space
INTERVIEW MICHAEL MURRAY, PRODUCER TEKKEN 8 - POTENSI MUNCULNYA KARAKTER PENCAK SILAT
-
Selasa, 24 Sep 2024

Q: Bagaimana anda melihat masa depan TEKKEN terutama dengan berkembangnya teknologi dan ekspektasi pemain yang semakin tinggi?


Murray: Itu merupakan pertanyaan yang sulit, aku pikir evolusi TEKKEN terbesar yang saya rasakan adalah ketika TEKKEN menjadi satu-satunya game fighting 3D yang tersisa, dulu sempat ada Virtual Fighter, TEKKEN, Death or Alive, Toshinden. Namun, TEKKEN mungkin menjadi satu-satunya yang masih melakukan update terhadap franchise-nya setiap 3 tahun, jadi hal tersebut adalah evolusi karena kami menjadi 3D fighting game yang tersisa dan secara konsisten kami terus mendapatkan pemain baru di seri ini yang tidak memiliki pengalaman di game fighting 3D dan akan merasakan evolusi dari Street Fighter, atau Guilty Gear.

Namun, pada saat yang bersamaan saya pikir itu menjadi tidak mungkin karena bagaimana kami melakukan evolusi pada seri ini untuk menjadi lebih mudah untuk pemula dan bukan hanya mempermudah kontrol, namun juga menambahkan fitur seperti My Replay Tips dari TEKKEN 7 dimana anda bisa melihat replay dan akan diberi saran mengenai beberapa gerakan. Kami telah menyempurnakannya lebih jauh untuk TEKKEN 8 dan kami juga menambahkan opsi untuk melakukan stop pada replay dan melakukan replay pada poin tertentu, dan melihat apa yang salah dan skenario yang terjadi jika anda melakukan hal lain. Hal-hal kecil ini membuat TEKKEN menjadi lebih mudah untuk pemain baru.

Evolusi dari Special Style juga sangat keren untuk dilihat. Ini hal baru di TEKKEN 8 dan mungkin beberapa orang berpikir kalau Street Fighter memiliki hal serupa untuk kombo 1 tombol, namun kami telah melakukan evolusi pada hal ini seperti anda bisa memilih dari banyak teknik. Kami menambahkan teknik yang bisa dengan mudah di-punish dan ada banyak hal keren yang sedang kami kerjakan namun tidak bisa kami bicarakan namun kami membuatnya lebih baik sehingga pemain tidak perlu tahu banyak soal game untuk mendapatkan kesenangan dengan teman mereka yang lebih baik.

Aku melihat evolusi dari TEKKEN adalah membuatnya menjadi fighting game yang lebih mudah dimengerti dan sampai ke titik dimana orang-orang bisa menikmati pertarungan antara dua pemain yang benar-benar mengerti soal game ini. Hal ini juga memiliki hubungan dengan komunitas seperti yang kami lakukan dengan TEKKEN Fight Lounge dimana pada awal perilisan hanya sedikit yang bisa dilakukan disana namun kami terus mengembangkannya seperti dengan Online Practice Area dan ada banyak fungsi yang kami tambahkan. Hal ini bertujuan untuk terus membuat anggota komunitas tersambung satu sama lain jadi kami harap mereka akan terus bermain game ini dan semua orang dapat mendapatkan kesenangan. Jadi, aku dapat melihat bahwa hal-hal ini yang akan terus berkembang di masa depan.


Q: Kita tahu bahwa beberapa karakter memiliki chip damage yang tinggi yang bisa selalu digunakan sementara yang lain tidak, bagaimana anda melihat konsep ini?


Murray: Seperti yang sudah aku bahas, mungkin Alisa memiliki chip damage yang tinggi namun, dia pasti memiliki hal yang lemah. Jika kami membuat semua karakte memiliki chip damage yang tinggi, mereka akan memiliki jumlah low attack yang sama, launcher yang mirip, lalu kenapa harus punya banyak karakter kalau semuanya mirip?

