space
VIRAL ELAELO.ID MEDSOS LOKAL YANG CLAIM BIKINAN PEMERINTAH UNTUK GANTIKAN X!
Pop
Selasa, 18 Jun 2024

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Belakangan ini, masyarakat Indonesia diramaikan dengan kehadiran elaelo.id, yang disebut-sebut sebagai media sosial pengganti X/Twitter. Namun para pakar mengingatkan agar publik tidak mudah terkecoh dengan klaim tersebut.

Elaelo menjadi perbincangan hangat setelah diviralkan di berbagai platform media sosial. Narasinya menyebutkan bahwa Elaelo adalah media sosial lokal pengganti X/Twitter, ditambah lagi dengan penggunaan logo Garuda Pancasila yang menarik perhatian. Banyak netizen yang mencoba platform ini, namun sayangnya, pengalaman mereka sering kali mengecewakan.

Pakar keamanan siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya, menjelaskan bahwa Elaelo tampak seperti situs yang tidak jelas maksud dan tujuannya. "Siapa yang klaim Elaelo buatan pemerintah? Domainnya saja tidak secure. Owner-nya dicari Aksara Digital. Kalau model begini mau jadi pengganti X ibaratnya ikan lohan mau ganti ikan paus" ujarnya.

Alfons menekankan bahwa tidak mudah untuk menggantikan platform media sosial yang sudah mapan. Threads saja belum berhasil menggeser X. Jadi, semua pihak terkait harus serius jika ingin membangun platform media sosial yang aman dan nyaman untuk penggunanya.

Baca ini juga :
» Elon Musk Berencana Gratiskan Starlink Ke Seluruh Dunia, Kominfo: Perlu Evaluasi!
» Handheld Gaming paling SIGMA 2024! Review ROG Ally X
» CEO Telegram Pavel Durov Ditangkap Di Prancis, Elon Musk Gunakan Tagar "#FreePavel"
» Kirim Surat Peringatan Ke-dua, Aplikasi Bigo Live Terancam Diblokir Kominfo!
» Ada Indikasi Dukungan Transaksi Jud0l, 42 Platform Pembayaran Terancam Diblokir Kominfo
» Warganet Heboh Situs Wordpress Tidak Bisa Diakses Karena Diblokir Kominfo!
» Indikasi Transaksi Jud0l, Kominfo Batasi Transfer Pulsa Rp 1 Juta Perhari!
» Kominfo Blokir Mesin Pencarian DuckDuckGo Karena Bisa Akses Website Dewasa dan Jud0l!

"Yang paling sulit itu adalah membuat platformnya berjalan, bisa menampung ratusan juta user, bakar uang bertahun-tahun dan bisa survive tanpa penghasilan," jelasnya.

Alfons juga menyatakan bahwa membuat aplikasi yang bisa menggantikan aplikasi yang sudah ada tidaklah mudah. Namun, jika dikaitkan dengan konteks saat ini di mana pemerintah mengancam akan memblokir X/Twitter karena konten pornografi, Alfons menilai langkah pemerintah sudah tepat.

"Kalau X diblokir kemungkinan ya akan bergeser ke Threads atau X diakses melalui VPN atau sejenisnya. Memang pemerintah harus tegas dalam hal ini, saya setuju," lanjutnya.

Terkait dengan Aksara Digital yang disebut Alfons, ternyata perusahaan tersebut adalah penyedia domain. Di X, beberapa pihak yang mengaku terkait dengan PT Aksara Digital menegaskan bahwa mereka bukan pemilik Elaelo.

Untuk itu, bagi Anda yang sedang mencari media sosial baru, harap berhati-hati. Jangan mudah terkecoh dengan platform yang belum jelas seperti Elaelo ID. Tetap kritis dan cari informasi lebih mendalam sebelum menggunakan media sosial baru.



Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close