space
PLAYSTATION 5 PRO YANG MENGGUNAKAN GRAFIS AMD 30 WGP BAKAL KELUAR NOVEMBER 2024? BENERAN?
PS5
Sabtu, 22 Jul 2023

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Dilansir dari Keytogaming, Sony sedang dalam tahap akhir pengembangan versi upgrade konsol PlayStation 5, yang umumnya dikenal sebagai PS5 Pro. Konsol baru ini secara internal disebut sebagai "Trinity," mengikuti tradisi Sony yang menggunakan nama kode dari franchise The Matrix untuk produk game mereka, seperti "Neo" untuk PlayStation 5 Pro dan "Morpheus" untuk PlayStation VR.

Menurut rumor terbaru, beberapa di antaranya dibagikan secara eksklusif kepada Keytogaming oleh Tom Henderson, seorang leaker PlayStation dan konten yang berhubungan dengan game, pengembangan konsol ini dimulai pada awal tahun 2022, dan Sony telah menyiapkan demo untuk studio-studio besar. Harapannya, perangkat pengembangan akan dikirimkan ke studio-studio ini pada November tahun ini, dengan kemungkinan rilis pada tahun berikutnya.

Mengenai detail perangkat keras, konsol baru ini dikabarkan akan menampilkan 30 WorkGroup Processors (WGP), yang mengacu pada kelompok besar core GPU sesuai terminologi AMD. Ini akan setara dengan 60 Compute Unit dibandingkan dengan PlayStation 5 yang memiliki 36. Selain itu, memori GPU dikatakan beroperasi pada 18 Gbps, sebuah peningkatan dari 14 Gbps pada PS5. Sayangnya, tidak ada informasi mengenai spesifikasi memori seperti kapasitas atau bus width.

Baca ini juga :

» Pemburu Cantik Yang Berdansa Dengan Pedangnya - Stellar Blade Review
» Bentar Lagi Rilis di PC! Ini dia Spesifikasi PC Buat Mainin Ghost of Tsushima: Director's Cut!
» Live Action One Punch Man Akan Dikerjakan Oleh Penulis Rick and Morty
» PS5 Pro is Real! Sony Minta Developer Siapin Game Mereka Termasuk Support Peningkatan Ray-Tracing!
» Sony Takedown Video Bocoran PS5 Pro dari Youtuber Moore's Law Is Dead! Apakah Bocorannya Beneran?
» Kreator Stellar Blade: Video Games Adalah Segalanya Untuk Saya
» Stellar Blade Resmi Selesai Dan Siap Di Distribusikan
» Kim Hyung Tae Berharap Orang-Orang Melihat Stellar Blade Sebagai Game Yang Menyenangkan


Sumber: videocardz

Spekulasi juga menunjukkan potensi dukungan untuk game 8K dan gameplay 4K berframe tinggi. Khususnya, AMD sedang mengerjakan teknologi FSR3 (FidelityFX Super Resolution 3), yang diharapkan dapat memberikan performa dua kali lipat dari FSR2. Kemajuan ini dapat membuka kemungkinan baru bagi para pengembang game, yang memungkinkan mereka untuk menambahkan lebih banyak fidelitas grafis dan menggabungkan teknologi seperti ray tracing. Selain itu, ada kemungkinan konsol baru ini akan menggunakan arsitektur AMD RDNA yang lebih baru, seperti RDNA3 atau RDNA3.5, yang akan semakin meningkatkan kemampuan prosesor.

Menurut leaker perangkat keras Kepler_L2 mengklaim bahwa prosesor untuk konsol PlayStation yang akan datang memiliki nama kode "Viola".

Tahun lalu, TCL, produsen elektronik rumah tangga dan TV, secara terbuka menyebutkan PlayStation 5 Pro, menyatakan bahwa versi Xbox dan PlayStation berikutnya akan mendukung konten 8K pada 60-120 FPS dan menawarkan performa yang setara dengan kartu grafis Radeon RX 7700 XT. Namun, baik AMD maupun TCL belum memberikan rincian tambahan, dan RX 7700XT hanya menjadi bahan spekulasi.

Perlu ditambahkan bahwa AMD sedang mengerjakan SoC generasi terbaru dan kelas atas yang dikenal dengan nama Strix Halo atau Sarlak. Prosesor ini dikatakan memiliki hingga 16 core Zen5 dan core GPU 20WGP/40CU berdasarkan arsitektur RDNA3.5.

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

BACA JUGA BERITA INI
close