Jadi, ketika sesuatu terasa begitu kuat, seperti ketika ada turnamen online dimana seorang karakter sangat mendominasi dan orang-orang merasa dia broken atau seperti pendapat pro player atau orang yang mengerti TEKKEN. Namun, itu tidak sesimpel itu, kami sengaja membuat karakter kuat di sat area, namun jika ternyata dia kuat di segala bidang, baru itu adalah hal yang perlu kami pertimbangkan. Ketika kami melakukannya, kami harus rasional, kami tidak bisa melakukan perubahan hanya karena pemain top TEKKEN World Tour harus setara dengan pemain baru dan tidak bisa karena Arslan mengalahkan pemain di sebuah pertarungan kami harus mendapatkan data yang sangat banyak dari segala grup, bukan hanya dari reaksi seseorang.

Baca ini juga :

» Kembali Jadi Pilot Mecha di Game Legendaris PS1!
» Scarlet Nexus
» Little Nightmares II: Semakin Gelap dengan Petualangan yang Lebih Intens
» Captain Tsubasa: Rise of New Champions
» Fans SAO Merapat! Inilah Deretan Game Sword Art Online yang Wajib Kamu Mainkan
» SAO: Alicization Rising Steel
» Code Vein
» Para Bintang Terbaik! Inilah Ranking 5 Karakter Paling Overpowered di Jump Force!


Q: Selain untuk menjelaskan kembalinya Heihachi, kenapa anda membuat sebuah Story Mode baru dan membuatnya gratis untuk semua orang?


Murray: Yang pertama untuk merayakan ulang tahun ke-30 Tekken yang juga memberikan alasan untuk memberikan perlakuan spesial terhadpa Heihachi. Kami sadar bahwa fan-base TEKKEN selalu memiliki keinginan yang berbeda, ada yang selalu bermain Ranked Match, ada yang selalu melakukan kustomisasi karakter seharian, ada juga yang bermain campaign, atau mini-game lain, jadi salah satu trend yang kami sadari adalah banyak pemain baru yang peduli dengan jalan cerita dan hal ini memotivasi mereka untuk melihat apa yang terjadi pada karakter favorit mereka dan bagaimana jalan cerita dari judul sebelumnya.

Kami menyadari banyak yang meminta konten cerita setelah perilisan, jadi karena ada kebutuhan seperti itu dari pemain, dan kebutuhan untuk membuat jalan cerita yang meyakinkan untuk kembalinya Heihachi, dan pada saat yang bersamaan, kami ingin menjelajahi jalan cerita karakter lain yang baru ditambahkan seperti Eddy dan Lidia dan bukan hanya sekedar menambahkan mereka ke game dan ini merupakan keseimbangan yang baik.

Saya sudah pernah mengatakannya namun, kalian bisa bermain karakter baru secara gratis di Story Mode jadi kami tidak bisa memberikan karakter secara gratis karena ada banyak orang yang bekerja saat pengembangan dan hal ini membutuhkan uang, namun ini merupakan keseimbangan yang baik untuk membuat pemain mencoba karakter baru sebelum membeli DLC jadi ini adalah hal yang baru, kami tidak yakin bagaimana hasilnya, namun saya pikir ini adalah eksperimen yang baik untuk mencapai keseimbangan antara apa yang pemain butuhkan dan apa yang harus kami capai sebagai sebuah produk.


Q: Judul dari Story Mode yang baru dimulai dengan kata "Episode" apakah ini memperlihatkan bahwa kami bisa menantikan Story Mode baru lainnya ketika lebih banyak karakter baru ditambahkan di masa depan?


Murray: Ini adalah kali pertama kami melakukan hal ini di TEKKEN, dan ketika anda memainkannya anda akan menyadari bahwa ada banyak volume, ada banyak film CG, anda bisa memilih karakter mana yang ingin anda mainkan di beberapa part story. Hal ini membutuhkan banyak sumber daya dan waktu untuk dikembangkan jadi ini adalah tes seperti yang saya katakan. Jika kami melihat ada banyak pemain yang menyukai hal ini dan bisa membuat pemain tetap bermain, dan jika membantu penjualan game maka akan lebih mudah untuk meyakinkan bos saya menempatkan sumber daya ke story baru, jadi kita lihat saja. Semoga banyak yang mencobanya!


