capcom Pro Tour!


Pada save file kedua ini, kami mulai di sebuah kolosium untuk dan bisa mendaftar turnamen, bukan turnamen untuk sang hero dan anggotanya namun untuk monster, ya, disini kita bisa berteman dengan monster dan membuat mereka bertarung di turnamen. Pertarungan antar monster juga tidak terlalu berbeda, hanya saja kita tidak bisa mengontrol mereka secara manual melainkan hanya bisa menggunakan taktik agar mereka bertarung sendiri.

Dragon Quest III HD-2D Remake merupakan game yang sangat solid, dan bisa jadi awal mula kalian mencintai seri ini melihat secara timeline lore, Dragon Quest III terjadi pertama kali. Kesimpulannya, hands-on kali ini semakin memperkuat hasrat dan keinginan kami memainkan (dan menamatkan) Dragon Quest III HD-2D Remake terlebih karena sang produser berkata pada wawancara bahwa akan ada post-game content setelah berhasil menamatkan pertama kali.

Itu dia preview dari kami, Dragon Quest III HD-2D Remake akan rilis pada 14 November 2024 untuk Nintendo Switch, PS5, Xbox Series X|S, dan PC.




TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close