space
INTERVIEW MICHAEL MURRAY, PRODUCER TEKKEN 8 - POTENSI MUNCULNYA KARAKTER PENCAK SILAT
-
Selasa, 24 Sep 2024


Q: Bagaimana cara kalian membuat Warrior Instinct milik Heihachi menjadi lebih seimbang selain penggunaannya yang terbatas, dan menurutmu, apa strategi yang tepat untuk melakukan counter pada musuh Heihachi ketika mereka menggunakannya?


Murray:  jadi kalau kamu pernah bermain beberapa karakter baru di TEKKEN 8, kamu pasti menyadari beberapa dari mereka memiliki mekanisme yang mirip seperti Mandinga milik Eddie, atau Lidia yang selalu bisa memperkuat dirinya sampai dia memiliki level yang cukup untuk mendapatkan opsi terkuat dari serangannya, dan sebagainya. Masing-masing dari mereka unik, beberapa bisa dibawa ke ronde berikutnya, beberapa tidak. Namun, untuk Heihachi, ketika digunakan akan hilang, seperti yang kamu bilang. Jadi caramu mengaksesnya adalah kamu harus memasuki Heat State 3x sehingga paling cepat hanya bisa dipakai di ronde 3. Jadi strateginya adalah apakah kamu memakainya di awal ronde, atau menunggu hingga kamu merasakan waktu yang tepat untuk menyerang dan menang. Memang Warrior Instinct terlihat kuat namun penggunanya harus survive beberapa lama dan belum tentu kamu akan menang setelah menggunakannya karena meskipun memberikan Heihachi akses ke beberapa serangan yang sebelumnya tidak bisa dilakukan, mengurangi recoverable gauge dari HP musuh, dan sebagainya, namun, kelemahan bawaan dari Heihachi masih ada sepertinya contohnya, Mishima, termasuk Heihachi lemah akan sidestep atau sidewalk, dia juga tidak memiliki banyak opsi serangan low, jadi kelemahannya masih disana dan kamu perlu memikirkan hal tersebut dan menggunakannya untuk keuntunganmu dan coba untuk mengalahkannya tanpa memberinya kesempatan untuk menggunakan Heat State.



Q: Mengenai kolaborasi dengan Nike yang sudah diinfokan sejak EVO, serta kolaborasi dengan Gentle Monster yang baru saja diinfokan, jadi bagaimana anda memutuskan kolaborasi ini dan bagaimana proses rancangannya?


Murray: Kami telah melakukan banyak kolaborasi seperti dengan Uniqlo, dengan Supreme untuk TEKKEN 7, jadi ada beberapa hal berbeda mengenai terjadinya kolaborasi ini. Seperti contohnya untuk Gentle Monster, tim kami yang didatangi oleh mereka dan mereka tertarik untuk melakukan sesuatu bersama TEKKEN. Kami memiliki beberapa orang di tim kami yang sudah menjadi fans Gentle Monster jadi mereka sudah tahu mengenai brand ini dan mereka rasa akan cocok dengan TEKKEN, lalu Gentle Monster yang merancang desainnya untuk kacamata hitam yang asli dan mereka juga akan memiliki beberapa aktivitas di toko mereka seperti dekorasi yang kami berikan beberapa saran agar terasa seperti TEKKEN namun, untuk desain dari produknya lebih banyak dikerjakan dari sisi mereka.

Kolaborasi dengan Nike sendiri adalah salah satu brand yang saya dan direktur Nakatsu ingin lakukan sejak lama. Kami berdua merupakan fans sneaker dan TEKKEN juga terkenal dengan latar Kazuya yang merupakan seorang sneakerhead. Kami memperlihatkan hal tersebut pada opening movie jika kalian masih ingat saat Kazuya membuka lemari yang penuh dengan sneaker. Jadi, kami yang datang ke Nike dan kami rasa saat itu adalah waktu yang tepat karena kami akan merayakan ulang tahun ke-30 TEKKEN dan kami juga memiliki game baru yang banyak dibicarakan jadi kami rasa saat itu kami memiliki waktu dan posisi yang baik untuk mendatangi Nike karena kalian tahu mereka sangat terkenal dan tidak butuh untuk melakukan kolaborasi.

Kami tahu bahwa ini akan sulit dilakukan namun secara mengejutkan ternyata mereka juga antusias dengan hal ini sejak awal dan ketika kami mulai melakukan desain, saya duduk bersama mereka dan menjelaskan mengenai lore dari TEKKEN, apa yang kami bayangkan, apa yang pemain sukai dan mereka mengambil catatan dari hal tersebut dan perancang dari sepatu ini, Juan, ternyata adalah seorang fans TEKKEN yang sudah bermain selama bertahun-tahun dengan saudara dan ayahnya, jadi desain miliknya sempurna dan mereka memiliki desain seperti kulit buaya berwarna ungu, dan bagian metalnya yang mirip dengan jaket Kazuya, semuanya datang dari dia (Juan), jadi kami memiliki sinergi yang kuat untuk projek ini. 

Baca ini juga :

» Kembali Jadi Pilot Mecha di Game Legendaris PS1!
» Scarlet Nexus
» Little Nightmares II: Semakin Gelap dengan Petualangan yang Lebih Intens
» Captain Tsubasa: Rise of New Champions
» Fans SAO Merapat! Inilah Deretan Game Sword Art Online yang Wajib Kamu Mainkan
» SAO: Alicization Rising Steel
» Code Vein
» Para Bintang Terbaik! Inilah Ranking 5 Karakter Paling Overpowered di Jump Force!