Q: Apa tantangan yang tim hadapi ketika mengembangkan ekspansi ini, seperti budget, atau tantangan lain selama proses ini?


Murray: Tidak ada terlalu banyak tantangan yang bisa dibicarakan, karena kami sudah memiliki jalur pengembangan dari saat membuat Dark Awakens. Tantangan yang terasa adalah bagaimana kami memperlihatkan Heihachi dan detailnya. Mungkin kalian menyadari bekas pukulan di dadanya, dan bagaimana luka tersebut menyala ketika dia melakukan power up, anda tidak akan percaya seberapa lama waktu yang kami butuhkan dalam menentukan tampilan bekas pukulan tersebut. Detail seperti ini yang membuat jalan cerita lebih autentik, mereka tidak bisa hanya terlihat keren, mereka harus memiliki alasan seperti jika Kazuya dan Heihachi bertarung, bekas apa yang akan terlihat setelah serangan tertentu dan apa yang akan Heihachi katakan pada saat tertentu.

Aku tidak ingin berbicara banyak namun, bagaimana kami memperlihatkan perkembangan Heihachi seperti apa motivasi aslinya, dan sebagainya. Hal ini lebih ke bagaimana kami tetap membuatnya terasa setia terhadap brand ini dan ya, mungkin anda tahu bahwa Heihachi sudah beberapa kali "tewas" dan kami harus memikirkan banyak detail untuk membawanya kembali saat ini.


Q: Pada Tekken 7 ada beberapa guest character seperti Akuma dari Street Fighter dan Geese dari Fatal Fury, apakah ada rencana untuk guest character di Tekken 8?


Murray: Aku tidak mau berkata tidak, namun karena kami mempunyai game baru dengan 32 karakter saat peluncuran yang terhitung banyak untuk fighting game khususnya 3D namun, TEKKEn sudah berjalan sangat lama dimana jika kami menambahkan seluruh karakter, kami memiliki sekitar 70 karkater. Jadi dengan 32 karakter + 3 karakter tambahan, masih ada banyak karakter yang belum muncul dan yang fans ingin datang kembali.

Sulit untuk menyeimbangkan antara penambahan karakter baru, khususnya dari IP lain, dengan menambahkan karakter yang menjadi favorit fans yang sudah menonjol di seri. Namun, kami menyadari seberapa besar dampak guest character terhadap pemain diluar fanbase khususnya saat kami menambahkan karakter dari IP besar seperti Negan dari The Walking Dead atau karakter lain.

Sebagai fans dari game fighting ada banyak karakter dari Street Fighter atau Kings of Fighter yang ingin kami tambahkan namun banyak yang harus diperhatikan, jadi ketika waktunya tepat mungkin kami akan memikirkannya namun saat ini kami lebih fokus ke TEKKEN dan roster sebelumnya dan karakter baru.


Q: Fans dari Asia Tenggara khususnya Indonesia dan Malaysia sudah lama meminta karakter yang menggunakan gerakan Pencak Silat, apakah ada rencana untuk membuat karakter ini?


Murray: Aku adalah seorang otaku bela diri dan aku senang melihat banyak bela diri. Jadi, aku menantikan IMAG (Indoor Martial Arts and Gaming) Tournament yang seharusnya dilaksanakan di Thailand namun sayangnya dibatalkan namun aku menyadari selain ada Muay Thai, ada Pencak Silat juga disana. Aku pernah mendengarnya dan melihat beberapa gerakanya di film namun saya belum benar-benar mempelajarinya tapi aku pernah melihat kompetisinya dan bagaimana mereka memiliki beberapa kategori untuk dipertandingkan, seperti bagaimana mereka memiliki kata mereka, ada pertarungan.

Pencak Silat memiliki banyak tendangan dan beberapa serangan dengan senjata, dan juga kata. Aku sangat mencintai bela diri dan secara personal, hal ini menarik untuk saya, jadi ini adalah hal yang akan saya lihat di masa depan jika kami bisa menemukan karakter yang tepat untuk implementasinya.

BACA JUGA BERITA INI
close