space
MEDIATEK LUNCURKAN CHIP FLAGSHIP DIMENSITY 9400! LEBIH KENCANG DAN HEMAT DAYA!
and
Kamis, 10 Oct 2024

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Perusahaan semikonduktor asal Taiwan, MediaTek, telah resmi meluncurkan System on Chip (SoC) flagship terbaru mereka, Dimensity 9400. Chip ini merupakan penerus dari Dimensity 9300 yang dirilis tahun lalu, dengan peningkatan signifikan di berbagai aspek, seperti performa CPU, kemampuan kecerdasan buatan (AI), dan fitur penunjang gaming.

Dimensity 9400 dilengkapi dengan CPU berkonfigurasi delapan inti (quad-core), terdiri dari satu Cortex-X925 dengan kecepatan lebih dari 3.62 GHz, tiga Cortex-X4, dan empat Cortex-A720. MediaTek mengklaim bahwa chip ini menawarkan peningkatan performa hingga 35 persen lebih cepat pada pengujian single-core dan 28 persen lebih cepat untuk multi-core dibandingkan dengan pendahulunya, Dimensity 9300.

Selain performa yang lebih cepat, Dimensity 9400 juga diklaim 40 persen lebih hemat daya karena menggunakan proses fabrikasi 3 nm generasi kedua dari TSMC, sementara Dimensity 9300 masih menggunakan teknologi fabrikasi 4 nm.

Untuk kebutuhan grafis, Dimensity 9400 dilengkapi dengan GPU Immortalis-G925 yang mampu meningkatkan kinerja grafis hingga 41 persen lebih cepat, serta mendukung raytracing dengan peningkatan kecepatan hingga 40 persen. Hasilnya, frame per second (fps) dalam beberapa game dapat meningkat secara signifikan tanpa mengorbankan efisiensi daya, dengan penghematan hingga 44 persen. Chip ini juga mendukung tampilan layar WQHD Plus dengan refresh rate mencapai 180 Hz, serta dilengkapi dengan teknologi HyperEngine yang memberikan pengalaman gaming dengan visual yang halus dan responsif.

Dimensity 9400 juga membawa inovasi di bidang AI dengan hadirnya NPU generasi ke-8 untuk mendukung berbagai tugas berbasis kecerdasan buatan. MediaTek juga bekerja sama dengan Google untuk mendukung Gemini Nano, meskipun belum diketahui fitur apa saja yang akan dihadirkan dari kolaborasi ini.

Baca ini juga :

» Peneliti Temukan 40 Varian Baru Malware TrickMo, Targetkan Pengguna Android
» Kominfo Hadirkan Sistem Peringatan Dini Gempa Lewat TV dan Ponsel
» Xiaomi Luncurkan Fitur Deteksi Kamera Tersembunyi di HyperOS 2.0
» Komunikasi Mulus dan Videografi Mutakhir dengan ASUS Zenfone 11 Ultra, Kini Mendukung Bahasa Indonesia!
» realme C61 Resmi Rilis di Indonesia, Bawa Setup Kamera Boba, Harga Cuma Sejutaan!
» Apple Uji Coba Prototipe iPhone Lipat, Tantangan Utama pada Lipatan Layar
» Vivo X200 Pro Pecahkan Rekor AnTuTu: Smartphone Pertama dengan Skor di Atas 3 Juta
» Belum Rilis, Harga Huawei Mate XT Udah Digoreng Sampe Tembus 216 Juta!

Selain itu, MediaTek memperkenalkan Dimensity Agentic AI Engine (DAE) pada chip ini, yang memudahkan para produsen ponsel untuk mengintegrasikan mesin AI mereka sendiri. Salah satu fitur unggulan dari Dimensity 9400 adalah kemampuannya untuk melakukan pelatihan AI LoRA secara langsung di perangkat (on-device), yang memungkinkan aplikasi AI untuk terus belajar dan meningkatkan performa tanpa harus mengirim data ke cloud. MediaTek mengklaim bahwa chip ini merupakan yang pertama di dunia dengan kemampuan LoRA training langsung di perangkat mobile.

Dari segi kamera, Dimensity 9400 mendukung perekaman video 4K 60 fps 10-bit dengan zoom HDR full-range, serta mendukung kamera dengan resolusi hingga 320 MP. Teknologi Smooth Zoom juga hadir untuk memungkinkan pengambilan gambar pada objek bergerak dengan mudah dan mulus. Dalam hal konektivitas, chip ini dilengkapi dengan modem 5G yang mendukung 3GPP Release-17 5G, serta konektivitas WiFi 7 dengan tiga frekuensi (2.4GHz, 5GHz, dan 6GHz), Bluetooth, dan dual-SIM. Teknologi MediaTek Xtra RangeTM 3.0 juga disematkan untuk memperluas jangkauan WiFi hingga 30 meter.

Chip Dimensity 9400 akan pertama kali hadir di ponsel Vivo X200 series, termasuk Vivo X200 "reguler", Vivo X200 Pro, dan X200 Pro Mini, yang dijadwalkan rilis pada 14 Oktober 2024 di China. Selanjutnya, chip ini juga akan digunakan pada flagship Oppo Find X8, yang akan diluncurkan di China pada 24 Oktober 2024.

Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close