space
AVATAR: FRONTIERS OF PANDORA
PS5
Rabu, 06 Dec 2023
Halo guys! Kita telah memainkan game terbaru keluaran Ubisoft, tapi bukan dari seri Assassin's Creed ya, melainkan game yang berdasarkan dari film Avatar, berjudulkan Avatar: Frontiers of Pandora. Game ini mengusung genre open-world action-adventure yang dikembangkan oleh Massive Entertainment, developer yang mengembangkan judul Tom Clancy's The Division. Game ini dirilis untuk PC dan konsol next-gen dengan menggunakan engine Snowdrop, game engine yang digunakan untuk membuat Tom Clancy's The Division.


Sebelum kita lanjut, kita mau mengucapkan terima kasih kepada Ubisoft telah memberikan kita kesempatan untuk memainkan game ini. Nah, penasaran dengan seberapa serunya Avatar: Frontier of Pandora? Yuk simak aja pembahasannya di bawah ini!

Baca ini juga :
» Prince of Persia The Lost Crown Review
» Ketinggalan Ikutin E3 2021? Ini Dia 7 Berita Paling Hype di E3 2021!
» Assassin's Creed Valhalla, Viking x Assassin yang Harmonis!
» Watch Dogs Legion, Pengalaman Sandbox Hacking yang Lebih Bebas dan Liar!
» Tips Jago Main Might & Magic: Era of Chaos, Libas Semua Musuh Tanpa Pandang Bulu
» Rekap E3 2019, Inilah Kumpulan Game Terbaik yang Wajib Kamu Nantikan
» Assassin's Creed Odyssey
» Siap Khilaf, Inilah 7 Rekomendasi Game PC Terbaik Minggu Ini

Sekilas Cerita


Buat kamu yang belum tahu, cerita dari Avatar: Frontiers of Pandora akan memiliki ceritanya sendiri yang berbeda dengan filmnya, namun tetap di universe Avatar dengan timeline yang sama. Di sini, kita akan memerankan seorang Na'vi muda yang terbangun di Pandora setelah beberapa tahun diculik, dibesarkan dan dilatih sebagai tentara oleh Resource Development Administration (RDA).


Kita harus memulai perjalanan melintasi Western Frontier, wilayah Pandora yang belum pernah dilihat sebelumnya, menemukan asal-usul mereka dan mengorganisir suku Na'vi setempat untuk melawan RDA saat mereka mencoba mengeksploitasi sumber daya alam di Western Frontier. Sebenarnya, cerita game ini memang beberapa ada hubungannya dengan filmnya, tetapi ceritanya beda kok, jadi aman!

Source: Avatar: The Way of Water

Simulasi Jadi Avatar si Biru, bukan yang Botak Berpanah, ya!


Sebelum perilisan game ini, mungkin beberapa gamer sudah melihat trailer dari game ini, dan memang dunia yang ditampilkan sangatlah bagus. Di sini, kita akan dibekali dengan senjata busur sebagai senjata awal. Tentunya, sebagai Na'vi, kita memiliki banyak hal yang tidak bisa dilakukan oleh manusia biasa, seperti lari lebih cepat, melompat lebih tinggi, menggunakan Na'vi senses, menaiki Ikran untuk terbang, hingga adanya skill-skill yang bisa membantu kita saat berpetualang.


Bisa dibilang hal-hal ini membuat pertarungan kita (Na'vi) melawan RDA terasa lebih mudah, apalagi dengan adanya berbagai skill yang bisa meningkatkan kemampuan kita, membuat kita lebih lincah dan menambahkan damage. tetapi perlu diingat bahwa setiap kali bertemu dengan RDA, bukan berarti kita harus melawan mereka, ya! Kita juga bisa pergi meninggalkan mereka, kecuali memang bagian dari quest. Kita juga bisa berenang, dan memanjat tebing loh! Tapi, kamu bisa terjatuh dari ketinggian dan semakin tinggi kamu jatuh, bisa menyebabkan karakter kamu tewas.


Nah, menariknya, di sini kita bukan cuma sekedar mencari musuh dan melawannya. Kita juga harus memperhatikan tingkat kelaparan, mencari tumbuhan atau resource (gathering) untuk crafting anak panah dan peralatan senjata lainnya, berburu atau mencari bahan makanan untuk memasak, bahkan kamu bisa menggunakan tumbuhan yang ada di lingkungan sebagai strategi kamu untuk melawan musuh, karena beberapa tumbuhan bisa membantu kamu loh, seperti menambah kecepatan, untuk memanjat, hingga banyak lainnya.



Nah, di sini ada banyak macam tumbuhan yang bisa kamu dapatkan. Menariknya, waktu, cuaca, dan beberapa hal lainnya dapat mempengaruhi kualitas tumbuhan saat kamu melakukan gathering loh! Dari gathering berkualitas ini juga, kita bisa membuat senjata, armor, atau hal lainnya yang membutuhkan kualitas tertentu.


Sebagai catatan, karena fasilitas dari RDA ini merusak indahnya Pandora, sehingga membuat polusi dan bikin lingkungan jadi tidak sehat, kita tidak bisa gathering tumbuhan, berinteraksi dengan tumbuhan, hingga berburu. Cara untuk menyembuhkan lingkungan yang terkena polusi adalah dengan melawan RDA dan menonaktifkan fasilitas yang merusak lingkungan. Ketika kamu menyelesaikan ini, lingkungan yang terkena polusi akan membaik dan kamu bisa melakukan gathering di tempat ini.


Bisa kita bilang, gameplay dari Avatar: Frontiers of Pandora ini cukup detail, kamu perlu memperhatikan banyak hal, sekaligus mencari berbagai hal. Sebenarnya, ini mungkin agak sedikit sulit buat kamu yang belum ada pengalaman bermain game seperti seri Far Cry atau game eksplorasi open-world lainnya, tapi jika kamu memang gemar memainkan gameplay yang detail, game ini bakal pas banget.


BACA JUGA BERITA INI
close