Q: Bagaimana perasaan tim ketika tahu mereka akan kembali mengerjakan Heihachi untuk TEKKEN 8?


Murray: Bisa dikatakan ini adalah pengalaman yang luar biasa, mungkin kalian tahu bahwa Harada merupakan fans berat Heihachi, ketika dia masih muda dan sering mengadakan turnamen di arcade, dia disebut sebagai Heihachi dari Shinjuku, karena hampir semua pemain dari Jepang memiliki lokasi dan nama karakter mereka. Jadi dia selalu memiliki kecintaan spesial terhadap karakter ini, pada TEKKEN 7, ketika kami membuat Story Mode untuk game tersebut, kami harus membuat memperlihatkan bagaimana keluarga Mishima ingin saling membunuh sejak lama jadi kami harus memiliki kesimpulan akhir dari hal ini jadi Harada mengatakan pada direktur Nakatsu dan padaku, "Ok, aku tahu ini tidak akan menyenangkan tapi kita harus membunuh Heihachi dan ini perlu dilakukan," jadi Nakatsu dan saya bekerja keras untuk membuat nya terlihat meyakinkan.

Lalu, berbicara mengenai TEKKEN 8, dia tidak masuk ke roster awal, fokusnya lebih ke karakter misterius, Reina, namun, ulang tahun ke-30 datang dan kami berpikir, "bagaimana kami akan merayakan ini tanpa Heihachi, salah satu karakter paling iconic dari franchise?" dan Harada berkata "kau tahu, aku tidak ingin benar-benar membunuhnya, namun kau dan Nakatsu benar-benar meyakinkan.

Jadi, sangat menyenangkan untuk membuat jalan cerita yang bisa memberikan penjelasan yang masuk akal kenapa dia belum mati, dan ada sedikit hal yang menyenangkan mengenai Victor saat dia berbicara dengan Raven mengenai kematian Heihachi Mishima secara berulang kali, jadi seharusnya kalian sudah memperhatikannya.

Sangat menyenangkan untuk mengembalikan Heihachi dan Nakatsu dan tim pengembang telah melakukan pekerjaan yang luar biasa bukan hanya dari tampilannya, kalian bisa melihat detailnya karena model karakter benar-benar dibuat ulang, dan bahkan kostumnya, dia selalu memiliki harimau yang iconic di punggungnya dan kami sedikit melakukan perubahan pada desain harimau tersebut dan keseluruhan kostum berubah jadi dia terlihat sangat keren pada game baru. Move set miliknya, dia memiliki banyak teknik baru, stance baru, seluruh gameplay baru yang dimilikinya, aku pikir dia adalah salah satu dari banyak tambahan yang luar biasa untuk TEKKEN 8 sejauh ini. Jadi ini adalah pengalaman yang luar biasa untuk mengembalikkannya ke TEKKEN 8.



Q: Bagaimana cara tim pengembang menyeimbangkan Heihachi antara memberikannya sesuatu yang baru dan tetap memberikan hal yang sudah diketahui oleh para fans?


Murray: Kami sangat ingin membuat Heihachi terasa baru tapi seperti katamu, pada saat yang bersamaan, dia sudah memiliki fans tersendiri. Jadi, untuk TEKKEN 8 seperti untuk Nina dan karakter yang kami munculkan kembali, kami bisa menentukan apa yang merupakan keunggulan dari setiap karakter, mereka tidak bisa unggul dalam setiap hal, beberapa karakter kuat di satu area dan yang lain kuat di area lainnya dan mungkin strategi mereka berubah pada hal tertentu karena Heat.

Begitu juga dengan Heihachi, tim langsung menentukan daripada melakukan hal yang sama seperti judul sebelumnya seperti TEKKEN 7, mereka ingin membuatya lebih kuat dan dinamik pada animasinya, jadi mungkin kalian menyadari ada beberapa gerakannya dan koneksinya berubah seperti saya biasa menggunakan pukulan low backhand miliknya lalu maju dan melakukan low kick sweep dan itu sedikit cheesy dan sering berguna. Namun, hal seperti itu sudah dihilangkan saat ini dan sekarang lebih fokus ke moveset yang dinamis dan kuat, seperti serangan iconic uppercut yang melontarkan musuh, hell sweep miliknya masih ada dan ditambahkan dengan spin kick sambil melompat. Ada banyak hal lain yang diubah.

Untuk memfasilitasi serangan yang terlihat kuat tersebut dan membuatnya lebih mudah dilakukan oleh mereka yang baru bermain TEKKEN 8 untuk pertama kalinya, kami menambahkan stance baru, Thunder God Stance dan Wind God Stance, seperti kalian bisa lebih mudah mengeluarkan Wind God Fist dan Wind God Fist yang keluar dari stance akan menjadi serangan mid dan bukan high sehingga lebih mudah disatukan dengan kombo, namun tetap ada kekurangannya dimana serangan ini lebih mudah di-punish.

Pada judul ini juga dia tidak memiliki banyak serangan low seperti karakter lainnya, jadi meskipun dia kuat dan dinamis, dan terasa fluid dan menyenangkan, dia masih memiliki beberapa kekurangan seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya jadi seperti itulah bagaimana kami menyeimbangkannya. Jika kamu adalah pemain yang baik kamu bisa menyiasati kekurangannya. Jadi dia dibuat lebih mudah dimainkan namun jika ingin membuatnya lebih kuat, kalian masih membutuhkan lebih banyak skill dari karakter lain.

BACA JUGA BERITA INI
close